Minggu, 31 Januari 2016

Pengertian Topologi Jaringan Komputer beserta Gambarnya

Pengertian Topologi Jaringan Komputer beserta Gambarnya - Topologi (berasal dari bahasa Yunani topos yaitu tempat, dan logos, 1lmu) merupakan cabang matematika yang bersangkutan dengan tata ruang yang tidak berubah dalam deformasi dwikontinu (yaitu wang yang dapat ditekuk, dilipat, disusut. direntangkan, dan dipilin tetapi tidak diperkenankan untuk dipolong, dirobek, ditusuk atau dilekatkan). Topologi muncul melalui Kabel LAN pengembangan konsep dan geometri dan atau himpunan seperti ruang dimensi bentuk transformasi.

Topologi jaringan komputer adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Dalam suatu jaringan komputer jenis topologi yang dipilih akan mempenganihi kecepatan komunikasi (Baca Juga pengertian komunikasi dalam jaringan). Untuk itu maka perla dicerrnati kelebihan/keuntungan dan kekurangan/kerugian dari masing-masing topologi berdasarkan kateristikriya. Topologi pada dasarnya adalah pola dari sebuah jaringan.

Topologi Jaringan

Topologi jaringan terbagi lagi menjadi dua yaitu topologi secam fisik (physical topology) dan topologi secara logika (Logical topology) Topologi secara fisik menjelaskan bagaimana susunan dari kabel, komputer dan lokasi dari semua komponen jaringan. Sedangkan topologi secara logika menetapkan bagaimana informasi atau aliran data dalam jaringan. Arsitektur topologi merupakan bentuk koneksi fisik untuk menghubungkan setiap node pada sebuah jaringan.


Pada sistem LAN terdapat liga topologi utama yang paling sering digunakan, yaitu: Bus, Star, dan Ring. Topologi jaringan ini kemudian berkembang rnenjadi Topologi Tree dan Mesh yang merupakan kombinasi dari Star, Ring, dan Bus. Berikut jenis-jenis topologi:

1. Topologi Bus

www.pintarkomputer.net

 

Topologi bus ini sering juga disebut sebagai topologi backbone, dimana ada sebuah kabel coaxial yang dibentang kemudian beberapa komputer dibubungkan pada kabel tersebut. Secara sederhana pada topologi bus, satu kabel media transmisi dibentang dari ujung ke ujung, kemudian kedua ujung ditutup dengan "terminator" atau terminating-resistance (biasanya berupa tahanan listrik sekitar 60 ohm).

Kelebihan Topologi Bus

a) Instalasi relatif leblh murah
b) Kerusakan satu komputerclient tidak akan mempengaruhi komunikasi antar client lainnya.
c) Biaya relatif lebih murah. 

Kelemahan Topologi Bus

a) Jika kabel utama (bus) atau backbone putus maka komunikasi gagal.
b) BiLa kabel utama sangat panjang maka pencarian gangguan menjadi sulit Kemungkinan akan terjadi tabrakan data (data collision) apabila banyak client yang mengirim pesan dan ini akan menurunkan kecepatan komunikasi.

2. Topologi Ring (Cincin) 

www.pintarkomputer.net

 

Topologi ring biasa juga disebut sebagai topologi cincin karena bentuknya seperti cincin yang melingkar. Semua komputer dalam jaringan akan dihubungkan pada sebuah cincin. Cincin ini hampir sama fungsinya dengan concentrator pada topologi star yang menjadi pusat berkumpulnya ujung kabel dari setiap komputer yang terhubung.

keuntungan

a) Kegagalan koneksi akibat gangguan media dapat diatasi lewat jalur lain yang masih terhubung.
b) Penggunaan sambungan point to point membuat transmision error dapat diperkecil.

Kerugian

Data yang di kirim bila banyak yang berkomunikasi menyebabkan lambat teransfer data

3. Topologi Star (Bintang) 

www.pintarkomputer.net

 

Disebut topologi star karena bentuknya seperti bintang sebuah alat yang disebut concentrator bisa berupa HUB atau switch menjadi pusat dimana semua komputer dalam janngan dihubungkan ke koncentrator ini. 

Kelebihan Topologi Star

a) Karena setiap komponen dihubungkan langsung ke simpul pusat maka pengelolaan menjadi mudah, kegagalan komunikasi mudah ditelusuri.
b) Kegagalan pada satu komponenlterminal tidak mempengaruhi komunikasi terminal lain.

Kelemahan Topologi Star

a) Kegagalan pusat kontrol (simpul pusat) memutuskan semua komunikasi.
b) Bila yang gunakan sebagai pusat kontrol adalah HUB maka kecepatan akan berkurang sesuai dengan penambahan komputer, semakin banyak semakin lambat.

4. Topologi Tree (Pohon) 

www.pintarkomputer.net

 

Topologi pohon adalah pengembangan atau generalisasi topologi bus. Media transmai merupakan satu kabel yang bercabang namun loop tidak tertutup. Topologi pohon dimulai dari suatu titik yang disebut headend. Dari headend beberapa kabel ditarik menjadi cabang, dan pada setiap cabang terhubung beberapa terminal dalam bentuk bus, atau dicabang lagi hingga menjadi rumit.

Ada dua kesulitan pada topologi ini:

a) Karena bercabang maka diperlukan cara untuk rnenunjukkan kemana data dikirim, atau kepada siapa transmisi data ditujukan.
b) Perlu suatu mekanisme untuk menqatur transmisi dan terminal terminal dalam jaringan.

5. Topologi Mesh

www.pintarkomputer.net

 

a) Topologi Mesh adalah topologi yang tidak memiliki aturan dalam koneksi. Topologi ini biasanya timbul akibat tidak adanyaperencanaan awal kelika membangun suatu jalingan.
b) Karena tidak teratur maka kegagalan komuriikasi menjadi sulit dideteksi, dan ada kemungkinan boros dalam pemakaian media transmisi.
c) Topologi ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran yang harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi I (satu).
d) Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang.
e) Disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.
f) Topologi ini merupakan teknologi khusus yang tidak dapat dibuat dengan pengkabelan, karena sistem yang mmii Namun dengan teknologi wireless, topologi ini sangat memungkinkan untuk diwujudkan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Topologi Jaringan Komputer beserta Gambarnya

0 komentar:

Posting Komentar