Sabtu, 02 Juli 2016

Pengertian NIC (Network Interface Card) dan Kegunaannya

Pengertian NIC (Network Interface Card)  - NIC Card atau juga sering disebt IAN Card atau Network Card adalah perangkat perifheral komputer yang digunakan ketika sebuah komputer jerjadi kerusakan atau soket jaringan yang menempel dengan motherboard tidak berfungsi.  Baca juga Perangkat Keras Jaringan Komputer

Pengertian NIC (Network Interface Card) dan Kegunaannya
NIC card adalah salah satu pernagkat jaringan yang berfungsi sebagai jembatan atau penghubung komputer ke sebuah jaringan. Carakerja NIC card yaitu mengubah sebuah aliran data paralel dalam BUs komputer menjadi sebuah data serial sehingga dafat di sambungkan sebagai teranmisi jaringan pada media jaringan.

NIC card sangat berguna ketika soket lan pada komputer bermasalah, berikut adalah beberapa kegunaan kartu jaringan atau NIC card:
  • Sebagai media pengirim data ke Komputer lain yang tersambung dengan jaringan.
  • Sebagai media pengontrol Flow antara komputer dengan sistem kabel yang terhubung atau juga seebagai pengontrol sambungan kabel jaringan ke komputer.
  • Sebagai media penerimaan data yang dikirim dari komputer lain melalui kabel jaringan.
  • Sebagai media penterjemah data yang dikirim dari komputer lain ke komputer anda ke dalam bentuk bit sehingga dapat dimengerti oleh komputer anda.
Kesimpulan, NIC Card adalah Perangkat Jaringan komputer yang berfungsi sebagai penghubung komputer kedalam jaringan dan kegunaan nya adalah sebagai media pengirim, pengontrol, penerima, dan sebagai media penterjemah bahasa komputer dalm bentuk bit sehingga dapat terbaca dengan baik oleh komputer yang dikirim data.

Sekian artikel saya kali ini semoga bermanfaat, Terimakasi !!!
Baca Juga Artikel Lain Terkait Macam Macam Jaringan Komputer
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian NIC (Network Interface Card) dan Kegunaannya

0 komentar:

Posting Komentar