Senin, 28 Desember 2015

Pengertian Hub dan Fungsinya

Pengertian Hub dan Fungsinya - Hub adalah salahsatu perangkat keras komputer yang mempunyai peran sangat penting dalam jaringan, karena hub sangat berpengaruh dalam menentukan baik dan buruknya proses koneksi antar komputer, jika hub yang digunakan bermasalah, maka secara otomatis jaringan komputer akan terganggu bahkan terputus.

Fungsi hub
Secara sederhana fungsi hub adalah menghubungkan perangkat-perangkat dengan sebuah kabel ethernet atau kabel serat optik supaya bersikap sebagai titik pusat yang menghubungkan semua PC dalam satu jaringan. Selain itu, hub berfungsi sebagai penguat sinyal kabel UTP, konsentrator serta penyambung.

pengertian dan fungsi hub


Hub terbagi menjadi dua jenis:
a. Hub Pasif 
Adalah hub yang berfungsi untuk membagi atau memisahkan jaringan, namun hub ini tidak bertugas untuk memperkuat sinyal, sehingga untuk menggunakan hub pasif tidak dibutukn tenaga listrik.

b. Hub Aktif
Hub aktif adalah hub yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan secara fisik, serta bertugas sebagai penguat sinyal, karena untuk menggunakan hub jenis ini membutuhkan tenaga listrik.

Hub pada dasarnya yaitu sebuah pemisah sinyal (signal splitter). Disaat ada satu paket yang masuk ke satu port di hub, maka paket tersebut bisa tersalin ke port yang lain di hub yang sama dengan semua komputer yang tersambung di hub yang sama bisa membaca paket tersebut.
Setiap host yang tersambung ke perangkat keras hub dapat melihat paket ini tapi hanya host yang ditujukan saja yang dapat memprosesnya. Ini akan menyebabkan masalah network traffic,  karna paket yg ditujukan ke satu host sebenarnya dikirimkan ke seluruh host. baca juga pengertian router

pengertian dan fungsi hub


Kelebihan dan Kekurang Hub
Kelebihan menggunakan Hub adalah kita sebagai pengguna untuk dapat sharing atau berbagi pada jalur yang sama ,hub memiliki banyak port (4 sampai 24 port ditambah 1 utk ke server atau hub lainnya.)
Kekurangan menggunakan Hub ialah bisa sharing atau berbagi jalur yang sama maka kecepatan komunukasinya juga harus dibagi dgn hub lainya.

Karakteristik Hub
Perangkat keras Hub mempunyai beberapa port yang dapat menerima kabel jaringan, seperti kabel UTP atau Coaxial. Hub memiliki banyak jenis ukuran, Hub dalam ukuran kecil mempunyai 4 port. Namun sebuah Hub yang berukuran besar bisa berisi 8, 12, 16, dan bahkan sampai 24 port.

Mungkin sekian dari saya tentang ulasan singkat dari pengertian hub dan fungsinya, semoga dapat memberikan pencerahan. terimakasih
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Hub dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar