Jumat, 06 Mei 2016

Pengertian Fungsi dan Kegunaan Domain

Fungsi dan Kegunaan Domain - Domain adalah sebuah nama atau identitas yang mendefinisikan wilayah, otonomi, dan administrasi, wewenang atau kontrol dalam Internet. Nama domain dibentuk oleh aturan dan prosedur dari Domain Name System (DNS). nama apapun yang terdaftar di DNS adalah nama domain. baca selengkapnya

Domain yang digunakan dalam berbagai konteks jaringan dan aplikasi adalah tujuan dari pengalamatan sebuah jaringan tau website. Secara umum, nama domain merupakan Internet Protocol (IP) penyedia layanan, seperti komputer pribadi yang digunakan untuk mengakses Internet, komputer server hosting situs web, atau situs web sendiri atau layanan lainnya di koneksikan melalui Internet. Pada tahun 2015, hampir 294 juta nama domain telah terdaftar. baca selengkapnya Pengertian Internet dan Manfaatnya

Pengertian Fungsi dan Kegunaan Domain

Pendaftaran nama domain biasanya dikelola oleh programer domain yang menjual jasa mereka kepada publik. Sebuah domain berkualitas dan lengkap adalah domain yang benar-benar ditentukan dengan semua label pada DNS, atau tidak memiliki bagian yang dihilangkan. 

Label di Domain Name System adalah case-sensitive, oleh karena itu dapat ditulis dalam metode kapitalisasi yang diinginkan, tetapi paling sering nama domain yang ditulis dalam huruf kecil dalam bagian teknis domain tersebut.

domain berfungsi untuk mengidentifikasi sumber daya internet, seperti komputer, jaringan, dan layanan, dengan label berbasis teks yang lebih mudah diingat dari alamat numerik yang digunakan dalam protokol Internet. Sebuah nama domain dapat mewakili seluruh koleksi sumber daya atau individu. baca juga Pengertian Internet Protokol (IP) Beserta Sifatnya

Individu Internet komputer host menggunakan domain sebagai identitas home page, atau juga bisa disebut host name. Istilah Host Name juga digunakan untuk label dalam sistem domain. Host Name muncul sebagai komponen dalam Uniform Resource Locator (URL) untuk sumber daya Internet seperti situs web (Pintarkomputer.net).

Nama domain juga digunakan sebagai label identifikasi sederhana untuk menunjukkan kepemilikan atau kontrol terhadap sumber daya. Contoh mengidentifikasi kegunaan dalam Session Initiation Protocol (SIP), dengan Keys Domain digunakan untuk memperifikasi domain DNS di e-mail, dan dalam Uniform Resource Identifier (URI).

Fungsi penting dari nama domain adalah untuk memberikan nama dengan mudah dikenali dan memorizable untuk numerik ditangani sumber daya internet. Abstraksi ini memungkinkan sumber daya apapun untuk dipindahkan ke lokasi fisik yang berbeda di alamat topologi jaringan, secara global atau secara lokal di intranet. 

Langkah tersebut biasanya membutuhkan mengubah alamat IP dari sumber daya dan yang sesuai terjemahan alamat IP ini untuk dan dari nama domainnya. Nama domain yang digunakan untuk membangun identitas yang unik. Organisasi dapat memilih nama domain yang sesuai dengan nama mereka, membantu pengguna internet untuk menjangkau mereka dengan mudah.


Sebuah domain biasanya adalah nama yang mendefinisikan kategori umum,  misalnya, nama sebuah industri, bukan nama perusahaan. Beberapa contoh nama generik books.com, music.com, dan travel.info. Perusahaan telah menciptakan merek berdasarkan nama generik, dan nama domain generik tersebut mungkin berharga.

Nama domain sering disebut sebagai domain dan perogamer nama domain yang juga sering disebut sebagai pemilik domain, meskipun nama domain pendaftaran dengan registrar tidak memberi setiap kepemilikan yang sah dari nama domain, hanya hak eksklusif penggunaan untuk durasi tertentu. Penggunaan nama domain dalam perdagangan mungkin hanya menunjukan merek dagang itu sendiri. baca lebih lengkap Definisi Atau Pengertian Web Page atau Halaman Web
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Fungsi dan Kegunaan Domain

0 komentar:

Posting Komentar