Rabu, 16 Maret 2016

Pengertian Wifi dan Cara Kerjanya

Pengertian Jaringan Wi-Fi-Wi-Fi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. Wi-Fi yaitu teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan frekuensi tinggi untuk menangani jaringan/komunikasi. Frekuensi yang digunakan oleh teknologi Wi-Fi berada pada spektrum 2,4 Ghz.

Sehingga untuk terhubung ke internet dengan Wi-Fi menggunakan sebuah notbook dan PDA yang dilengkapi dengan kartu Wi-Fi (Wi-Fi Card). Jika notebook yang digunakan memakai prosessor yang dilengkapi teknologi Mobile Centrino, maka kartu Wi-Fi tersebut tidak dibutuhkan. baca lebih lengkap Cara Daftar Wifi Id Gratis
Pengertian Wifi dan Cara Kerjanya

Wi-Fi mempunyai kemampuan akses internet dengan kecepatan hingga 11 Mbps. Untuk terhubung kejaringan Wi-Fi tidak menggunakan kabel. Namun, harus berada di daerah yang mempunyai sinyal Wi-Fi. Daerah yang mempunyai sinyal Wi-Fi yaitu daerah yang berada pada radius 100 meter dari titik akses yang sering disebut hotspot. baca juga Cara Mengatasi No Internet Access pada Wifi

Cara kerja Wi-Fi

Wi-Fi mengalokasikan koneksi internet global dan disalurkan melalui gelombang radio. Gelombang radio yaitu akses utama dari Wi-Fi. Gelombang radio yang ditransmisikan dari antene dan Wi-Fi akan di tangkap penerima. Bila pengguna menerima sinyal Wi-Fi, koneksi internet nirkabel diproduksi dan pengguna yang diminta untuk memberikan nama dan password yang diperlukan untuk membuat sambungan nirkabel.

Kelebihan WiFi

Wi-Fi dikembangkan tanpa kabel dan menggunakan gelombang radio dengan frekuensi 2,4 GHz. Selain itu Wi-Fi dapat mengirim dan menerima kapasitas sampai 54Mbps.

Wi-Fi menggunakan jalur akses jaringan/hotspot, dapat berkomunikasi ke semua komputer dan laptop.

Harga Wi-Fi terus turun, membuat Wi-Fi merupakan pilihan yang sangat ekonomis mengenai jaringan.

Wi-Fi adalah perangkat standar global. Tidak seperti operator selular, klien Wi-Fi yang sama bekerja di berbagai negara di seluruh dunia.

Tersebar Luas lebih dari 250.000 tempat umum, jutaan rumah, perusahaan dan universitas di seluruh dunia.

Kekurangan WiFi

Adanya kelemahan yang terletak pada konfigurasi dan jenis enkripsi. Kelemahan tersbut diakibatkan karena terlalu mudahnya membangun sebuah jaringan wireless.

Wired Equivalent Privacy (WEP) yang menjadi standart keamanan wireless sebelumnya dapat dengan mudah dipecahkan dengan berbagai tools yang tersedia gratis di internet.

Penyaluran Gelombang dan keterbatasan operasional yang tidak konsisten di seluruh dunia.

WiFi menggunakan spektrum 2.4 GHz tanpa izin, dimana yang sering bertabrakan dengan perangkat lain seperti Bluetooth, oven microwave, telepon tanpa kabel, atau perangkat pengirim video, banyak lainnya. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kinerja.

Jalur akses gratis dapat digunakan oleh orang tak dikenal dan berbahaya untuk melakukan serangan yang akan sangat sulit untuk melacak di luar jalur akses pemilik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Wifi dan Cara Kerjanya

1 komentar:

  1. Terimakasih atas infonya sangat bermanfaat :) Kunjungi juga web saya :

    https://salmantkj48.blogspot.co.id/2016/11/kelebihan-dan-kekurangan-wi-fi.html

    BalasHapus