Sabtu, 06 Februari 2016

Pengertian WAN (Wide Area Network)

Pengertian WAN (Wide Area Network) - merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang lebih luas, dengan menghubungkan komputer yang lebih banyak. Hal ini sudah jelas berbeda dengan PAN, MAN atau mungkin LAN yang dibatasi dengan ruangan dan bangunan. WAN tidak dibatasi dengan ruangan ataupun bangunan namun cakupannya bisa antar benua.

Catatan gambaran ini hanya mennggambarkan menurut letak geografisnya karena dalam konsef WAN tidak mengenal jangkawan, sebagai contoh bila anda ingin membuat sebuah jaringan WAN bisa saja anda buat dalam satu ruangan tergantung perangkat jaringan "baca lebih lengkap tentang perangkat keras jaringan" yang anda miliki.

WAN akan mampu mengkoneksikan para pengguna-pengguna jaringan dalam daerah jangkauan yang lebih luas. Hal ini akan membuat para Technical IT dapat melakukan sharing resource antar negara bahkan antar benua. 
Pengertian Jaringan WAN (Wide Area Network), Kelebihan dan Kekurangannya

Jika dilihat dari fungsinya, sebenarnya WAN tidak jauh berbeda dengan LAN. WAN juga berfungsi sama seperti LAN mengkoneksikan antar komputer, printer (Baca Selengkapnya Jenis-Jenis Printer dan Cara Kerjanya) dan juga device lainnya dalam satu jaringan. WAN pada dasarnya adalah kumpulan LAN yang ada diberbagai lokasi. Dibutuhkan sebuah device untuk menghubungkan antara LAN dengan WAN dan device tersebut adalah router. 

Router berfungsi merawat dan mengatur address LAN dan juga WAN. Berikut gambar topologi sebuah WAN. 

WAN tidak dimiliki atau di manage oleh seorang saja, tetapi didistribusikan dan dikelola oleh beberapa orang bahkan oleh beberapa organisasi. Teknologi yang biasanya dipakai WAN antara lain : Modem, ISDN (Integrated Services Digital Network), DSL (Digital Subscriber Line), Frame Realay, ATM (Asynchronous Transfer Mode), SONET (Synchronous Optical Network), T (US) dan E (Europe) Carrier Series seperti T1, E1, T3, E3 dan lain-lain.

Kelebihan WAN (Wide Area Network)

WAN memiliki banyak kelebihan yang tentu saja diharapkan oleh pemakainya. Kelebihan adalah salah satu faktor utama seseorang atau sekelompok orang memilih menggunakan WAN sebagai solusi jaringannya. Dibawah ini adalah beberapa kelebihan WAN, yakni: 

Server pusat pada WAN atau Wide Area Network dapat jadikan sebagai bank data atau tempat penyimpanan yang terpusat. Dengan demikian seluruh file yang dibutuhkan oleh perusahaan dapat digunakan oleh semua komputer yang terhubung dengan WAN, meskipun terpisah jarak yang jauh. 

Area jangkawan yang luas menyebabkan WAN atau Wide Area Network adalah jaringan yang sangat luas sehingga dapat menghubungkan antar daerah, pulau atau bahkan antar benua. 

Penghematan biaya karena jika satu jaringan lokal yang terhubung pada WAN memiliki koneksi internet, maka seluruh komputer yang ada dalam WAN dapat menikmati koneksi internet, jika diijinkan. Hal ini berarti penghematan pada biaya langganan internet yang terpusat pada satu titik saja.

WAN dapat menghubungkan komputer yang luas dalam waktu singkat sehingga WAN dapat digunakan sebagai media komunikasi internal yang mengurangi biaya telepon tiap bulannya.

Kekurangan WAN (Wide Area Network)

Ada kelebihan, dan tentu saja ada kekurangan. WAN atau Wide Area Network memiliki beberapa kekurangan yang sebenarnya tidak siginifikan, namun perlu anda ketahui dan benar. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang ada pada Wide Area Network atau WAN

WAN atau Wide Area Network merupakan jaringan yang memiliki tingkat kerumitan dan kesulitan tinggi dalam hal pengaturan. Alat-alat yang dibutuhkan untuk membangun WAN terbilang relatif mahal. WAN membutuhkan banyak peralatan dan data sebelum jaringan yang ada berhubungan dan berkomunikasi dengan internet secara global.

Rentan terhadap masalah keamanan data karena kita tidak dapat mengontrol langsung apa yang terjadi diantara node yang jaraknya bisa sampai puluhan bahkan ratusan kilometer jauhnya. Dalam perjalanannya, bisa saja data antar perusahaan diambil oleh orang lain, baik oleh orang dalam maupun orang luar yang memiliki penguasaan terhadap kelemahan sistem kita. 
Biaya cukup mahal 7 juta hingga 10 juta rupiah tiap bulannya. Biaya seperti ini tentu saja harus dikalkulasikan dengan baik beserta keuntungan yang didapatkan. Maka dari itu kebanyakan pengguna WAN adalah perusahaan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian WAN (Wide Area Network)

1 komentar:

  1. Terimakasih atas infonnya sangat bermanfaat :) jangan lupa kunjungi juga web saya :

    http://salmantkj48.blogspot.co.id/2016/11/pengertian-www-world-wide-web-beserta.html

    BalasHapus