Rabu, 11 Mei 2016

Printer Fungsi dan Jenisnya

Printer Fungsi dan Jenisnya - secara umum printer dikenal sebagai sebuah alat yang digunakan untuk mencetak dokumen atau gambar dari komputer, dengan printer seseorang akan mencetak hard copy dari sebuah dokumen atau gambar sehingga dia tidak perlu takut kehilangan dokumen atau gambar tersebut. baca juga Masalah-Masalah Yang Terjadi Pada Printer

sejak awal kemunculannya printer sudah menjadi kebutuhan untuk perorangan, sekola, kelompok, maupun industri. Namun pada awalnya printer hanya di miliki oles orang kaya saja karena harganya yang mahal tapi untuk sekarang printer dapat di gunakan oleh berbagai semua orang meskipun tidak memillikinya.
Pengertian Fungsi Dan Jenis-Jenis Printer Beserta Gambarnya

karena sekarang printer sudah menjadi kebutuhan tersendiri untuk masyarakat meskipun disamping sembako karena printer sekarang bukan hanya sebagai alat cetak melainkan sekanrang printer juga dipakai sebagai alat bisnis. Baca artikel lain tentang Perangkat Keras Komputer Lengkap Gambar dan Fungsinya

Jenis-jenis Printer

  • Printer Dot Matrix
Printer Dot Matrix adalah printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakan, shingga hasil cetak dari printer dot matrix agak kasar dan kurang bagus. Dengan menggunakan printer ini mencetakan dapat langsung ssatukan dengan karbon.

karena sistem pencetakannya masih menggunakan sistem ketukan. karena alat pencetaknya pita maka warna yang dapat dihasilkan pun tidak bervariasi. Hanya hitam, biru, dan merah saja, dan jarang sekali yang dapat menggunakan ketiga warna ini secara sekaligus.


Resolusi cetaknya masih sangat rendah, karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling terhubung. Kecepatannya juga tegantung jumlah karakter yang bisa dicetak per detik dengan satuan cps (character per second). Beberapa printer jenis ini berkecepatan 500 cps.
  • Printer InkJet
Inkjet Printer adalah alat cetak yang menggunakan tinta untuk mencetak. Inkjet yang tersedia di pasaran saat ini memiliki kemampuan untuk mencetak sampai ukuran kertas yang sangat besar, dan dengan kualitas yang sangat baik.

Resolusi printer inkjet saat ini dapat mencapai 5760×1440 dpi. Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil.

Teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas, panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. Karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya agak basah sehingga harus didiamkan beberapa saat agar supaya kering dulu.
  • Printer Laser Jet
LaserJet merupakan jenis printer yang paling bagus kualitasnya di banding dua jenis printer sebelumnya. Alat mencetaknya tidak menggunakan tinta melainkan menggunakan bubuk toner dan pencetakan menggunakan infra merah.

Printer ini juga menawarkan kecepatan pencetakan yang tinggi. Bahkan mesin yang tergolong kelas rendah dari golongan laser inipun masih memiliki kecepatan yang tinggi dibandingkan dengan printer Ink Jet atau Dot Matrix. Minimal dua kali lebih cepat dari printer inkjet.

Kerja printer laser mirip dengan mesin fotocopy, yaitu menggunakan photographic drum. Kualitas cetakan yang dihasilkan selain cepat juga cukup tajam. Namun dengan harganya yang mahal sehingga orang tidak banyak yang menggunakan, kebanyakan pengguna printer inni adalah perkantoran, industri besar dll.baca juga  Macam-macam Perangkat Keras Komputer
  • Thermal Printer
Thermal printer Sama seperti namanya, thermal printer menggunakan panas untuk mencetak diatas kertas, bukan cartridge tinta yang biasa digunakan oleh printer jenis lainnya. Dengan teknologi ini, membuat thermal printer tidak bising (malahan beberapa jenis tidak mengeluarkan suara).


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Printer Fungsi dan Jenisnya

0 komentar:

Posting Komentar