Rabu, 14 Oktober 2015

Macam-Macam Jaringan Komputer dan Pengertiannya

Macam-Macam Jaringan Komputer dan Pengertiannya - Jaringan komputer merupakan satu buah sistem gabungan yg terdiri atas komputer & perangkat jaringan yang lain, yang mana sistem gabungan ini sama-sama bekerja untuk mencapai satubuah tujuan atau makasud yang sama: 

Tujuan dari jaringan komputer adalah sebagai berikut:
1. Membagi sumber daya: misalnya sharing pemakaian printer, CPU, memori, harddisk, dll. baca juga cara sharing printer
2. Komunikasi dalam jaringan: misalnya surat elektronik atau email, instant messaging, chatting, google talks, dll.
3. Akses berita dan informasi: misalnya web browsing

Supaya bisa mencapai maksud dan tujuanyg sama, maka setiap bagian dari jaringan komputer meminta & memberikan layanan (service). adapun pihak yg meminta pelayanan dinamakan dengan klien (client) dan komputer yg memberikan pelayanan dinamakan pelayan atau peladen (server).

Arsitektur ini dinamakan dgn system client-server, & dipakai pada hampir semua aplikasi jaringan komputer.

Macam-macam Jaringan Komputer berdasarkan Area.
Jika dilihat dari skala atau luasnya, maka jaringan komputer dapat terbagi menjadi 3: 
silahkan bandingkan dari jenis jaringan komputer dibawah ini.
1. Local Area Network (LAN)
2. Metropolitant Area Network (MAN)
3. Wide Area Network (WAN)

macam-macam jaringan komputer beserta gambarnya  macam-macam jaringan komputer berdasarkan area 

Untuk mengetahui perbedaan dari ketiga jenis jaringan komputer di atas silahkan anda baca pengertian jaringan man wan lan.


Fungsi Jaringan Komputer
Jaringan komputer berdasarkan fungsi: Pada dasarnya tiap-tiap jaringan komputer ada yg berfungsi juga sebagai client sekaligus sebagai server. Tapi ada jaringan yg mempunyai komputer yang hanya didedikasikan  sebagai server saja sedangkan yang lainnya dijadikan sebagai client. 

Berarti dapat di simpulkan bahwa jaringan komputer dilihat dari fungsinya terbagi menjadi dua:
1. Client-server
Pengertian Client-server ialah jaringan komputer dgn komputer yg didedikasikan kusus sbg server saja. Suatu service/layanan dapat diberikan oleh satu buah komputer atau lebih. Seperti detik.com, detik.com adalah situs resmi indonesia yang dilayani oleh banyak komputer web server. 

Atau dapat juga banyak service/layanan yg diberikan oleh satu komputer. Misalnya adalah server jtk.polban.ac.id yg merupakan satu komputer dgn multi service adalah mail server, web server, file server, database server & yang lain.

2. Peer-to-peer
Pengertian Peer-to-peer merupakan jaringan komputer di mana tiap-tiap host akan jadi server sekaligu jadi client juga. Misalnya dalam file share antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama komputer A,B,C,D & E) yg berikan hak akses kepada file yg dimilikinya. 

Pada satu saat komputer A terhubung file sharing dari B bernama data_nilai.xls dan memberikan akses file soal_uas.doc pada komputer C. Pada saat komputer A membuka file dari komputer B, maka komputer A berfungsi sbg client. Dan pada saat komputer A berikan akses file terhadap komputer C maka komputer A berfungsi sebagai server. Ke-2 fungsi itu dilakukan oleh komputer A dengan cara bersamaan sehingga jaringan seperti ini disebut peer to peer. 

Saya harap anda mengerti dengan apa yang saya jelaskan :D

Topologi Jaringan Komputer
Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi: Berdasarkan (topologi jaringan komputer), jaringan komputer bisa dibedakan atas 6 jenis topologi jaringan :

a. Topologi bus
b. Topologi bintang
c. Topologi cincin
d. Topologi Mesh
e. Topologi Pohon
f. Topologi Linier

Untuk mengetahui pengertian dari ketiga topologi diatas silahkan anda baca pengertian topologi jaringan komputer , oke mungkin untuk postingan ini saya kira cukup, semoga bermanfaat, sampai bertemu lagi. bye
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Macam-Macam Jaringan Komputer dan Pengertiannya

1 komentar:

  1. artikelnya bagus gan, kunjungi juga website saya di Pengertian Jaringan Komputer dan macam-macam Jaringan Komputer arga yudha

    atau link.nya di http://www.argayudhaadhiprama.com/2016/04/13/pengertian-jaringan-komputer-dan-macam-macam-jaringan-komputer/

    trimakasih dari arga yudha adhiprama

    BalasHapus