Selasa, 10 Mei 2016

Pengertian Fungsi dan Kegunaan Hyperlink Dalam Internet

Pengertian Hyperlink Dalam Internet - Hyperlink adalah referensi untuk data yang dapat langsung mengunjungi halaman web dengan mengkliknya, Sebuah hyperlink adalah poin untuk seluruh dokumen atau elemen tertentu dalam artikel web. Hypertext adalah teks dengan hyperlink. Sebuah sistem software yang digunakan untuk melihat dan menciptakan hypertext adalah sistem hypertext. Baca selengkapnya Pengertian dan Fungsi HTML (Hyper Text Markup Language)

Sebuah hyperlink memiliki anchor, yang merupakan lokasi dalam jenis tertentu dari dokumen yang hyperlinknya  dapat diikuti hanya dari homepage. Dokumen yang berisi hyperlink dikenal sebagai sumber dokumen. 

Sebagai contoh, dalam sebuah karya referensi online seperti pintarkomputer, banyak kata dan istilah dalam teks adalah hyperlink ke inti dari istilah-istilah tersebut. Hyperlink sering digunakan untuk melakukan referensi mekanisme, seperti daftar isi, catatan kaki, biografi, indeks, surat, dan glosarium. Dalam beberapa hypertext, hyperlink bisa dua arah mereka dapat diikuti di dua arah, sehingga kedua ujungnya bertindak sebagai anchor dan sebagai target.
Pengertian Fungsi dan Kegunaan Hyperlink Dalam Internet

Pengaruh hyperlink mungkin berbeda dengan sistem hypertext dan kadang-kadang tergantung pada link itu sendiri. Misalnya, di World Wide Web, yang menyebabkan dokumen berubah ketika dokumen sedang ditampilkan, tapi beberapa ditandai pada dokumen target untuk membuka di jendela baru.  Baca juga Sejarah Perkembangan World Wide Web

Kemungkinan lain adalah transclusion, dengan target link adalah dokumen fragmen yang menggantikan link anchor dalam dokumen sumber. Tidak hanya mengikuti hyperlink mereka juga dapat diikuti secara otomatis oleh program. Sebuah program yang melintasi hypertext, mengikuti setiap hyperlink dan mengumpulkan semua dokumen yang diambil dikenal sebagai laba-laba Web atau crawler.
Ada beberapa jenis hiperlink diantaranya :

HiperLink Inline

Sebuah link in line menampilkan konten jauh tanpa perlu embedding konten. Dapat diakses dengan atau tanpa memilih link. Link inline mungkin menampilkan versi modifikasi dari konten. Misalnya, bukan gambar, thumbnail, resolusi rendah pratinjau, dipotong bagian, atau diperbesar bagian dapat ditampilkan. Isi penuh maka biasanya tersedia pada permintaan, seperti halnya dengan penerbitan cetak software. 

Misalnya dengan tautan eksternal, Hal ini memungkinkan untuk ukuran file yang lebih kecil dan respon lebih cepat terhadap perubahan ketika konten terkait penuh tidak diperlukan, seperti yang terjadi ketika menata ulang suatu tata letak halaman.

Anchor HiperLink

Anchor hyperlink adalah link terikat sebagian dari teks dokumen umum. Misalnya, atau menjadi daerah panas di gambar (gambar peta di HTML), yang ditunjuk, bagian sering tidak teratur dari suatu gambar. Salah satu cara untuk mendefinisikannya adalah dengan daftar koordinat yang menunjukkan batas-batasnya. 

Misalnya, peta politik Afrika mungkin memiliki masing-masing negara hyperlink ke informasi lebih lanjut tentang negara itu. Sebuah antarmuka daerah panas terlihat terpisah memungkinkan untuk bertukar kulit atau label dalam tempat yang panas terkait tanpa embedding berulang link di berbagai elemen kulit.

Hyperlink di berbagai teknologi

  • Hyperlink di HTML
Tim Berners-Lee melihat kemungkinan menggunakan hyperlink untuk menghubungkan informasi ke informasi lain melalui Internet. Hyperlink karenanya integral dari penciptaan World Wide Web. Halaman web yang ditulis dalam hypertext mark-up language HTML.baca selengkapnya Pengertian dan Sejarah HTML Lengkap
  • Hyperlink dalam teknologi dokumen lain
Hyperlink digunakan dalam protokol Gopher, editor teks, dokumen PDF, bantuan sistem seperti Windows Help, pengolah kata dokumen, spreadsheet, Apel 's HyperCard dan banyak tempat lainnya.
  • Hyperlink di dunia maya
Hyperlink sedang dilaksanakan di berbagai 3D dunia maya jaringan, termasuk yang memanfaatkan OpenSimulator dan Buka Cobalt platform.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Fungsi dan Kegunaan Hyperlink Dalam Internet

0 komentar:

Posting Komentar