Sabtu, 19 Maret 2016

Pengertian World Wide Web Kegunaan dan Fungsinya

Pengertian World Wide Web - World Wide Web adalah open source ruang informasi di mana dokumen sumber web digambarkan oleh URL, saling terkait dengan hypertext link atau baiasa disebut juga backlink, dan dapat diakses melalui internet. World Wide Web diciptakan oleh ilmuwan Inggris Tim Berners-Lee pada tahun 1989. Dia menulis web browser pertama pada tahun 1990 saat bekerja di CERN di Swiss. baca lebih lengkap Pengertian dan Macam Macam Istilah internet

Hal ini telah menjadi cukup dikenal sebagai Web. World Wide Web adalah pusat pengembangan Era Informasi dan alat  utama yang digunakan orang untuk berinteraksi di Internet.

Halaman web terutama teks dokumen di atur dan digambarkan dengan Hypertext Markup Language (HTML) baca selengkapnya Pengertian dan Fungsi HTML. Selain teks, halaman web dapat berisi gambar , video yang komponen, dan software yang diberikan pengguna web browser sebagai halaman koheren multimedia konten. Tertanam hyperlink mengizinkan pengguna untuk mengatur arah antar halaman web. 
Pengertian World Wide Web Kegunaan dan Fungsinya

Beberapa halaman web dengan tema umum, umum nama domain , atau keduanya, dapat disebut situs. konten website sebagian besar dapat diberikan oleh penerbit, atau interaktif di mana pengguna berkontribusi konten atau isi tergantung pada pengguna atau tindakan mereka. Website mungkin sebagian besar informatif, terutama untuk hiburan, atau sebagian besar untuk tujuan komersial.

Fungsi word wide web (www)

istilah Internet dan World Wide Web yang sering digunakan tanpa banyak perbedaan. Namun, keduanya tidak sama. Internet adalah sistem global yang saling terhubung jaringan komputer. Sebaliknya, World Wide Web adalah salah satu layanan yang ditransfer melalui jaringan ini. Ini adalah kumpulan dokumen teks dan sumber daya lainnya, yang dihubungkan oleh hyperlink dan URL, biasanya diakses oleh web browser , dari server web
Menghubungkan antar halaman
Sebagian besar halaman web berisi hyperlink ke halaman terkait lainnya dan mungkin untuk file download, dokumen sumber, definisi dan sumber daya lainnya web. Dalam HTML baca juga Pengertian dan Sejarah HTML Lengkap yang mendasari, hyperlink terlihat seperti ini: 
< a href = "http://www.example.org/home.html" > Example.org Homepage </ a >

Representasi grafis dari fraksi menit dari WWW

Seperti koleksi yang berguna sumber daya, terkait, saling berhubungan melalui link hypertext dijuluki web informasi. Publikasi di Internet menciptakan apa Tim Berners-Lee pertama disebut WorldWideWeb (dalam aslinya CamelCase , yang kemudian dibuang) pada bulan November 1990. Struktur hyperlink dari WWW digambarkan oleh webgraph : node dari webgraph yang sesuai dengan halaman web (atau URL) tepi diarahkan antara mereka untuk hyperlink tersebut.

Seiring waktu, banyak sumber daya web ditunjukkan oleh hyperlink menghilang, pindah, atau diganti dengan isi yang berbeda. Hal ini membuat hyperlink usang, fenomena tersebut sering disebut link membusuk, dan hyperlink terpengaruh oleh itu sering disebut link mati . Sifat fana dari Web telah mendorong berbagai upaya untuk arsip situs web. The Internet Archive , aktif sejak tahun 1996, adalah yang paling terkenal dari upaya tersebut.

Pembaruan dinamis halaman web

JavaScript adalah bahasa scripting yang awalnya dikembangkan pada tahun 1995 oleh Brendan Eich, maka dari Netscape, untuk digunakan dalam halaman web. Versi standar adalah ECMAScript. Untuk membuat halaman web lebih interaktif, beberapa aplikasi web juga menggunakan JavaScript teknik seperti Ajax ( asynchronous JavaScript dan XML ). 

Script Client-side dijelaskan dengan halaman yang dapat membuat permintaan HTTP tambahan ke server, baik dalam menanggapi tindakan pengguna seperti gerakan mouse atau klik, atau berdasarkan waktu yang telah berlalu. respon server digunakan untuk memodifikasi halaman saat ini daripada membuat halaman baru dengan setiap respon, sehingga server hanya perlu menyediakan terbatas, informasi tambahan. 

Beberapa permintaan Ajax dapat ditangani pada saat yang sama, dan pengguna dapat berinteraksi dengan halaman sedangkan data diambil. Halaman web juga dapat teratur polling server untuk memeriksa apakah informasi baru tersedia.

WWW prefix

Banyak nama host yang digunakan untuk World Wide Web dimulai dengan www karena praktek lama penamaan host internet sesuai dengan layanan yang mereka sediakan. The hostname dari web server sering www, dengan cara yang sama yang mungkin ftp untuk FTP server , dan berita atau NNTP untuk USENET server berita . Baca juga yaaa!  Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan
Nama host ini muncul sebagai Domain Name System (DNS) atau subdomain nama, seperti di www.example.com. Penggunaan www tidak diperlukan oleh standar teknis atau kebijakan dan banyak situs web tidak menggunakannya; memang, yang pertama web server disebut nxoc01.cern.ch.

Menurut Paolo Palazzi, yang bekerja di CERN bersama dengan Tim Berners-Lee, penggunaan populer dari www sebagai subdomain itu disengaja; halaman proyek World Wide Web dimaksudkan untuk dipublikasikan di www.cern.ch sementara info.cern.ch ini dimaksudkan untuk menjadi halaman rumah CERN, namun catatan DNS tidak pernah beralih, dan praktek mengawali www ke situs web institusi ini nama domain kemudian disalin. 

Banyak situs yang didirikan masih menggunakan awalan, atau mereka mempekerjakan nama subdomain lain seperti www2, aman atau en untuk tujuan khusus. Banyak server web tersebut diatur sehingga kedua nama domain utama (misalnya, example.com) dan subdomain www (misalnya, www.example.com) merujuk ke situs yang sama; lainnya memerlukan satu bentuk atau yang lain, atau mereka mungkin peta ke situs web yang berbeda.

Skema specifier

Skema specifier http: // dan https: // di awal web URI mengacu Hypertext Transfer Protocol atau HTTP Aman , masing-masing. Mereka menentukan protokol komunikasi yang akan digunakan untuk permintaan dan respon. Protokol HTTP merupakan dasar operasi dari World Wide Web, dan menambahkan enkripsi lapisan di HTTPS adalah penting ketika browser mengirim atau mengambil data rahasia, seperti password atau informasi perbankan. Web browser biasanya secara otomatis tambahkan http: // ke pengguna memasuki URI, jika dihilangkan.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian World Wide Web Kegunaan dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar