Jumat, 03 Juni 2016

Pengertian Keyboard Komputer Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Keyboard Komputer Fungsi dan Jenisnya - keyboard komputer adalah sebuah perangkat input komputer yang memiliki kegunaan sebagai alat pengetik sebuah teks atau alat masukan sebuah bomputer dengan carakerja sebagai beriku. Baca selengkapnya Pengertian Input Device Fungsi dan Jenisnya

Cara kerja sebuh keyboard berasal dari sebuah papan di dalam keyboard papan tersebut merespon sebuah sentuhan ataupun tekanan sehingga akan di alirkan melalui kabelkepada komputer.
kegunaan keyboard tidak hanya sebagai mesin tik saja tetapi unuk saat ini keyboard juga berfungsi sebagai alat pengoperasi komputer fungsinya bisa di pakai seperti halnya mous tetapi keyboard tidak bisa menggerakan sebuah pointer.

untuk saat ini kiboard memiliki banyak jenisnya seperti beberapa keyboard berikut.

KEYBOARD SERIAL

Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada computer tipe AT, atau juga komputer yagn masih pentium.

KEYBOARD PS/2

Biasanya digunakan pada computer ATX, dan saat ini penggunaannya sudah berkurang kerena adanya keyboard jenis USB. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilakukan dengan cermat, sebab port yg dimiliki sama dengan port untuk mouse. gambar dibawah ini adalah port dan keyboard jenis PS/2.

KEYBOARD USB

Komputer terbaru saat ini sudah banyak menggunakan jenis konektor USB adalah jenis keyboard generasi terbaru. Bentuknya sangat fleksibel dan cenderung bias dibawa kemana pun. Keyboard jenis ini bias digolongkan sebagai keyboard portable. Umumnya terbuat dari karet, dan pasti kedap air. Gambar dari keyboard USB bisa dilihat dibawah ini.

KEYBOARD WIRELESS

Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan computer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau Bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan computer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangakan penerima biasanya dipasangkan pada port USB atau serial pada CPU. Gambar dibawah ini adalah gambar keyboard jenis wireless beserta dengan mouse optic.
Baca artikel Lebih lengkapnya :

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Keyboard Komputer Fungsi dan Jenisnya

0 komentar:

Posting Komentar