Sabtu, 18 Juni 2016

Pengertian TIK Fungsi dan Cara Membuatnya

Pengertian TIK Fungsi dan Cara Membuatnya - TIK adalah singkatan dari Teknologi informasi dan Komunikasi atau juga dalam bahasa Inggris ‘Information and Communication Technologies’, dan pada singkat ‘ICT’ Komputer.

TIK memiliki 2 cakupan aspek dalam pembahasnnya, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebuah perangkat, manipulasi, serta pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi artinya segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat satu ke perangkat lainnya.  Baca juga Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Pendidikan

Pengertian TIK Fungsi dan Cara Membuatnya

Jadi secara luas pengertian TIK merupakan segala aktivitas yang terkait menggunakan pemrosesan, manipulasi, pengelolahan, pemindahan berita antarmedia. Untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, seksama dan tepat, yang dipergunakan untuk keperluan langsung seperti bisnis dan pemerintahan.

pada pengertian yang sempit dapat pada artikan TIK merupakan suatu alat atau media yang mengacu pada perangkat yang digunakan untuk kemudahan kegiatan. Misalnya seperti mesin, perkakas, perangkat keras, dan lain-lain.

Pengertian TIK berdasarkan beberapa Ahlli:

Eric Deeson ~ Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan kebutuhan manusia didalam mengambil dan memindahkan , mengolah dan memproses informasi dalam konteks social yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan. Bagaimana implikasinya agar dapat menguntungkan secara individual dan masyarakat secara keseluruhan tidak didifinisikan secara lebih khusus.

Susanto ~ Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan hasil informasi dari pengolahan data namun tidak semua hasil dari pengolahan tersebut dapat menjadi informasi.

Jadi pengertian TIK adalah sebuah media atau alat bantu yang digunakan untuk transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data / informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah.

Berikut Merupakan cara memberikan informasi baik menggunakan cara yang manual maupun yang menggunakan media komunikasi.

terdapat 3 (tiga) cara dalam menyampaikan info, yaitu :

Penyampaian langsung, penyampaian berita secara langsung atau dari ucapan orang, ialah penyampaian informasi masih memakai tangan manusia. Seperti contohnya: pada zaman dahulu umumnya berupa ukiran atau gambar-gambar pada batu atau dinding-dinding goa, menggunakan alat seperti abacus atau suan pan serta jari tangan dan menggunakan media seperti lempung serta juga kertas.

Penyampaian Mekanis, penyampaian informasi secara mekanis yaitu penyampaian berita yang dilakukan memakai peralatan yang berbentuk mekanik serta digerakkan sang tangan insan. Seperti misalnya :

Penyampaian Elektronis, penyampaian info secara elektronis adalah penyampaian info yg dilakukan menggunakan alat-alat yang bekerja secara elektro. Misalnya seperti: personal komputer generasi I, II, III, IV, dan sebagainya.

Istilah TIK muncul sesudah adanya gabungan antara teknologi komputer dengan menggunakan teknologi komunikasi di pertengahan abad ke-20. Penggabungan ke 2 teknologi tersebut terus berkembang pesat melampaui bidang teknologi yang lainnya. Hingga di awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai macam perubahan serta belum sama sekali terlihat titik jenuhnya sampai sekarang.  Baca juga artikel lengkap tentang Pengertian Komunikasi Data dan Jenisnya
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian TIK Fungsi dan Cara Membuatnya

0 komentar:

Posting Komentar