Minggu, 04 Oktober 2015

Materi Pengertian Komunikasi Data dan Contohnya

Materi Pengertian Komunikasi Data dan Contohnya - Komunikasi data merupakan proses pengiriman & penerimaan data dua pc yg mengakses dalam satu buah jaringan baik jaringan lokal ( LAN) ataupun jaringan ataupun internet yg lebih luas, seperti MAN. baca juga cara sharing printer dengan jaringan LAN

Internet adalah suatu jaringan komputer yg amat sangat besar, pengiriman data antar dua computer lewat jaringan internet, data yg dikirim tak serentak hingga di pc itu melainkan harus terlebih dahulu melewati satu pc ke pc yg dari satu jaringan ke jaringan lainnya hingga hasilnya mencari komputer yg dituju. baca juga manfaat internet

Sbg contoh, ketika anda memasukan user ID & kata sandi dari account email di Yahoo Mail,data user & kata sandi yg dikirim tidak di kirim hingga di server nya, melainkan harus lewat jaringan pc dimana sebuah komputer yang digunakan berada, setelah itu dikirim ke computer ISP (Internet Senvice Provider), dan  harus melewati jaringan komputer-jaringan komputer yg lain yg ada di internet hingga hasilnya tiba di server yahoo.

pengertian komunikasi data
Disaat satu buah pc mengirimkan data, sama halnya seperti anda mengirimkan surat atau paket, anda juga tidak akan supaya data yg dikirimkan hingga ke alamat & pc yg salah. Apabila dianalogikan dengan pengiriman surat atau paket penerapan dianalogikan dengan orang & komputer dianalogikan dengan alamat.

Sama halnya dalam satu buah rumah tinggal orang-orang, begitu pula dalam satu buah computer terdapat sekian banyak aplikasi. Anda pasti tak mau data yg dikirimkan hingga di komputer & aplikasi yg salah.

Selain masalah alamat dan orang yg dituju, waktu mengirimkan surat atau paket, anda pasti tidak ingin surat atau paket yg dikirimkan rusak ditengah jalan. Contohnya, anda mengirimkan paket yg berisi boneka utk hadiah ulang thun adik atau keluarga lainnya, pasti saja anda tak ingin paket tersebut sampai di lokasi maksud tapi telinga atau kepala bonekanya telah hilang.

Utk mencegah hal itu, sebelum mengirimkan surat atau paket anda membungkus nya lebih-lebih dulu maka surat atau paket tersebut dalam perjalanan & bebas dari kerusakan.

Begitu pun halnya dgn pengiriman data. Data yg dikirim lewat jaringan & internet dikirim dalam bentuk paket-paket data. paket data yg dikirim tak boleh rusak ditengah jalan. Oleh itu, sebelum dikirim lewat jaringan sehingga paket data- paket data tersebut "dibungkus" lebih-lebih dulu.


Komunikasi data antara dua komputer dilakukan dgn memanfaatkan protokol-protokol. Protokol yakni aturan-aturan yg menciptakan dua buah komputer saling mengerti satu sama lain. Protokol mampu pula dinamakan bahasa komunikasi pc.

Sama halnya seorang bakal berkomunikasi dengan orang lain apabila memanfaatkan bahasa yg sama, pc serta bisa berkomunikasi satu sama lain apabila kedua computer memakai protokol yg sama. Protokol-protokol tersebut bekerja bersama-sama utk menangani proses pengiriman data.

Bentuk protokol tersebut dapat berupa perangkat lunak ataupun perangkat keras komputer. Salah satu protokol komunikasi data yg tidak sedikit diperlukan buat menangani komunikasi data dalam tempat yg luar yakni TCPI IP atau transfer Control Protocol/ lnternet Protocol.


TCP/IP ialah suatu kumpulan protokol-protokol yg bekerja dgn utk menangani proses pengiriman data. Tiap-tiap protokol memiliki fungsi masing-masing & dengan cara total akan menentukan data yg dikirimkan hingga ke alamat & penerapan yg benar dan dalam kondisi baik.

TCP/IP memiliki kelebihan supaya bisa mengkomunikasikan dua buah pc yg beda jenis dan system operasi yg dipakai. TCP/IP mengizinkan komunikasi antara komputer-komputer dengan Macintosh atau antara system operasi Windows dgn Unix atau Linux.

TCP/IP terdiri dari empat lapis kumpulan protokol atau biasa dinamakan layer, & tiap-tiap protokol dalam tiap-tiap lapis memiliki fungsi masing-masing. Keempat lapis kumpulan protokol yg ada di TCP/IP & fungsi masing-masing protokol juga sebagai berikut.

1. Application layer
Lapisan ini berfungsi yang merupakan interface (antarmuka) antara konsumen dengan data. Pada lapisan ini terdapat seluruh aplikasi-aplikasi yg memanfaatkan protokol TCP/IP.


2. Transport layer
Transport layer berfungsi buat mengadakan komunikasi antara dua host/komputer. Protokol yg ada kepada lapisan ini ialah TCP (Transmission Control Protocol) & UDP (User Datagram Protocol).


3. Internet layer
Internet layer terdiri dari protokol IR ARP, & ICMP. Protokol IP berfungsi utk mengatakan paket data ke alamat yg cocok. Protokol ARP berfungsi utk menemukan alamat hardware dari computer yg terletak kepada jaringan yg sama. Adapun protokol ICMP dimanfaatkan utk mengirimkan pesan & melaporkan kegagalan pengiriman data maka data yg tidak berhasil dikirim dapat dikirimkan kembali.


4. Network interface layer
Lapisan ini berfungsi mengirimkan & menerima data dari sarana fisik jaringan. Sarana fisik yg dimaksud bisa berupa kabel jaringan serat optik, atau gelombang radio (apabila jaringan adalah jaringan nirkabel).

Pada saat mengirimkan data, tiap-tiap protokol akan melanjutkan informasi pada tiap-tiap paket data sebelum melanjutkan paket data tersebut ke layer di bawahnya. Informasi yg ditambahkan dinamakan header yang berfungsi untuk mengontrol pengiriman & penerimaan data berlangsung dgn baik. Header dapat ditempatkan di bagian depan tiap-tiap paket data. Proses tambahan header dinamakan enkapsulasi (encapsulation).
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Materi Pengertian Komunikasi Data dan Contohnya

0 komentar:

Posting Komentar