Sabtu, 11 Juni 2016

Pengertian Komunikasi Data dan Jenisnya

Pengertian Komunikasi Data dan Jenisnya - komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data atau informasi dari dua atau lebih perangkat komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan, dan saling bertukar informasi dalam satu waktu ataupun berbeda waktu. dan komunikasi yang terjadi bisa pada jaringan komputer lokal maupun interlokal sepeti internet.

komunikas data juga dapat di artikan sebagai transmisi data elektronik melalui beberapa media baik itu dari yang berjenis nirkabel maupun berkabel. Komunikasi data yang terjadi dalam jaringan nisrkabel seprti pada wifi, dan komunikasi yang terjadi pada jaringan yang berkabel seperti beberaa jenis topologi jaringan baik itu LAN maupun WAN. Sistem yang mungkin terjadinya transmisi data sering disebut sebagai jaringan komunikasi data. Baca selengkapnya Pengertian Jaringan WAN dan Fungsinya


Seperti yang telah disebutkan di atas cara nya sebuah alat berkomunikasi data terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

Melalui Infrastruktur Terestrial
Menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. media kabel berfungsi sebagai penghubung komunikasi atau jalur komunikasi, contoh komunikasi jaringan yang menggunakan kabel yaitu jaringan LAN yang ada di warnet, sekola, yang menggunakan nya untuk koneksi interrnet dan lainnya.  Baca selengkapnya Manfaat Internet secara Umum

Adapun Media Nirkabel sebagai jalur penghubungnya digunakan sebuah sinyal atau glombang radio. Contoh nya seperti koneksi Wifi, Bluetooth, Infra Merah, dan lainnya. Namun keduanya bentuk komunikasi jaringan tersebut Membutuhkan biaya yang cukup tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Berikut merupakan Beberapa layanan yang termasuk teresterial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame Relay, VPN MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP). 

Melalui Satelit
Menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya tidak semua wilayah memiliki akses terestrial dalm berkomunikasi namun semua itu tidak terlalu berpengaruh terhadap wilayah yang memiliki cakupan akses satelit karena daerah yang memiliki cakupan satelit lebih luas dan lebih mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.

Komdat begitu berguna bagi kita karena komdat merupakan sebuh istilah yang diberikan pada sebuah komunikasi yang terjadi paga sebuah jaringan sehingga di namai komdat atau komunikasi data. Berikut merupakan beberapa penyebab kita membutuhkan Komdat:
  • Dengan Menggunakan Sistem ini akan terasa Lebih Efisien, dan hemat.
  • Karena Sebagian besar pengguna Komputer Hampir Menggunakan data sebagai alat komunikasi antar kantor,Perusahaan dan Institusi institusi lainnya.
  • Menjaga Data agar sampai sesuai tujuan yang diinginkan.
  • Dapat mengurangi Keterbatasan Waktu
  • Data menjadi Terahasiakan.bila ada data yang tidak boleh diketahui pihak lain.
Untuk menghindari data yang kita kirim pada sistem komunikasi data yaitu sebagai berikut.
  1. Pastikan media transmisi tidak rusak
  2. Pastikan Alamat IP yang mau dikirim benar
  3. Lindungi kabel-kabel dari binatang perusak
  4. Letakan Kabel kabel ditempat yang aman
  5. selalu rutin scan virus. Recomendasi sehari 2x
  6. HDD yang digunakan tidak boleh Bad sector
Agar lebih baik, HDD yang digunakan tidak dicampur dengan game ini membuat file menjadi lemot untuk dibuka

Prinsip KOMDAT:
  1. Pengirim/sendter
  2. Media Penghantar
  3. Signing/penerima
Komunikasi data tidak hanya antar komputer saja melainkan pada semua perangkat yangterhubung dengan jaringan seperti handpone, printer, dan lainya. Baca juga Jenis Jenis Printer
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Komunikasi Data dan Jenisnya

0 komentar:

Posting Komentar