Jumat, 25 Desember 2015

Pengertian Sistem Operasi dan Fungsinya

Pengertian Sistem Operasi dan Fungsinya  -  Sebelum kita membahas tentang sistem operasi jaringan sebaiknya kita kenali dulu apa itu pengertian sistem operasi? dan apa fungsi sistem operasi pada komputer? maka dari itu disini kita akan bahas sama-sama tentang sistem operasi.

Sistem Operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau disingkat OS merupakan satu perangkat lunak sistem yg bertugas utk menjalankan kontrol & manajemen perangkat keras komputer juga mengontrol dan memanage operasi-operasi sistem, termasuk juga menjalankan software/aplikasi seperti program-program pengolah kata ( Ms.Word, ) dan perangkat lunak untuk browser ( Web Browser).

pengertian sistem operasi dan fungsinya


Sistem operasi yakni satu buah jembatan penghubung antara pengguna dari komputer dgn perangkat keras komputer. Dulu, sebelum ada sistem operasi, orang-orang hanya mengunakan komputer dgn memakai sinyal analog & sinyal digital. Seiring dgn berkembangan pengetahuan manusia & tehnologi, sekarang ini 2015 sistem operasi telah berevolusi dengan berbagai keunggulan masing-masing.  baca juga Sejarah Sistem Operasi Windows

Untuk lebih mendalami sistem operasi, maka sebaiknya kita perlu mengetahui  lebih dulu beberapa pengertian sistem operasi itu sendiri.

Pengertian system operasi secara cara umum adalah pengelola semua sumber-daya yg terdapat terhadap sistem komputer & dan meyediakan pelayanan (sistem calls) ke pengguna, dengan in i maka sistem operasi akanmemudahkan & menyamankan penggunaan juga menggunakan sumber daya sistem komputer.

Fungsi Sistem Operasi

Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam sebuah negera, dalam arti membuat keadaan komputer supaya mampu menjalankan acara dengan cara benar.

Untuk menghindari konflik yg berjalan pada saat kita memakai sumber-daya yg sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yg bisa membuka sebuah sumber daya. Sistem operasi pula tidak jarang dinamakan resource allocator. Satu lagi fungsi utama sistem operasi yaitu sbg program pengendali yg bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) & pemakaian komputer yg tidak perlu. baca lebih lengkap di  artikel yang berjudul Fungsi Sistem Operasi

Tujuan Mempelajari Sistem Operasi
Maksud mencari ilmu sistem operasi adalah supaya kita bisa membuat desain sendiri juga bisa memodifikasi sistem yg sudah ada tepat dengan kepentingan kita, agar mampu pilih alternatif sistem operasi, mengoptimalkan pemakaian sistem operasi, dan supaya rencana dan program bisa diterapkan dengan benar.

Sasaran Sistem Operasi
Sistem operasi memiliki tiga sasaran penting adalah sebagai berikut:
a. Kenyamanan : menciptakan penggunaan computer jadi lebih nyaman.
b. Efisien p emakaian sumber-daya system computer dengan cara efisien.
c. Berevolusi: system operasi harus dibangun maka memungkinkan & memudahkan pengembangan, pengujian pula pengajuan sistem-sistem yg baru. baca HUB Pengertian dan Fungsinya

Bagian-bagian sistem operasi secara umum
a. Prosedur Boot, yakni meletakan kernel ke dalam memory kernel, yang mana kernel ini sebagai inti dari System Operasi.
b. Command Interpreter atau Shell, bertugas buat membaca input berupa perintah & sediakan sekian banyak fungsi standar & fungsi dasar yg akan dipanggil oleh aplikasi/program ataupun perangkat lunak lain. Sampel dari Shell yakni : Command prompt terhadap Windows Xp (DOS kepada Windows 98), XTerm & Konsole di Mesin Linux (Unix).
c. Resource Allocator. System Operasi bertugas mengatur & mengalokasikan sumber daya dari piranti.
d. Handler. Handler berperan dalam mengendalikan sistem piranti biar terhindar dari kekeliruan (error) & pemakaian sumber daya yg tak diperlukan.
e. Driver buat berinteraksi dgn hardware sekaligus mengontrol kinerja perangkat keras hardware.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Sistem Operasi dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar