Senin, 18 Januari 2016

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan

Peranan teknologi informasi dan komunikasi - teknologi diciptakan untuk mengatasi berbagai kesulitan dalam kehidupan sehari-hari teknologi komunikasi telah dimanfaatkan hampir di semua bidang teknologi informasi dan komunikasi tersebut untuk sangat menguntungkan bagi kita. berikut akan kita pelajari mengenai pemanfaatan teknologi informasi di berbagai bidang.


Peranan teknologi informasi dalam dunia pendidikan

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan dilakukan oleh negara-negara maju, Amerika Serikat pemanfaatan komputer dan jaringan komputer telah dilakukan sejak tahun 1980.

Setiap murid mempunyai kesempatan untuk mengakses bahan-bahan pelajaran yang disajikan dalam bentuk interaktif, melalui jaringan internet pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini ternyata berhasil meningkatkan hasil ujian penurunan tingkat putus sekolah dan penurunan tingkat ketidakhadiran di kelas.

Baca Juga: Peran TIK di Bidang Pemerintahan

Ada banyak bentuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan yang dapat dilakukan antara lain adalah:

a.. Berbagai hasil penelitian teknologi informasi dan komunikasi.
Dalam hal ini digunakan sebagai sumber informasi untuk menunjang pendidikan internet telah dimanfaatkan untuk berbagai hasil penelitian yang dilakukan di belahan dunia yang berbeda. Hal ini menyebabkan hasil penelitian yang dilakukan oleh seseorang dapat dimanfaatkan oleh orang lain.

b. Konsultasi dengan Pakar
Internet juga banyak dimanfaatkan untuk berkonsultasi dengan pasar-pasar yang berada di tempat lain, hal ini menyebabkan ruang dan jarak bukan lagi menjadi sebuah masalah. konsultasi ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan layanan Email di internet.

c. Perpustakaan online
Perpustakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital yang ditempatkan di internet, perpustakaan online memungkinkan eseorang mengakses sumber-sumber ilmu pengetahuan dengan cara mudah tanpa harus dibatasi dengan jarak dan waktu.

d. Diskusi online
Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan di internet. aplikasi memungkinkan para pelajar saling bertukar pikiran tanpa harus berkumpul di tempat yang sama.

e. Kelas Online
Aplikasi yang dapat dilakukan lembaga pendidikan jarak jauh seperti Universitas Terbuka dan sekolah-sekolah terbuka. materi-materi pelajaran dibuat interaktif dan menarik sehingga kualitas belajar diperoleh tidak kalah dengan kualitas belajar biasa.

Keuntungan yang dapat diperoleh dari memanfaatkan teknologi dan komunikasi di bidang pendidikan antara lain sebagai berikut:

a. Dapat mengakses informasi-informasi hasil penelitian orang lain.
b. Akses ke sumber pengetahuan dapat dilakukan dengan lebih mudah.
c. Akses para ahli menjadi lebih mudah karena tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.
d. Materi-materi pelajaran disampaikan interaktif dan menarik melalui belajar jarak jauh adalah biaya dan waktu yang mungkin tidak dapat dihindari dengan pendidikan biasa dapat diatasi dengan mengikuti kelas online.

baca juga Pengertian TIK (Teknologi Komunikasi dan Informasi)

Informasi dan komunikasi juga memberikan keuntungan bagi lembaga pendidikan penyelenggara. beberapa keuntungan yang diperoleh lembaga penyelenggara antara lain sebagai berikut:

a. Dapat saling berbagi hasil penelitian dengan institusi pendidikan lain.
b. Dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada peserta didik.
c. Dapat menjangkau pelajar saya berada di tempat lain melalui program jarak jauh.
d. Melalui perpustakaan yang menyediakan buku-buku di perpustakaan dapat dikurangi sebagai sumber informasi dengan membuat perpustakaan bersama.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan

0 komentar:

Posting Komentar