Minggu, 20 Desember 2015

7 Fungsi Sistem Operasi Komputer

7 Fungsi Sistem Operasi Komputer - Sistem operasi atau OS secara global mempunyai dua fungsi penting yang tidak bisa dilepaskan yaitu mengelola semua sumber daya yg terdapat dalam sebuah sistem komputer, baca pengertian sistem komputer, diluar itu fungsi daripada sistem komputer yakni sbg penyedia sekumpulan layanan ke pemakai, sehingga para pemakai lebih mudah & lebih nyaman dalam memakai atau menggunakan sumber daya sistem komputer yg tidak jarang dinamakan dgn "system calls".

Sumber daya daripada sistem komputer merupakan seluruh komponen yg ada di dalam sistem komputer yg bisa memberi manfaat, sumber daya terbagi menjadi dua: yaitu sumber daya fisik (perangkat keras komputer) seperti mouse, reader, keyboard & sumber daya abstrak (perangkat lunak) seperti program dan data-data. 


fungsi sistem operasi


Seperti yg kita bahas dalam pengertian sistem komputer bahwa sistem komputer yaitu sekumpulan daya utk memproses, memindahkan, menyimpan dll. sistem operasi bertanggung jawab mengelola sumber daya tersebut supaya pengguna-pengguna sumber daya bisa menggunakannya dengan cara benar & efisien, adapun tugas atau fungsi sistem operasi diantaranya sbg berikut :

Fungsi Sistem Operasi
a. Melaksanakan pengelolaan memori.
Memori ialah lokasi daya simpan data sementara, data-data yg disimpan dalam memori diperlukan oleh CPU & perangkat masukan (Input) dan perangkat keluaran (Output). diluar itu manfaat sistem operasi adalah bertanggung jawab untuk melaksanakan pengaturan memori. Pengaturan memori mencakup hal-hal berikut :

Menjaga ruang-ruang dalam memori yg sedang dipakai & program apa yg menggunakannya.
Memilih data yg bakal diambil dari hardisk & disimpan sementara dalam memori.
Mengalokasikan & mendealokasikan tempat memori untuk kepentingan.

b. Mengatur peyimpanan di Harddisk.
Fungsi sistem operasi komputer yaitu mengatur data yg disimpan dalam memori utama bersifat sementara namun jumlahnya sangat kecil, data tersebut seterusnya disimpan di perangkat keras harddisk yang merupakan lokasi daya simpan yang bersifat tetap. Harddisk dapat menyimpan data dalam jumlah yang sangat banyak, & system operasi bertanggung jawab mengatur daya simpan data-data di harddisk tersebut.

c. Memanagement File
Fungsi sistem operasi merupakan memanagement file, informasi-informasi yg terdapat dikomputer disimpan dalam bentuk file-file. system operasi bertanggung jawab buat lakukan management file yg disimpan di komputer. Management file yg dilakukan oleh sistem operasi sebagai berikut :

Pelaksanaan sekaligus menghapus file.
Pelaksanaan dan menghapus folder.
Mensupport manipulasi file dan folder.
Memetakan file ke tempat daya simpan tetap.
Memback-up file ke sarana daya simpan tetap.

d. Meyediakan processor management yg dapat mengelola komputer supaya bisa digunakan oleh banyak pemakai.
e. Menyadiakan pengelolaan peralatan ( device management).
f. Meyediakan Informasi management.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Fungsi Sistem Operasi Komputer

0 komentar:

Posting Komentar