Jumat, 11 September 2015

Perangkat Keras Komputer Lengkap Gambar dan Fungsinya

Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya - Perangkat keras merupakan sebuah perangkat yang dapat dilihat oleh mata dan diraba oleh tangan, perangkat keras terbagi menjadi dua kategori, yaitu perangkat input device dan perangkat output device, dan pada kesempatan ini saya akan memaparkan perangkat keras komputer dan fungsinya.

Baca juga Fungsi perangkat keras komputer

Perangkat Input Device 

1. Keyboard
Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A-Z, a-z, angka 0-9, tombol dan karakter khusus seperti: !#$%*@70+=1).?: ; ,i|/, tombol fungsi (F1-F1 2) serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnyh adalah 104 tuts. Bentuk keyboard umumnya persegi, namun telah dikembangkan menjadi sangat variatif.

Pada dasarnya fungsi keyboard hampir sama dengan mesin tik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Jika anda menggunakan mesin tik, anda tidak bisa menghapus atau membatalkan apa yang sudah diketikan  dan setiap satu huruf atau simbol yang diketikkan akan terlihat hasilnya langsung pada sebuah kertas.

Tidak demikian dengan keyboard. Apapun yang diketikkan, hasil atau keluarannya akan terlihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian anda dapat memodifikasi atau melakukan suatu perubahan dalam bentuk tulisan, kesalahan pengetikan, dan lainnya. Keyboard dihubungkan ke komputer dengan kabel yang terdapat pada sebuah keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.

perangkat keras komputer keyboard

2. Mouse
mouse merupakan perangkat keras komputer yang dapat digerakkan ke mana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika anda membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat pengendali gerak, yaitu yang searah horizontal imendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).

Jika keduanya digerakkan akan menjadi gerak diagonal. Berdasarkan gerakan;fi.toUSe ini, maka gerakan tanda panah atau penunjuk akan dapat terlihat di layar monitor. Akan tetapi sekarang ini banyak yang menggunakan mouse optic, yaitu boia kecil tersebut diganti menjadioptik sinar warna merah yang dapat melacak arah pergerakan mouse.
perangkat keras komputer input


Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol kiri dan kanan. penekanan tombol atau yang disebut click berpengaruh atau bergantung pada daerah atau objek yang anda tunjuk. Komputer akan mengabaikan penekanan tombol atau click yang tidak mengenai area atau objek yang tidak penting.

Selain itu penggunaan mouse yang lain disebut drag yang artinya menggeser atau menarik. Dan biasanya dilakukan dengan cara menekan tombol kiri tanpa melepaskan sambil menggesernya. Akibatnya objek pada layar monitor akan berpindah dan tersalin ke objek yang lain.

Kemungkinan lain dapat terjadi bergantung aplikasi lain yang dijalankan. pada bagian tengah ada suatu scrol tambahan, kebanyakan mouse masa kini telah memilikinya. Fungsinya untuk mengguIung tampilan yang anda baca,
.
Mouse terhubung pada komputer dengan sebuah kabel yang ada di fitouse: Ujung kabel tersebut dimasukkan dalam port yang terdapat di CPU komputer Biasanya poft mouse dan keyboard terdapat bersebelahan satu sama lainnya.

3. Scanner
Scanner merupakan suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. namun mesin fotokopi hasilnya dapat dilihat langsung pada kertas. Adapun pada scanner hasilnya dltampilkan pada layar monitor komputer terlebih dahulu. Kemudian baru diedit atau dimodifikasi sehingga tampilannya menjadi bagus. Setelah itu dapat disimpan sebagai file text, file dokumen, atau gambar.

Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit (binary digit/angka biner), B-bit (256 warna), dan 24-bit (tebih dari 16 juta warna). Jika anda membutuhkan hasil yang baik, maka dianjurkan untuk  menggunakan perangkat scanner dengan bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan bagus.

perangkat keras komputer beserta gambarnya

4. Digital camera dan webcam
Web cam saat ini merupakan perangkat keras komputer yang paling marak digunakan pada saat ini. kegunaan alat ini adalah untuk memasukkan data berupa gambar apa saja dengan ukuran relatif cukup besar ke komputer terasa lebih mudah. Berbagai jenis file gambar dapat ditransfer, mulai dari gambar statis atau foto maupun yang dinamis atau bergerak seperti video.

5. Web camera
Fungsi webcam sama dengan digital camera, namun bedanya webcam juga dapat digunakan untuk berbicara langsung secara online melalui koneksi internet sehingga lawan bicara dapat melihat wajah anda melalui layar monitornya.

perangkat keras komputer output

6. Mic
Kamera digunakan untuk memasukkan input gambar atau suara, maka mic digunakan hanya untuk memasukkan input suara saja. Penggunaan mic tentu saja memerlukan perangkal keras tambahan untuk menerima input suara.

Perangkat keras tersebut adalah kartu suara atau yang sering kita kenal dengan sound card ,yaitu bagian yang mengatur pengolahan suara agar dapat menerima masukan suara dan meneruskan ke output yaitu speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.

Sekarang ini biasanya headset sudah mencakup untuk mendengarkan suara sekaligus untuk mic untuk menerima input suara.

perangkat keras komputer dan gambarnya

7. Barcode Reader
Barcode reader merupakan perangkat keras komputer yang bekerja seperti scanner, yakni memindai barcode sehingga barcode tersebut dapat dibaca oleh sebuah komputer. Untuk membaca barcode semacam itu, anda  memerlukan barcode reader seperti yang terlihat pada gambar.

perangkat keras komputer dan fungsinya beserta gambar


8. Joystick
Joystick digunakan untuk memasukkan perintah pada saat anda menjalankan game komputer. Bentuk joystick menyerupai sebuah tongkat yang dapat anda gerakkan ke berbagai arah, dan dilengkapi dengan tombol-tombol di bagian atas.

perangkat keras input dan output pada komputer


9. Trackball
Trackball memiliki fungsi sama dengan joystick, yaitu untuk memasukkan perintah pada saat anda memainkan game komputer. Dalam alat ini terdapat bola berukuran cukup besar, sehingga mudah digerakkan saat bermain game.

perangkat keras pada komputer dan contohnya



10. Touch screen
Touch screen atau layar sentuh adalah perangkat keras masukan yang memungkinkan anda memasukkan data maupun instruksi ke komputer melalui sentuhan.
Kamu dapat menjumpai touch screen pada tempat- tempat umum yang menyediakan informasi untuk umum atau di mesin ATM.

Perangkat Keras Komputer Output Device

Output yang dihasilkan dibedakan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin machine-readable form).

Baca Lengkap: Pengertian Output Device dan Contohnya

Tiga golongan pertama adalah perangkat masukan (output) yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input (masukan) untuk proses selanjutnya dari komputer. Perangkat keras keluaran (output device) di antaranya adalah:
a. Hard-copy device
Alat ini yang digunakan untuk mencetak tulisan dan gambar pada media keras seperti kertas. Contoh printer dan plotter.
b. Soft-copy device
Alat ini digunakan untuk menampilkan tulisan dan gambar pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Contoh video display, flat panel, dan speaker.
c. Drive device atau driver
Alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media, seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini mempunyai berfungsi ganda, yaitu sebagai alat output dan juga sebagai alat input. 

1. Printer dan plotter
Printer dan plotter termasuk jenis hard copy device, karena keluaran hasil proses dicetak di atas kertas. Printer memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak. Ukuran kertas yang dapat digunakan pun beragam. Akan tetapi
untuk mencetak di atas kertas ukuran besar, disarankan menggunakan plotter.

perangkat keras pada komputer beserta fungsi

Jenis-jenis printer antara lain:
a. Dot matrix printer
Printer dot matrix adalah jenis printer yang menggunakan pita dan alat tulisnya berupa jarum, mirip dengan mesin ketik. Meski printer ini sudah jarang digunakan, namun kalangan bisnis dan perkantoran masih banyak yang menggunakan karena hemat tinta dan dapat menghasilkan cetakan rangkap (misalnya untuk faktur dan kuitansi).

b. Inkjet Printer
Printer inkjet adalah printer yang menggunakan tinta cair yang disemprotkan ke atas kertas sesuai pola yang ditentukan oleh komputer.

c. Laser printer
Printer laser adalah jenis printer yang menggunakan tinta serbuk, serupa dengan mesin fotokopi. Tinta serbuk tersebut disemprotkan ke atas kertas dan dipanaskan hingga suhu tertentu agar melekat. Di antara ketiga jenis printer tersebut, printer laser memiliki kualitas cetakan yang paling baik. baca juga Masalah-Masalah Pada Printer

2. Monitor
Salah satu jenis soft copy device, karena keluarannya berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Ukuran monitor beragam layaknya monitor televisi. Jenis- ienis monitor sekarang ini sudah sangat beragam,
mulai dari bentuk besar layar cembung sampai dengan bentuk tipis tayar datar (ftat).

3. Peralatan Komunikasi
Peralatan komunikasi adalah alat yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah jaringan. peralatan ini dapat berupa hardware ataupun software.
Peralatan komunikasi itu antara lain:
1. Network Card (LAN Card)
2. Modem
3. Multiplexer
4. ISDNTerminalAdapter
5. Line Driver
6. Gateway
7. Router
8. Bridge
L Switch
10. Hub
11 . Repeater
12. Proxy
13. Firewall
14. Network Address Translator

Di sini kita tidak akan membahas lebih datam tentang peralatan komunikasi, cukup membahas dua hardware yang paling umum terdapat di sebuah komputeryaitu Network Card (LAN Card) dan modem. untuk mengetahui lebih jelas dari ke 14 perangkat keras tersebut anda bisa mengunjungi nya di http://www.pintarkomputer.org/2015/08/perangkat-keras-komputer-gambar-dan-fungsinya.html

4. Network Card (LAN Card)
Network Card atau yang biasa disebut sebagai LAN Card adalah sebuah perkakas hardware yang dirancang untuk mengizinkan komputer berkomunikasi dengan sebuah jaringan komputer. Ada beberapa motherboard PC yang sudah memiliki Network Card di dalamnya, tetapi ada juga yang tidak punya, sehingga kita harus memasangkannya di pCl atau PCI Express di motherboard tersebut.

5. Modem
Modem merupakan singkatan dari Modulate dan Demodulate adalah alat yang memodulasi sinyal analog menjadi digital dan juga sebaliknya. Tujuan utamanya adalah untuk memproduksi sinyal yang dapat ditransmisikan dengan mudah dan informasiyang dikirim dapat dibaca dengan baik. Modem ini digunakan jika pengguna komputer hendak berhubungan dengan jaringan www (worl dwide web) dengan menggunakan bantuan saluran telepon.

Modem digunakan untuk menerjemahkan sinyal digital yang dikirimkan dari komputer menjadi sinyal analog agar dapat diolah di jaringan telepon  dan sebaliknya.mungkin itu beberapa macam perangkat keras komputer beserta fungsinya, semoga bermanfaat. terimakasih sudah menyimak.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perangkat Keras Komputer Lengkap Gambar dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar