Kamis, 24 Desember 2015

Sejarah Sistem Operasi Windows

Sejarah Sistem Operasi Windows - Microsoft Windows atau kita sering menyebutnya Windows yaitu jenis sistem operasi yg dibuat sekaligus dikembangkan oleh perusahaan Microsoft. Windows merupakan salah satu diantara jenis-jenis operasi yg paling banyak dipakai oleh masyarakat dunia.

Namun tahukah anda sejarah perkembangan system operasi ini ? pada postingan kali ini aku akan berbagi tentang sejarah system operasi windows dari awal sampai sekarang ini.

sejarah sistem operasi windows

Sebelum Microsoft rilis satu buah system operasi yang berbasis gambar seperti yang sekarang kita ketahui tenyata syitem operasi yang version sebelumnya adalah system operasi berbasis teks dan command-line ( MS-DOS ).

Baca Juga: Pengertian Sistem Operasi Lengkap

Sejarah Sistem Operasi Windows
1. Windows Graphic Environment 1.0
Yaitu system operasi pertama yang dirilis Microsoft dengan berbasis penampilan gambar kurang lebih th 1985. System operasi ini tidak akan bisa berjalan tidak dengan adanya system operasi DOS. Sebenarnya system operasi ini cuma meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh MS-DOS. System operasi ini menggunakan technologi 16-bit. & di bawah ini yaitu tampilannya.

2. Windows versi 2.x merupakan pengembangan system operasi dari versi sebelumnya yang dirilis lebih kurang thn 1987. Kelebihan dari Windows versi ini yaitu memiliki kemampuan untuk meminimize dan memaximizekan penampilan. Versi ini memakai floppy disk buat berjalan.

3. Windows versi 2.0x dan versi 2.1x
Adalah pengembangan sistem operasi versi selumnyabe. Sistem operasi ini masih menggunakan technologi 16-bit. Meskipun demikian versi ini lebih popular sebab terdapat aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word dan Excel for windows. Tidak seperti versi sebelumnya versi ini memerlukan harddisk buat berjalan.

4. Windows versi 3
Adalah versi yang menjadi awal kesuksesan system operasi yang dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft pada th 1990. Versi ini merubah semua penampilan sehingga gampang digunakan oleh para pembeli.

5. Windows versi 3.1
Ialah pengembangan dari versi sebelumnya yang dirilis tahun 1992. Perubahan yang terjadi antara lain memiliki tampilan yang menarik dan keren, memiliki multimedia buat memutar video, adanya File Manager, adanya Program Manager. Versi ini juga mendukung sistem 32 bit disk access. fungsi sistem operasi

6. Windows NT
Adalah system operasi Windows yang pertama dibuat dengan menggunakan kernel hibrida. Sedangkan versi sebelumnya cuma memakai kernel monolithic.

7. Windows versi 95
Yakni system operasi yang dirilis th 1995 dengan memanfaatkan arsitek teknologi 32-bit. Versi ini berjalan dengan sendirinya di dalam modus 386 Enhanced, dgn menggunakan memori virtual dan model pengalamatan memori flat 32-bit. Fitur-fitur itu menjadikan aplikasi Win32 untuk mengalamatkan RAM virtual banyaknya maksimal 2 gigabyte (dgn 2 gigabyte sisanya dicadangkan untuk OS).

Edisi-edisi Windows 95
1. Windows 95 Retail
2. Windows 95 Retail SP1
3. Windows 95 OEM Service
4. OEM Service Release 2
5. OEM Service Release 2.1
6. OEM Service Release 2.5

8. Windows versi 98
Adalah OS yang dirilis pada tahun 1998. Versi ini dgn cara umum jauh lebih stabil dan dapat diandalkan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Windows 98 mencakup tidak sedikit driver perangkat keras bar, mendukung system berkas FAT32 yang tambah baik, memberi dukungan USB, dan Internet Connection Berbagi.
kelebihan & kekurangan system operasi windows

9. Windows 2000
Yaitu system operasi yang dirilis pada bln Pebruari thn 2000. Versi ini dikenal dengan Windows NT 5.0 atau “NT 5.0″. Versi ini ditujukan buat usaha (workstation dan server). Fitur Windows 2000 lebih berorientasi untuk binis dan industri seperti Active Directory (satu buah model jaringan pengganti model jaringan NT domain), seperti Domain Name system (DNS), Lightweight Directory Access Protocol (LDAP), dan Kerberos utk menghubungkan antara mesin.

Edisi-edisi Windows 2000
1. Windows 2000 Professional
2. Windows 2000 Server
3. Windows 2000 Advanced Server
4. Windows 2000 Datacenter Server
5. Windows 2000 Limited Edition

10. Windows ME ( Millennium Edition )
Mmerupakan system operasi yang dirilis pada 14september 2000. Versi ini mendukung aplkasi-aplikasi multimedia dan Internet yang lebih baik. Versi ini memiliki fitur “System Restore,” yang membuat para penggunanya utk mengembalikan ke keadaan semula kalau terjadi kegagalan.

11. Windows XP
Yakni sistem operasi yang dirilis pada Tanggal 25 Oktober th 2001. Versi ini menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga memiliki kestabilan yang keren dan menggantikan produk Windows yang berbasis 16-bit. & Windows XP yakni penerus dari windows pada awal mulanya yakni Windows 2000 & Windows Propessional & Windows Me.

Edisi Windows XP :
1. Windows XP Professional
2. Windows XP Home Edition
3. Windows XP Media Center Edition
4. Windows XP Tablet PC Edition
5. Windows XP Starter Edition
6. Windows XP Professional x64 Edition
7. Windows XP Professional 64-Bit Edition for Itanium

12. Windows Vista
yakni system operasi yang dirilis 8 Nopember tahun 2006 & Produksinya dihentikan pada 31 Januari 2009. Versi ini memang lah dibuat agar memiliki keamanan yang tangguh di bandingkan dgn versi pada sebelumnya. dgn memperkenalkan satu buah modus kastemer yang terbatas, yakni User Account Control (UAC), yang difungsikan untuk menggantikan filosofi “administrator-by-default” yang diberlakukan pada XP.

Edisi-edisi Windows Vista :
1. Windows Vista Starter
2. Windows Vista Home Dasar
3. Windows Vista Home Premium
4. Windows Vista Usaha
5. Windows Vista Enterprise
6. Windows Vista Ultimate

13. Windows 7
Yakni system operasi yang dirilis 22 Oktober 2009 utk umum. Versi ini memiliki kernel NT 6.1. Versi klien dari Windows 7 dirilis dalam versi 32-bit dan 64-bit walau versi servernya (yang menggantikan Windows Server 2008) dirilis cuma dalam versi 64-bit, atau yang dinamakan Windows Server 2008 R2.

Edisi-edisi Windows 7
1. Windows 7 Ultimate
2. Windows 7 Enterprise
3. Windows 7 Professional
4. Windows 7 Home Premium
5. Windows 7 Home Dasar
6. Windows 7 Starter

Dan hingga waktu ini (2015) saya tetap menggunakannya, meskpipun windows 8 & windows 10 telah dirilis, namun kayanya aku tetap berat untuk meninggalkan windows 7. baca cara aktivasi windows 7

Setiap konsumen mampu mendapat perlindungan 3 lapis jika ada permintaan mengunduh file dari yang tak dikenal. Windows 7 didesain dengan fitur baru dan peningkatan performa dari Windows Vista.

14. Windows 8
Yaitu system operasi yang dirilis 26 Oktober 2012. Versi ini cukup menghebohkan dikarenakan memiliki perbedaan yang cukup jauh dari versi sebelumnya.

Edisi-edisi Windows 8
1. Windows 8
2. Windows 8 Pro
3. Windows 8 Enterprise
4. Windows RT

15. Windows 10
Yaitu system operasi yg dikenalkan pada 30 Sepetember & dirilis dirilis 29 Juni 2015 & tetap keluarga Windows NT, Windows 10 memiliki 4 Edisi, ialah : Windows 10 Home, Windows 10 Pro, Windows 10 Enterprise, & Windows 10 Education.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sejarah Sistem Operasi Windows

1 komentar:

  1. Windows 7 support is over, but there's no doubt, As Windows 7 is the most recommended OS, Which through user can do almost all work without any problem, Where I recommend you to activate your OS being purchased its license code from ODosta Store
    After OS activation, You can easily get windows 10 remote tech support to run all old programs and get windows 10 updates.
    You can upgrade your existing OS to windows 10, But you can face some technical issues, So I recommend you to have clean installation of Windows 7 or Windows 10 and activate it using legal license.

    BalasHapus