Jaringan Ad hoc Kelebihan dan Kekurangannya

Jaringan Ad-hoc Kelebihan dan Kekurangannya - yaitu salah satu jenis dari Wireless Local Area Network (WLAN) yang terdiri dari sekumpulan node-node yang berkomunikasi satu sama lain secara langsung tanpa melibatkan node perantara seperti access point. Setiap node pada jaringan Ad-hoc memiliki interface wireless.
baca lebih lengkap Pengertian Wifi dan Cara Kerjanya
Pada jaringan Ad-hoc setiap node tidak hanya berfungsi sebagai pengirim dan penerima informasi tetapi juga berfungsi sebagai pendukung jaringan seperti router. Oleh karena itu maka diperlukan sebuah routing protokol yang ditanamkan pada jaringan Ad-hoc tersebut. 

Pengertian Jaringan Ad-hoc dan Infrastruktur

Karakteristik jaringan Ad-hoc

Setiap node yang mempunyai sifat mobility dapat memiliki beberapa interface yang terhubung ke beberapa node lainnya.
dikarenakan sifat node yang mobile, maka topology jaringannya dapat berubah secara random/acak. Sebagai akibatnya routing protocol mempunyai masalah yang lebih kompleks dibandingkan dengan jaringan wired dengan node yang tetap.
seperti jaringan wireless lainnya, jaringan Ad-hoc dibatasi oleh masalah daya dan kapasitas memori.

Pengertian Jaringan Wi-Fi Ad-hoc

Jaringan Wi-Fi Ad-hoc yaitu mode jaringan Wi-Fi yang memungkinkan dua atau lebih device (komputer atau router) untuk saling berkomunikasi satu sama lain secara langsung (peer to peer) tanpa melalui Central Wireless Router atau Acces Point (AP). baca lebih lengkap Cara Mengatasi No Internet Access pada Wifi

Sedankgan jaringan Wi-Fi yang menggunakan sebuah Acces Point Router untuk menghubungkan antara semua client dengan sumber daya jaringan lainnya disebut jariangan Wi-Fi mode infrastructure.

Kelebihan ad-hoc

Jaringan ad-hoc tidak membutuhkan perangkat tambahan untuk terkoneksi, hanya wireless adapter pada setiap komputer yang ingin terkoneksi.
Tidak memerlukan keahlian konfigurasi routing dan server sebagaimana dalam access point, dan setup jaringannya pun sangat mudah dan cepat.
Transfer data pada ad-hoc mode lebih cepat jika dibandingkan dengan wireless infrastructure karena langsung tertuju ke komputer tujuan tanpa melalui perangkat lain.

Kekurangan Ad-hoc

Tidak dapat terhubung ke internet

Ad-hoc adalah jaringan point to point yang menghubungkan antar komputer saja.
baca juga Cara Sharing Printer di Windows 7 Melalui Jaringan LAN atau Wifi

Label: