Kamis, 10 September 2015

Pengertian Power Supply dan Cara Kerjanya

Pengertian Power Supply - Power Supply merupakan perangkat keras yang berfungsi buat menyuplai tegangan segera kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), lantaran hardware komputer hanya akan beroperasi dgn arus DC. Power supply berupa kotak yang biasanya diletakan dibagian belakang di atas casing.

Baca juga: pengertian perangkat keras

pengertian power supply

Cara Kerja Power Supply
Diwaktu kita menekan tombol power pada casing, yang dapat berjalan yaitu Power supply bakal lakukan teliti dan tes sebelum membiarkan sistem start. Bila pengetesan telah sukses, power supply mengirim sinyal khusus kepada motherboard yang disebut dgn power good.



Fungsi Power Supply pada Komputer
Fungsi Power Supply pada komputer adalah yg yakni perangkat keras yang memberikan atau menyuplai arus listrik yang sebelumnya diubah dari bentuk arus listrik yang berlawanan atau AC, menjadi arus listrik yang searah atau biasa disebut sebagai arus DC. Power supply menyuplai arus listrik DC yang dibutuhkan oleh piranti keras di dalam pc beberapa contoh hardware yang membutuhkan arus listrik DC ialah harddisk, fan, motherboard dan lain-lain.

Power supply juga memiliki kenektor kabel yang masing-masing konektor kabel tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda yang sangat dibutuhkan oleh komputer masa kini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa power supply yakni piranti keras yang amat utama dalam mengoperasikan satu buah computer.


Fungsi Power Supply berdasarkan kategori konektor
Power supply memiliki tak sedikit konektor. dan masing-masing dari konektor memiliki fungsi yang tak sama. Meski sebagian kabel memiliki tegangan listrik yang sama, tetapi setiap konektor sudah dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Buat pengenalan, disini ada beberapa kategori konektor dan fungsinya kepada pc ialah : ATX power connector (20pin + 4pin) :

ATX power connector (20pin + 4pin)
ATX power connector (20pin + 4pin)


ATX 20/24 pin konektor digunakan untuk menghubungkan power supply unit (PSU) ke motherboard. Versi lama dari ATX motherboard tetap menggunakan ATX 20 pin konektor, jika kita memakai motherboard yang terupdate sudah membutuhkan ATX 24 pin konektor. Konetktor ini terdiri dari 2 sektor. Bagian pertama berjumlah 20 pin dan bagian kedua 4 pin. Apabila kita menggunakan motherboard yang baru maka gabungkan antara 20 + 4 pin konektornya.
AT power connector (12 pin)

Konektor ini dipakai untuk motherboard kelas Pentium II kebawah. Konektor yang memiliki 12 kabel ini dikelompokkan terpisah menjadi 2 bidang. Bagian pertama disebut Konektor P8 dan bagian kedua disebut P9. Masing-masing konektor memiliki 6 kabel. Utk menghindari kesalahan dalam pemasangan, kita hanya cukup mempertemukan konektor yang memiliki kabel hitam di tengah-tengah.


4pin-power-Molex
Molex connector

Konektor ini diperlukan sumber tenaga bagi harddisk dan cd drive. Kadang sebagian produsen juga menciptakan fan / kipas pendingin, lampu-lampu dan asesoris lainnya memakai konektor ini. Konektor ini memiliki 4 kabel yang tak sama warna, adalah Merah, Hitam dan Kuning. Setiap warna memiliki sumber tegangan yang berbeda-beda.

Berg Conector

Ialah konektor ukuran mini dari Molek. Konektor ini khusus diperlukan untuk Floppy Drive atau pula external audio card. Warna yang difgunakan sama dengan molek konektor, yaitu Warna Kuning (+12V), Merah (+5V) dan Hitam (0V atau Ground). Dikarenakan penggunaan konektor ini jarang sekali, sehingga dari itu pada setiap PSU hanya berjumlah 1 atau 2 paling tak sedikit.
ATX 12V (Intel) 4 pin connector

Konektor ini kebanyakan dipakai oleh para pengguna yang memakai Processor buatan Intel. Fungsi dari konektor ini merupakan sbg penyedia tenaga tambahan segede 12 V buat Pentium 4 CPU. Jadi kepada Pentium 4 kebawah, konektor ini tidak perlu digunakan. Sekarang sebagian AMD motherboard sudah memakai konektor ATX 12V ini.

 pin PCI-E connector

Konektor yang satu ini memang jarang ditemukan utk seluruh komputer. Umumnya orang yang menggunakan PSU ini yaitu orang yang bekerja di Multimedia khususnya Video. Karena konektor ini hanya dimakai sbg penambah daya utk video card yang memakai slot PCI Express. Bila kita menggunakan Video Card type ini, tentu saja kita harus memiliki PSU yang memberi dukungan untuk konektor ini. SATA Power connector :

SATA
SATA Power connector


Konektor ini adalah type terbaru yang biasa digunakan utk power pada Hard Disk SATA (serial ATA). Konektor ini disambungkan melalui Molek konektor (extended).
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Power Supply dan Cara Kerjanya

0 komentar:

Posting Komentar