Selasa, 07 Juni 2016

Pengertian Power Supply dan Fungsi Catu Daya

Pengertian Power Supply dan FUngsi Catu Daya - Power supply adalah perangkat elektronik pemasok energi listrik untuk peangkat lain pada PC seperti motherboard, Hardisk, dan lainnya. Fungsi dari power supply adalah untuk mengkonversi salah satu bentuk energi listrik keemudian memberi pasokan listrik tersebut pada perangkat lain yangtersambung dengan power supply.

Power  supply juga berfungsi sebagai konverter daya listrik. Beberapa pasokan listrik dikirim ke perangkat yang bermuatan listrik sendiri, sedangkan yang lain dihubungkan  ke dalam perangkat yang lebih besar bersama dengan daya pada perangkat Keras Komputer yang lain. Baca selengkapnya Macam Macam Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Setiap power supply harus mendapatkan energi yang akan di suplay ke perangkat perangkat iti dari komputer, dan menyuplay ke perangkat yang berjalan sekaligus  melakukan tugas itu dari sumber energi.


Kegunaan power supply yaitu  mengkonversi energi, sistem transmisi energi listrik, penyimpanan energi perangkat seperti baterai dan sel bahan bakar, sistem elektromekanis seperti generator dan alternator, dan tenaga surya konverter dari berbagai jenis sumber energi listrik.

Semua pasokan listrik dari input daya, yang menerima energi dari sumber energi, dan output daya yang memberikan energi ke perangkat lain komputer. Dalam hal ini pasokan listrik dari input daya dan output terdiri dari konektor listrik atau koneksi sirkuit tertanam, meskipun beberapa pasokan listrik menggunakan perpindahan energi nirkabel sebagai pengganti koneksi galvanik untuk input daya atau output. Beberapa pasokan listrik memiliki jenis lain dari input dan output juga, untuk fungsi-fungsi seperti monitoring dan kontrol eksternal.

Caara kerja power supply dalam hal pasokan listrik dikategorikan dalam berbagai cara, termasuk dengan fitur fungsional. Sebagai contoh, sebuah power supply yang diatur adalah salah satu yang mempertahankan tegangan output konstan atau arus meskipun variasi arus beban atau tegangan input. 

Sebaliknya, output dari power supply yang tidak diatur dapat berubah secara signifikan ketika tegangan input atau perubahan beban saat. Pasokan listrik Adjustable memungkinkan tegangan output atau arus yang akan diprogram oleh kontrol mekanik tombol-tombol pada panel depan power supply, atau dengan berarti dari masukan kontrol, atau keduanya. 

Pengaturan catu daya harus dilakukan dengan baik, karena catu daya terisolasi memiliki output daya elektrik yang independen dari masukan energi, ini berbeda dengan pasokan listrik lain yang berbagi koneksi umum antara input daya dan output. Pasokan listrik yang dikemas dalam cara yang berbeda dan diklasifikasikan sesuai. 

Catu daya adalah unit desktop yang melakukan pekerjaannya sendiri digunakan dalam aplikasi seperti tes sirkuit dan pengembangan Buka pasokan listrik hanya memiliki tempat mekanik parsial, tempat terrsebut hanya terdiri dari basis pemasangan, biasanya dibangun ke mesin atau peralatan lainnya. 

Rack-mount pasokan listrik dirancang untuk diamankan ke rak peralatan elektronik standar.Pasokan listrik secara luas dapat dibagi menjadi jenis linear dan switching. konverter daya linier memproses daya input langsung, dengan semua komponen konversi daya aktif beroperasi di daerah operasi linear mereka. 

Dalam switching konverter daya, daya input diubah menjadi AC atau DC sebelum diolah kembali, dengan komponen yang beroperasi terutama di non-linear mode (misalnya, transistor yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di cutoff atau saturasi). Power "hilang" (diubah menjadi panas) ketika komponen beroperasi di daerah linier dan, beralih dari konverter biasanya lebih efisien daripada konverter linear karena komponen mereka menghabiskan waktu yang  lama di daerah operasi linear.  Baca juga artikel terkait Cara Kerja Power Supply
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Power Supply dan Fungsi Catu Daya

0 komentar:

Posting Komentar