Minggu, 04 Oktober 2015

Pengertian Sistem Komputer dan Cara Kerjanya

Pengertian Sistem Komputer - Pengolahan data yg memanfaatkan komputer yang merupakan medianya dikenal dgn istilah Electronic Data Processing (EDP). Pengolahan data yaitu sebuah proses di mana satu buah data diproses atau diubah ke dalam bentuk yg lebih bermanfaat & lebih berarti, yang berupa satu buah informasi.

Agar PC bisa dimanfaatkan utk mengolah suatu data jadi suatu informasi, maka wajib memakai satu buah sistem yg dinamakan sistem komputer. Sistem yg dimaksud disini terdiri atas elemen-elemen yg saling membuka sehingga mencetak satu kesatuan yg akan dimanfaatkan utk melaksanakan maksud pokok dari sistem tersebut. pengertian sistem operasi

cara kerja sistem komputer, pengertian sistem komputer

Dalam artikel ini saya akan sedikit menjelaskan cara kerja dari sistem komputer tersebut. Mulai dari dari data dimasukan, diproses, hingga data tersebut dicetak, ditampilkan, & dikeluarkan kembali.


1. Pemasukan (Input)
Step pemasukan (input) yakni step awal dari proses pengolahan yg berlangsung pada sistem komputer. Step ini berupa pemasukan data mentah ke dalam sistem komputer lewat input device. Sample dari peralatan masukan (input device) diantaranya, keyboard, mouse, scanner, dll. Alat-alat inilah yg difungsikan utk memasukan data yg hendak diolah. Seperti perihal nya keyboard, dimanfaatkan buat memasukan huruf, angka, ataupun simbol-simbol yang lain ke dalam pc yg setelah itu dapat diproses.


2. Pemrosesan (Process)
Dalam step ini, data yg sudah dimasukan lewat peralatan input tadi bakal diproses. Step proses ini dilakukan oleh processing device yakni CPU. Yg mana CPU ini bisa lakukan fungsi perhitungan & logika buat perbandingan (ALU) & serta mengontrol (CU). Kepada step ini, data yg masihlah mentah tadi diproses sedemikian rupa maka data tersebut siap dicetak jadi kabar yg lebih berguna.

3. Pengeluaran (Output)
Pada tahap ini, data yg tadinya sudah dimasukan lewat peralatan input, setelah itu diproses oleh CPU dapat mampu dicetak seandainya telah siap. Pencetakan ini sanggup berupa hardcopy & pun softcopy. Hard copy berarti memakai fasilitas fisik seperti kertas maupun yg yang lain. Softcopy berarti menampilkan gambar visual lewat layar maupun projektor. Yg termasuk juga dalam peralatan output disini ialah, layar, projector, printer, dll.

4. Penyimpanan (Storage)
Tahap ini yakni proses perekaman hasil pengolahan ke sarana penyimpan (storage device) & mampu dipergunakan kembali sbg input buat proses setelah itu. Menjadi, data mentah yg sudah diproses tadi bisa disimpan terhadap alat daya simpan (Storage device) supaya nantinya mampu dipakai kembali sewaktu-waktu jika mau membentuk data tersebut.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Sistem Komputer dan Cara Kerjanya

0 komentar:

Posting Komentar