Senin, 16 Mei 2016

Pengertian Prangkat Keras Fungsi Dan Jenisnya

Pengertian Prangkat Keras Fungsi Dan Jenisnya - perangkat keras adalah salah satu bagian penting dalam komputer, karena tanpa perangkat keras sebuah sistem tidak akan bisa berjalan dengan maksimal bahkan tidak akan berjalan sama sekali. Pengertian perangkat keras secara umum adalah perangkat atau alat yang di operasikan atau di jalankan sebagai pendukung atau penghubung antara perangkat lunak dengan user (Brianware) baik itu input, autput, proses, maupun periperal.
perangkat keras juga terbagi beberapa bagian tergantung fungsi da kegunaannya sendiri, sehingga prangkat keras di kelasipikasikan sebagai berikut.

Input Device

Input Device adalah alat masukan komputer dengan input device sebuah progam atau sofwar dapta di jalankan tapi tidak semua perangkat lunak dapat di jalankan dengan input device karana input device hanya bisa berjalan atau hanya suport dengan sebagian program saja.

Seperti pointer yang hanya bisa di jalankan dan digerakan dengan mouse atau touchpad saja, dan hurup atau angka hanya bisa di jalankan dengan keyboard, demikian juga dengan suara atau audio kita bisa menyampaikan sebuah audio dengan sebuah micropone dan sebagainya. Baca juga artikel terkait Perangkat Keras Komputer Lengkap

Output Depice

Autput Device adalah alat pengeluaran komputer baik itu grafis, suara, dokumen, video, audio, dal lainnya. Seperti halnya monitor, monitor mengeluarkan grafis atau gambar dari sebuah komputer, sepeaker yang mengelurkan audio atau suara, printer yang mencetak dokumen atau gambar, proyektor yang mengeluarkan video grafis dari monitor, dan lainya. Baca selengkapnya Pengertian dan Jenis-Jenis Monitor

Proses Device

Proses Device adslah perangkat yang memperoses semua aktipitas dari sebuah komputer baik itu input atau pun autput, tanpa perangkat peroses komputer tidak akan berjalan karena mulai dari input sampai autput membutuhkan sebuah alat dalam memproses jalannya input menuju autput.

Contoh : Kita akan mengoprasikan kursor untuk mrng klik atau memindahkan sesuatu dengan penggerakan atau menekan slah satu dari tombol di mouse dari grakan, mouse akan mengirimkan perintah kepada prosessor untuk bergerak.

Selanjutnya sebelum kursor bergerak prosessor akan memprosess printah dari mouse melaui kabel ataupun wireles dan menyampaikan pada monitor dan monitor akan menapilkan apa yang tadi diperintahkan. sehingga antara Input-Prosess-Autput tidak bisa di pisahkan semuanya saling berkaitan.

Storage Device

Storage Device adalah perangkat penyimpanan komputer karena sebuah komputer tampa ada media penyimpanan tidak akan berjalan secara maksimal juga, storage device juga berfumgsi sebagai media penyimpanan masal baik itu permanen maupun yang sementara.

Periperal

Periperal adalah sebuah perangkat tambahan komputer yang di gunakan sebagai pendukung dari perangkat lain. Periperal juga berfungsi sebagai perangkat pengoptimalisasi dari sebuah harware sebagai contoh modem dipakai sebagai perangkat tambahan dalam mengoptimalkan sebuah jaringan.

dari pernyataan di atas dapat di simpulkan bahwa sebuah komputer di bangun dari beberapa perangkat keras yang masing" memiliki fungsi sendiri, perangkat tersebut dibagi berdasarkanfungsinya seperti Input (Alat Masukan), Autput (Alat Keluaran), Prosses (Alat Pemproses), Storage (Alat Penyimpanan), dan Periperal (Alat Tambahan). Baca juga Pengertian RAM dan Fungsinya
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Prangkat Keras Fungsi Dan Jenisnya

0 komentar:

Posting Komentar