Senin, 06 Juni 2016

Bagian-Bagian Motherboard Beserta Fungsinya

Bagian-Bagian Motherboard Beserta Fungsinya - Komponen penting dari motherboard adalah pendukung prosesor chipset, yang menyediakan dukungan antarmuka antara CPU dan komponen eksternal. chipset ini menentukan, ke mana, fitur dan kemampuan dari motherboard Komputer.  Bac juga Pengertian Proses Device dan Fungsinya
Berukut merupakan beberapa komponen dari motherboard :


  • Sockets (atau slot) di mana prosesor diletakan. biasanya socket CPU sudah terpasang dan satu paket, seperti VIA C3 , CPU secara langsung disolder ke motherboard.
  • Slot memori utama atau RAM, biasanya dalam bentuk DIMM modul yang berisi DRAM chip
  • Sebuah chipset yang membentuk sebuah antarmuka antara CPU front-side bus , memori utama, dan bus perifer
  • Non-volatile memori chip, flash ROM di motherboard yang berisi sistem firmware atau BIOS
  • Sebuah clock generator yang menghasilkan sistem sinyal clock untuk menyinkronkan berbagai komponen
  • Slot untuk kartu ekspansi antarmuka ke sistem melalui bus didukung oleh chipset
  • Catu daya, yang menerima daya listrik dari power supply komputer dan mendistribusikannya ke cpu, chipset, memori utama, dan ekspansi. 

         Pada tahun 2007, beberapa kartu grafis misalnya GeForce 8 dan Radeon R600 membutuhkan daya   lebih dari motherboard dapat memberikan, dan konektor sehingga berdedikasi telah diperkenalkan untuk melampirkan langsung ke power supply. 

Konektor untuk hardisk drive, biasanya SATA saja. Disk drive juga terhubung ke catu daya.
Selain itu, hampir semua motherboard menyertakan logika dan konektor untuk mendukung perangkat input yang umum digunakan, seperti USB untuk perangkat mouse dan keyboard . 

Awal komputer pribadi seperti Apple II atau IBM PC hanya termasuk perangkat ini dukungan minimal pada motherboard. Kadang video antarmuka hardware juga terintegrasi ke dalam motherboard; misalnya, pada Apple II dan jarang pada komputer IBM-kompatibel seperti IBM PC Jr . peripheral tambahan seperti kontroler disk dan port serial yang disediakan sebagai kartu ekspansi.

Mengingat tingginya daya desain thermal berkecepatan tinggi CPU dan komponen komputer, motherboard modern hampir selalu menyertakan heat sink dan mounting untuk penggemar untuk mengusir panas berlebih.
Motherboard diproduksi dalam berbagai ukuran dan bentuk yang disebut faktor bentuk komputer, beberapa di antaranya khusus untuk produsen komputer individu. 

Namun, motherboard yang digunakan dalam sistem IBM-kompatibel dirancang untuk memenuhi berbagai kasus ukuran. Pada 2007 , paling desktop komputer motherboard menggunakan ATX bentuk standar faktor - bahkan yang ditemukan di Macintosh dan Sun komputer, yang belum dibangun dari komponen komoditas. 

Kasus ini motherboard dan PSU faktor bentuk semua harus pertandingan, meskipun beberapa motherboard faktor bentuk yang lebih kecil dari keluarga yang sama akan cocok kasus yang lebih besar. Sebagai contoh, kasus ATX biasanya akan mengakomodasi microATX motherboard. 

Laptop komputer umumnya sangat terpadu, miniatur dan disesuaikan motherboard. Ini adalah salah satu alasan bahwa komputer laptop yang sulit untuk meng-upgrade dan mahal untuk memperbaiki. Seringkali kegagalan satu komponen laptop memerlukan penggantian seluruh motherboard, yang biasanya lebih mahal daripada desktop Motherboard karena banyaknya komponen yang terintegrasi dan bentuk adat mereka dan ukuran.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bagian-Bagian Motherboard Beserta Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar