Kamis, 16 Juni 2016

Pengertian Perangkat Lunak (Software) Komputer dan Fungsinya

Pengertian Perangkat Lunak (Software) Komputer dan Fungsinya - Komputer tidak terlepas dari aplikasi atau perangkat lunak, karena berjalannya sebuah komputer tidakakan maksimal tanpa adanya perangkat lunak. Peramgkat lunak adalah bagian terpenting dari komputer karena sebuah perangkat lunak akan membantu jalannya sebuah komputer. 

Komputer merupakan perangkat sistem elektronika yang fungsinya memanipulasi data yang cepat serta tepat serta akurat yg sudah pada rancang dan di organisasikan agar secara otomatis mendapatkan atau menyimpan data input serta masukan, kemudian memprosesnya serta membuat output.  Baca selengkapnya Pengertian Output Device dan Fungsinya

Agar komputer dapat melakukan tugasnya, maka diperlukanlah aplikasi atau perangkat lunak, mengapa? karena beberapa alasan berikut menjelaskan tentang pengertian perangkat lunak Fungsi Beserta jenis jenisnya. 

Pengertian perangkat lunak komputer

Perangkat lunak komputer adalah sekumpulan data elektronik yg disimpan serta diatur oleh PC, data elektro yang disimpan oleh komputer itu bisa berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Perangkat lunak juga Dikenal sebagai perangkat penerjemah perintah-perintah yg dijalankan pengguna komputer utuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras. Melalui aplikasi atau perangkat lunak inilah suatu komputer bisa menjalankan suatu perintah. 

Fungsi perangkat lunak komputer

ada beberapa fungsi dari perangkat lunak komputer diantaranya:
Sebagai media proses data, perintah atau instruksi sampai menerima hasil atau menjalankan sebuah perintah perintah. Berfungsi menjadi sarana interaksi yg menghubungkan pengguna atau brianware (user) menggunakan perangkat keras.

Jenis-Jenis perangkat lunak komputer

Perangkat lunak ini dibagi menjadi 3 , yaitu: 

        1. Perangkat lunak Sistem Operasi 

Perangkat lunak sistem operasi ialah suatu perangkat lunak yg mengatur seluruh perangkat keras komputer yang terhubung dengan CPU, juga sebagai penterjemah aktivitas pemakaian pada CPU, dan juga sebagai perangkat yang mengatur seluruh proses yg terjadi di pada CPU. 

Sistem operasi juga berfungsi sebagai platform untuk menjalankan suatu software software. Contoh Perangkat lunak berbasis windows hanya bisa dijalankan pada pada sistem operasi windows tidak bisa dijalankan di linux kecuali menggunakan converter. 

Saat ini perangkat lunak sistem operasi sudah beragam jenisnya, yg dapat di pakai seperti perusahaan yang paling terkenal menjadi Produsen sistem operasi yaitu “Microsoft” yang dimiliki sang orang terkaya didunia “Bill Gates” dan beberapa produk yg sudah diluncurkan di antaranya artinya Microsoft Windows (Windows 98, Windows 2000, Windows XP, serta Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10) sedangkan pesaingnya ada berasal Linux (Mandrake, Ubuntu, dan Redhat) serta juga ada Apple.

        2. Perangkat lunak Bahasa Pemrograman
 
Perangkat lunak Bahasa pemrograman atau programming language adalah bahasa yg digunakan untuk membentuk acara itu sendiri. Ada banyak perangkat lunak bahasa pemrograman misalnya C++, Visual Basic, Pascal, Borland, HTML, PHP, JAVA, dan masih banyak lagi. Untuk merancang atau membuat serasi Peerangkat lunak dengan struktur serta metode yg dimiliki bahasa itu sendiri. 

        3. Program perangkat lunak
 
Perangkat lunak yg memiliki fungsi spesifik sesuai dengan tujuan pembuatannya. perangkat lunak artinya software yang memiliki banyan kegunaan untuk membantu menyelesaikan tugas eksklusif, seperti untuk membuat surat, mendengarkan musik, menonton film, menghitung sejumlah nomor , dan masih banyak lagi. Contoh program aplikasi seperti Microsoft word, excel, power point, Winamp, Media player classic, calculator, dll.
Sekian pembahasan mengenai Perangkat Lunak Semoga bermanfaat terimakasi ..... 
Baca juga artikel terkait Perangkat Lunak Akses Internet
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Perangkat Lunak (Software) Komputer dan Fungsinya

2 komentar:

  1. Dengan membaca artikel anda, pemahaman saya tentang komputerisasi menjadi bertambah.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Lembaga Pengembangan Komputerisasi yang bisa anda kunjungi di www.lepkom.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru bilsa balas sooalnya sibuk hehe..
      iya terimakasi, terus ikutin juga yap update artikel lainnya...

      Hapus