Minggu, 20 Desember 2015

Perbedaan RAM dan ROM pada Komputer

Perbedaan RAM dan ROM - Memory merupakan hardware atau perangkat keras komputer yg berfungsi utk meyimpan informasi sebelum atau setelah di proses oleh perangkat keras processor. Informasi tersebut bisa berbentuk perintah-perintah atau data-data. yang merupakan lokasi daya simpan, memori mempuyai ruang-ruang peyimpanan di mana ruang-ruang daya simpan mempunyai alamat sendiri berupa nomor-nomor yg menunjukan tempat tertentu di memori. 

Kita sering mendengar kata RAM dan ROM disekolahan, tapi banyak juga orang yang bingung jika ditanya "apa ya beda nya RAM dan ROM? Untuk itu pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi kepada anda tentang perbedaan RAM dan ROM.

perbedaan ram dan rom 

RAM dan ROM mrupakan dua buah Memori, memori terbagi menjadi dua, ada memori internal yang disebut dengan RAM (Random Acces Memory) dan ada memori eksternal  yang disebut ROM ( Road Only Memory)

Perbedaan RAM dan ROM dapat di lihat dari fungsinya masing, apabila RAM merupakan memori yg berfungsi menyimpan sementara perintah & data pada waktu suatu program dijalankan. Perintah & data tersebut mencakup data yg dapat dibaca dari hardisk, data-data yg dimasukan lewat alat input komputer, & juga data-data hasil pemerosesan suatu program.

Unit ukuran kekuatan satu buah memori menyimpan informasi sering disebut byte. kini kekuatan memori utk meyimpan sebuah informasi teratas yg beredar dipasaran yakni mencapai 3 Gigabyte. kekuatan ini akan konsisten bertambah seiring dgn kemajuan akan teknologi komputer.

Baca juga: Hardisk Komputer berserta Penjelasannya

Pengertian dan Fungsi ROM (Read Only Memory)
ROM yaitu perangkat keras komputer yg dipakai utk menyimpan perintah data dengan cara tetap, Tepat dgn namanya , komputer hanya bisa membaca data & perintah yg terdapat di ROM. Komputer tak bisa edit data & perintah yg disimpan di ROM, Perintah-perintah yg disimpan di ROM tetap dibutuhkan oleh komputer, contohnya perintah-perintah yg dijalankan pada waktu pc pertama dihidupkan . Perintah-perintah diisikan oleh pabrik komputer pada waktu pc tersebut dibuat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbedaan RAM dan ROM pada Komputer

0 komentar:

Posting Komentar