Senin, 30 Mei 2016

Pengertian CD/DVD ROM dan Flash Drive

Pengertian CD, DVD, dan Flash Drive - Ketiga alat tersebut adlah termasuk dalam perangkat keras storage dan juga bisa termasuk kedalam peripheral komputer juga. bila dilihat dari fungsi nya semuanya memiliki kesamaan yaitu sbagai media penyimpanan data. Namun ketiganya memiliki perbedaan mulai dari bentuk ukuran maupun kapasitasnya. Baca selengkapnya Pengertian Media Penyimpanan (STORAGE) Fungsi dan Contohnya


Berikut ini adalah Pengertian dari CD, DVD, dan Flash Drive :

CD

Kepanjangan dari cd adalah Compack Disk, yaitu media penyimpanan data komputer yang berbentuk piringan sebagai tempt penyipanan digital, Compact Disc (CD) adalah cakram optik penyimpanan data digital. awalnya dikembangkan untuk menyimpan dan bermain hanya rekaman suara tapi kemudian diadaptasi untuk penyimpanan data (CD-ROM). 

Beberapa format lain yang lebih berasal dari ini, termasuk write-sekali audio dan penyimpanan data (CD-R), media rewritable (CD-RW), Video Compact Disc (VCD), Super Video Compact Disc (SVCD), Photo CD, PictureCD , CD-i, dan Enhanced CD Musik. CD audio dan pemutar CD audio yang telah tersedia secara komersial sejak Oktober 1982.

CD standar memiliki diameter 120 milimeter (4,7 in) dan dapat menyimpan hingga sekitar 80 menit audio terkompresi atau sekitar 700 MiB data. Mini CD memiliki berbagai diameter mulai 60 sampai 80 milimeter, cd juga terkadang digunakan untuk single CD, menyimpan hingga 24 menit audio, atau memberikan driver perangkat. Baca juga Artikel tentang Pengertian dan Macam Macam Perpheral Beserta Contohnya

Pada saat pengenalan teknologi ini pada tahun 1982, CD memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dari hard drive komputer pribadi. Pada tahun 2010, hard drive biasa memiliki kapasitas melebihi orang-orang dari CD dengan faktor beberapa ribu.

DVD

DVD ("digital versatile disc" atau "disk video digital") adalah cakram optik penyimpanan digital diciptakan dan dikembangkan oleh Philips, Sony, Toshiba, dan Panasonic pada tahun 1995. Dvd dapat menyimpan jenis data digital dan secara luas digunakan untuk perangkat lunak dan file komputer lainnya serta program video yang ditonton menggunakan pemutar DVD. DVD menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi di banding compact disc CD.

DVD kosong disc recordable (DVD-R dan DVD + R) tercatat pernah menggunakan perekam DVD dan kemudian berfungsi sebagai DVD-ROM. DVD rewritable (DVD-RW, DVD + RW, dan DVD-RAM) dapat direkam dan terhapus berkali-kali.

DVD digunakan di konsumen video format DVD-Video digital dan DVD-Audio Format audio digital serta untuk authoring cakram DVD ditulis dalam format AVCHD khusus untuk menahan bahan tinggi. DVD yang berisi jenis informasi lainnya disebut sebagai cakram DVD data.

Flash Drive

Sebuah USB flash drive atau Flashdisk adalah perangkat penyimpanan data yang meliputi memori flash dengan antarmuka USB yang terintegrasi melalui USB, ukuran flashdisk jauh lebih kecil dari cakram optik. Kebanyakan berat kurang dari 30 gram. Untuk ukuran kapasitasnya Pada Januari 2013 Flash disk drive telah diremkikan dan mencapai ukuran hingga 512 GB.

fungsi dari flash disk hampirsama dengan ploppy disk atau CD, yaitu sebagai media penyimpanan dan back-up data serta transfer file komputer. Anda skarang sudah dimudahkan dengan adannya sebuah flashdisk anda dapat menyimpan atau mem bake-up file sesuka anda, dengan ukuranya yang kecil namun kapasitasnya besar anda tidak akan lagi repot membawa sebuah flashdisk.  Baca juga  tentang Pengertian Fungsi Hardisk Internal dan Hardisk Eksternal Serta Kegunaannya
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian CD/DVD ROM dan Flash Drive

0 komentar:

Posting Komentar