Minggu, 10 Januari 2016

Cara Sharing Printer di Windows 7 Melalui Jaringan LAN atau Wifi

Cara Mudah Sharing Printer di Windows 7 Lewat Jaringan LAN atau Wifi - Share printer adalah salah satu manfaat dari jaringan pc. Tidak Cuma itu, sharing printer juga dapat menghemat pengeluaran, pemanfaatan feature share printer ini serta bisa menghemat waktu. 

Jadi, sobat tak butuh lagi mengeluarkan duit lebih utk membelikan printer utk tiap-tiap pc. Atau sobat tak butuh lagi bolak-balik cuma buat menprint dokumen. Sobat hanya menyediakan satu printer & sobat tinggal duduk di depan pc untuk melakukan print. baca juga pengertian sistem operasi

Share printer ini mampu sobat aplikasikan kepada jaringan LAN yg berbasis kabel atau wireless. Yg intinya adalah tiap-tiap pc mesti dapat mengakses dgn baik terhadap pc yg terkoneksi dgn printer.

Pada windows 7, untuk melaksanakan berbagi printer ini,sobat diharuskan utk mengakaktifkan feature "File and printer sharing". Sesudah feature tersebut diaktifkan, sobat bisa cepat melaksanakan printer share, caranya sbg berikut.

1. Klik start button, selanjutnya memilih Devices and Printers.

2. Sesudah itu akan terbuka windows devices and printers. Di window ini, sobat bisa melihat hardware apa saja yg mengakses dgn pc, salah satunya printer. Menentukan printer mana yg mau sobat bagikan. Klik kanan kepada printer tersebut, selanjutnya memilih printer properties.

3. Akan terbuka window printer properties. Memilih tab Berbagi pada windows tersebut.

4. Sesudah itu, beri checkbox pada opsi sharing this printer. sobat dapat berikan nama apa saja sesuai dengan kemauan sendiri. Setelah Itu klik Apply, Ok.

Dam sekarang ini printer telah sukses di share & siap diperlukan oleh computer lain yg membuka. Apabila telah sukses di berbagi, baru sobat bisa membuka printer tersebut. Caranya sbg berikut.

Sobat dapat mengaksesnya lewat windows Explorer. Pada Address bar, ketikan IP address computer yg lakukan berbagi tadi. Ini adalah contoh format penulisan di Address bar "\192.168.10.10",. IP address disesuaikan dgn jaringan masing-masing.

Sesudah itu dapat tampak apa saja yg sudah disharing oleh computer tersebut, salah satunya ada printer. Nah, tpadaprinter tersebut klik kanan setelah itu memilih Connect... . Tunggu dech bentar sampai proses Connecting selesai.

Setelah selesai, PC yang sobat gunakan sekarang bisa terhubung printer yg disharing tadi, sobat bisa tes dengan menge-print satu buah dokumen. Kebanyakan sebelum menge-print, kita diberikan opsi buat pilih printer mana yg dapat dimanfaatkan. 

Sekarang pada opsi ini kita memilih printer yg disharing, cirinya yaitu sesudah nama printer tentu terdaftar IP address dari komputernya. Sesudah pilih printer tersebut baru kita lakukan pencetakan dokumen.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Sharing Printer di Windows 7 Melalui Jaringan LAN atau Wifi

0 komentar:

Posting Komentar