Rabu, 04 Mei 2016

Pengertian Homepage Dan Fungsinya

Pengertian Homepage Dan Fungsinya - Home page atau indeks halaman adalah awal atau halaman utama web dari situs. Hal ini kadang-kadang juga disebut halaman depan atau halaman utama, atau ditulis sebagai beranda.

Home page biasanya adalah halaman utama pengunjung menavigasi ke situs web dari mesin pencari untuk melihat, dan juga dapat berfungsi sebagai halaman arahan untuk menarik perhatian pengunjung. Home page digunakan untuk memudahkan navigasi ke halaman lain di situs yang sama, dengan memberikan link ke artikel penting dan baru-baru ini di posting, dan mungkin kotak pencarian. baca juga Sejarah Perkembangan World Wide Web

Definisi Atau Pengertian Homepage Dan Fungsinya
Sebagai contoh, sebuah situs berita dapat menyajikan berita dan paragraf pertama cerita atas, dengan link ke artikel penuh, dalam halaman web dinamis yang mencerminkan popularitas dan recentness cerita. Sebuah situs web mungkin memiliki beberapa halaman rumah, meskipun sebagian besar memiliki satu. pintarkomputer misalnya, memiliki  homepage di pintarkomputer.net, serta homepage bahasa Indonesia.

Struktur Situs

Sebagian besar situs memiliki  homepage dengan halaman konten yang mendasari situs tersebut, meskipun beberapa situs hanya berisi satu halaman. URL dari  homepage kebanyakan terbentuk dari http: //domain.tld/index.htm atau http: //domain.tld/default.htm, di mana TLD mengacu pada top- level domain yang digunakan oleh website. 

Namun, jika /index.htm atau /default.htm diabaikan, server yang akan tetap melayani halaman. 
Jika  homepage index.htm belum dibuat untuk situs web, banyak server web akan gagal menampilkan daftar file yang berada di direktori situs, jika pengaturan keamanan izin direktori belum di setting. Daftar ini akan mencakup hyperlink ke file, memungkinkan untuk sederhana berbagi file dengan tidak menjadikan file indeks yang terpisah. baca selengkapnya Apa itu Backlink Dari backlink Pengertian dari Backlink

Sejarah  Homepage

Pada awal kemunculan World Wide Web di paruh pertama tahun 1990-an, merupakan bagian penting dari halaman Web milik siswa atau guru dengan UNIX akun di universitas mereka. Sistem administrator sistem tersebut dipasang sebuah HTTP server menunjuk pada direktori root untuk direktori yang berisi pengguna akun. 

Pada UNIX, direktori dasar dari akun disebut  homepage, dan HOME variabel lingkungan mengandung jalurnya (misalnya /home/nom_de_login ). URL halaman rumah biasanya memiliki format http://departement.universite.edu/~nom_de_login/. 

Sehingga halaman rumah jangka muncul dan kemudian menyebar ke penggunaan saat ini. Karena munculnya media sosial situs, halaman rumah pribadi tidak lagi biasa seperti pada 1990-an dan 2000-an

Kegunaan Homepage

Sebuah halaman rumah juga dapat merujuk ke halaman pertama yang muncul saat membuka sebuah web browser, kadang-kadang disebut halaman awal, meskipun halaman rumah dari sebuah situs web dapat digunakan sebagai halaman awal. 

Halaman awal ini bisa menjadi sebuah website, atau dapat menjadi sebuah halaman dengan berbagai fungsi browser seperti tampilan thumbnail dari situs yang sering dikunjungi. Beberapa situs dapat diatur sebagai halaman awal, untuk membuka di berbagai tab. baca selengkapnya Perangkat Lunak Untuk Akses Internet beserta Gambarnya

Beberapa situs web dimaksudkan untuk digunakan sebagai halaman awal, seperti Google, My Yahoo!, dan MSN.com, dan menyediakan link ke layanan seperti yang biasa digunakan webmail dan perkiraan cuaca secara online.

Sebuah halaman web pribadi juga biasa disebut halaman rumah, meskipun situs tersebut dapat berisi banyak halaman. Di Jerman istilah "Homepage" sering digunakan sebagai sinonim untuk istilah "Situs web". Sebuah  homepage juga dapat digunakan di luar konteks web browser, seperti untuk merujuk ke layar utama dari antarmuka pengguna, sering disebut sebagai home screen pada perangkat mobile seperti ponsel.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Homepage Dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar