Sabtu, 21 Mei 2016

Media Penyimpan Data (Storage Device)

Media Penyimpan Data (Storage Device) - storage device atau sering juga disebut sebagai media atau perangkat penyimpanan dari komputer dengan media ini sebuah komputer dapat menyimpan data karena adanya media penyimpanan. Fungsi dari media penyimpanan adalah sebagai perangkat tempat file atau data atau sofware disimpan. media penyimpanan juga tidak hanya menyimpan file ataupun data karena media penyimpanan mempunyai beberapa Jenis seperti Primary, Lgikal, ntfs, FAT, dan lainya. 
Pengertian Media Penyimpanan (STORAGE) Fungsi dan Contohnya

adapun contoh dari media penyimpanan terbagi menjadi dua bagian yaitu yang eksternal, dan internal. Internal adalah media penyimpanann data yang gunanya sebagai tempat penyimpanan data atau file dengan tempatnya berada di dalam pc dan terhubung langsung. sedangkan media penyimpanan Eksternal adalah tempat penyimpanan yang terhuhung namun bukan bagin inti dari komputer tersebut. Baca selengkapnya Pengertian Hardisk Komputer

contoh media penyimpanan Internal

Hard Disk

Hard Disk adalah Penyimpan Eksternal yang umum digunakan dalam sistem komputer. Karena harddisk biasanya adalah tempat penyimpanan sofware atau os yang di instalkan.

Disket

Sama seperti hard disk, disket juga berupa piringan magnetik. Peranti ini dirancang untuk memudahkan pemindahan data dari satu komputer ke komputer lain yang tidak saling terkoneksi dalam jaringan.
Contoh media penyimpanan eksternal. 

CD

CD atau Compact Disk meruapakn salah satu media penyimpan eksternal yang berupa piringan optik, yang menggunakan sinar laser untuk penulisan dan pembacaan data.

DVD

DVD atau digital Video Disc merupakan teknologi piringan optik kedua setelah CD. Namun DVD memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar daripada CD.

Pita Magnetik

Media penyimpanan pita magnetik atau disebut magnetic tape terbuat dari bahan magnetik yang dilapiskan pada plastik tipis, seperti pita pada pita kaset.

Flas Disk

Flask Disk atau kadang disebut flash drive merupakan media penyimpan eksternal yang fungsinya sama dengan hardisk.
Baca artikel yang lain tentang Pengertian Input Device Fungsi dan Contohnya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Media Penyimpan Data (Storage Device)

2 komentar: