Jumat, 06 November 2015

Pengertian Processor dan Jenisnya

Pengertian Processor Gambarnya dan Jenisnya - sesudah kita membahas pengertian hardware & fungsi Hardware, saat ini saya bakal membahas salah satu otak dari PC, adalah processor. Processor atau Microprocessor merupakan salah satu dari perangkat keras komputer

Processor sering sekali di sebut CPU (Central Processor Unit), satuan proses mutlak dalam memerintahkan program yg dapat dijalankan oleh satu buah Komputer, processor pula merupakan sebuah pusat pengendali dalam suatu Komputer & didukung juga oleh komponen komponen yang lain. Dgn kata lain, tanpa processor suatu komputer tak akan bisa berjalan & processor juga yg menentukan kecepatan dari suatu Komputer.

pengertian processor 

Pengetian Processor
Saat kita belajar T.I.K di sekolah tentu kita sering sekali mendengar kata processor, tidak sedikit merek dari processor yg bertebaran di toko seperti Intel, AMD, IBM, Apple, Cyrix & VIA, tapi yg paling popular di Indonesia bahkan didunia adalah Intel & AMD. Dikarenakan dua processor tersebut memiliki tingkat kualitas di atas processor yang lain.

Bagian-bagian Processor
Aritcmatics Logical unit (ALU) : yaitu fasilitas yg melaksanakan pengerjaan dasar seperti pembuatan aritmatika (penambahan, pengurangan, & semacamnya), pembuatan logis (AND, OR, NOT), & pembuatan perbandingan (contohnya, membandingkan isikan banyaknya dua slot utk kesetaraan). Pada satuan inilah dilakukan “kerja” yg nyata

Control unit (CU) : yaitu sebuah media pengontrolan yg berada dalam pc yg memberitahukan satuan masukan tentang tipe data, waktu pemasukan, & lokasi daya simpan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahukan pada arithmatic logic satuan tentang operasi yg mesti dilakukan, lokasi data diperoleh, & letak hasil ditempatkan Perangkat-perangkat fasilitas proses bersertaperlengkapan. baca juga pengertian CPU

Memory Unit (MU) : yakni salahstau bagian dari processor yg menyimpan alamat-alamat register data yg diolah oleh ALU & CU. Register, yakni memori kecil yg dimanfaatkan untuk menyimpan data sementara. CPU Interconnection (BUS), yaitu sistem koneksi yg menghubungkan bagian dalam CPU & juga koneksi CPU kebagian yg lainnya.

Dalam suatu processor terdapat suatu kapabilitas yg bisa mengatur segala kategori kegiatan yg bisa dilakuan oleh suatu komputer, kekuatan tersebut mempunyai unit yaitu MHz & GHz.

Dikarenakan processor ialah otak dari satu buah pc sehingga makin tinggi frekuensi GHz & MHz nya maka semakin cepat kinerja suatu processor. Dengan kata lain processor makin tinggi berarti makin pintar & cepat dalam menjalankan tiap-tiap program pada pc.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Processor dan Jenisnya

1 komentar:

  1. Penawaran Paid Review
    Hallo,

    Saya Soffian dari UrbanIndo.com situs jual beli properti No. 1 di Indonesia. Dari sekian banyak blog yang pernah saya kunjungi, blog Anda adalah salah satu blog yang membuat saya tertarik untuk berkunjung dan membaca setiap konten yang ada pada blog Anda.
    Saat ini kami sedang mencari blogger yang mempunyai blog berkualitas tinggi seperti blog, dengan ini kami mengajak Anda untuk bekerja sama dengan kami untuk melakukan paid to review. Kami akan sangat senang sekali jika Anda tertarik.
    Jika Berminat silahkan mengirimkan email ke :soffian@urbanindo.com

    Salam

    Soffian

    BalasHapus