Selasa, 22 Desember 2015

Pengertian dan Fungsi Switch

Pengertian dan Fungsi Switch - Switch atau yang sering disebut pengalih jaringan merupakan salah satu perangkat keras komputer dan juga sebagai jaringan yg melaksanakan penjembatan taktampak (penghubung penyekatan (segmentation) banyak jaringan dgn pengalihan berdasarkan alamat MAC).

Switch jaringan bisa dipakai sbg penghubung computer atau penghala pada satu lokasi yg terbatas, pengalih pun bekerja terhadap lapisan taut data (data link), trik kerja pengalih nyaris layaknya jembatan (bridge), tapi switch mempunyai sejumlah porta maka sering disebut jembatan pancaporta (multi-port bridge).
pengertian dan fungsi switch


Jenis-jenis Router
Ada sekian banyak jenis Switch yg beredar di pasaran, yg bekerja di Layer 2 & Layer 3 pada lapisan OSI.

1. ATM Switch
Asynchronous Transfer Mode adalah mode transfer yg disusun dalam bentuk sel-sel. Tujuan asinkronus yaitu pengulangan sel yg mengandung info dari costumer tak perlu periodik.

2. ISDN Switch
ISDN (Integrated Services Digital Network) Switch atau yg dikenal juga sebagai istilah Frame relay switch over ISDN yg umumnya terdapat pada Service Provider bekerja seperti halnya switch, namun mempunyai perbedaan adalah interface yg dipakai berupa ISDN kartu atau ISDN router. baca juga fungsi router

3. DSLAM Switch
A Digital Subscriber Line Access Multiplexer (DSLAM, tidak jarang diucapkan dee-lam) mengizinkan telpon garis utk membuat koneksi cepat ke Internet. Ini yakni perangkat jaringan, yg terletak di bursa telpon dari penyedia pelayanan, yg menghubungkan sekian banyak pelanggan Digital Subscriber Lines (DSLs) dgn kecepatan tinggi backbone Internet line memakai multiplexing teknik. Dgn menempatkan DSLAMs terpencil di tempat terpencil dgn sentral telepon, perusahaa telpon menyediakan pelayanan DSL ke tempat sebelumnya diluar jangkauan efektif.

4. Ethernet Switch
Sebuah Switch Ethernet yaitu jaringan LAN interkoneksi perangkat yg beroperasi pada lapisan ke-2 atau laisan data-link dari model referensi OSI . saklar pada dasarnya hampir sama dgn jembatan, namun kebanyakan mensupport jumlah yg lebih besar dari segmen jaringan LAN membuka & mempunyai kekuatan manajemen yg lebih kaya. 

LAN canggih semakin ditukar sarana dgn media diaktifkan, dgn menginstal switch Ethernet & jembatan di lokasi hub & repeater. Partisi logis ini lalu lintas ke perjalanan pada saat segmen jaringan di tujukan antara sumber & maksud. 

Aspek ini mengurangi bandwidth yg terbuang dari hasil dari mengirim paket ke bagian jaringan yg tidak perlu menerima data. Ada pula manfaat dari pengamanan dioptimasi (pembeli kurang dapat tap-in ke's data konsumen lain), manajemen yg lebih baik (kapabilitas buat mengontrol siapa yg menerima kabar apa (ialah Virtual LAN) & buat membatasi resiko dari masalah jaringan), & kekuatan utk mengoperasikan beberapa link di full duplex (duplex lebih dari setengah digunakan utk membuka bersama-sama)

5. Port uplink
Port uplink merupakan satu buah port dalam suatu hub atau [[switch jaringan]|switch]] yg bakal dipakai utk menghubungkan hub/switch tersebut bersama hub yang lain di dalam satu buah jaringan berbasis tehnologi Ethernet. Dgn memanfaatkan uplink port, hub-hub juga bisa disusun dengan cara bertumpuk utk menempa jaringan yg lebih besar.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian dan Fungsi Switch

0 komentar:

Posting Komentar