Rabu, 28 Oktober 2015

Pengertian RAM dan Fungsinya

Pengertian RAM dan Fungsinya - Random access memory atau yang lebih familiar dengan sapaan RAM merupakan tempat didalam komputer di mana sistem operasi dan program aplikasi data yang sedang digunakan disimpan sehingga dapat di capai dengan sangat cepat oleh processor. Selain itu RAM juga merupakan salah satu dari macam-macam perangkat keras komputer yang difungsikan untuk menyimpan file sementara, data yang sedang digunakan disimpan sehingga dapat dicapai dengan sangat cepat oleh sebuah prosesor.

 pengertian RAM dan fungsinya

Cache dibaca Cash, yaitu tempat untuk menyimpan segala sesuatu sementara. Sebagai contoh , file dengan cara otomatis diminta melihat halaman web yang disimpan dalam hard disk tepatnya dalam subdirektori cache dibawah direktori untuk browser. COASt yakni singkatan untuk Cache on a stick. kegunaan COASt adalah menyediakan memori cache dalam banyak system berbasis Pentium.


Fungsi RAM Komputer
Fungsi ram RAM dianggap juga sebagai lokasi memori volatile atau sementara. Isi dalam RAM akan hilang ketika komputer dimatikan. Sementara itu Chip RAM dalam motherboard komputer menjaga data dan program yang sedang diproses oleh mikroprosesor. 

RAM merupakan memori yang menyimpan data yang sering difungsikan untuk memepercepat pengambilannya oleh prosesor. baca juga pengertian processor. Semakin besar RAM yang dimiliki suatu computer, semakin banyak juga kapasitas yang dimiliki pc untuk menyimpan data dan memproses file dan program yang berukuran besar. baca juga pengertian processor dan fungsinya

Jumlah dan jenis memori dalam system bisa menjadikan perbedaan yang besar dalam performa sistem komputer. Sekian Banyak program memiliki ketetapan memori yang lebih daripada program yg lain. Kebanyakan pc yang menjalankan di sistem operasi Windows 95, 98 atau ME telah memiliki 64 MB terinstal. amat Sangat umum jika menemukan system dengan 128 MB atau 256 MB.

Terdapat dua kelas RAM yang umum digunakan sampai saat ini, merupakan Static RAM (SRAM) dan Dynamic RAM (DRAM). dilihat dari harga SRAM relatif lebih mahal, tapi lebih cepat dan akan menyimpan data saat komputer dimatikan selama beberapa periode tertentu. Tentunya hal ini akan sangat berguna ketika dalam kondisi seperti kehilangan power/daya yang tidak di inginkan terjadi.

Sedangkan SRAM dipakai untuk memori cache. Memang harga DRAM tidak begitu mahal. DRAM membutuhkan power supply yang tak terganggu supaya menjaga dari kehilangan data. Baca juga Pengertian Power Supply DRAM menyimpan data dalam kapasitor kecil yang mesti di refresh untuk menjaga data supaya tak hilang.

RAM bisa diinstal di dalam motherboard, sebagai fitur permanen maupun dalam wujud chip kecil. Chip dikenal dgn nama Single Inline Memory Modules (SIMMs) atau Dual Inline Memory Modules (DIMMs). 

SIMMs dan DIMMs adalah kartu yang dapat dipindahkan/dilepas dan dapat digantikan dgn menambah memori yang lebih besar ataupun lebih kecil. Meskipun mempunyai lebih banyak memori terinstal dalam pc yaitu faktor yang baik, kebanyakan sistem board memiliki batasan pada jumlah dan type RAM yang bakal ditambahkan. 

Banyak sekali sistem bisa saja membutuhkan hanya SIMM. Sistem lain barangkali saja membutuhkan SIMM diinstal dalam set yang cukup 2 atau 4 modul dalam waktu yg sama. Juga Sebagai penambahan, berbagai sistem hanya menggunakan RAM parity sementara lainnya menggunakan RAM non-parity. 

Parity memiliki kebolehan built-in sensor kesalahan ke dalam chip RAM buat tentukan keutuhan data. Non parity, tidak memiliki kekuatan sensor kesalahan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian RAM dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar