Kamis, 04 Agustus 2016

Fungsi Kabel Coaxial Kelebihan dan Kekurangannya

Fungsi Kabel Coaxial Kelebihan dan Kekurangannya - Kabel coaxial adalah sebuah kabel yang memiliki dua buah konduktor, yaitu konduktor pusat yang terbuat dari sebuah kawat tembaga yang kuat dan kemudian dilapisi sekat plastik kemudian dililiti lagi oleh kawat berselaput yang tebuat dari sebuah alumunium berselaput. Kabel Coaxial biasanya digunakan untuk sebuah jaringan dengan banwitch yang tinggi. 

Fungsi Kabel Coaxial Kelebihan dan Kekurangannya

Kabel coaxial tersusun dari sebuah kawat tembaga di tengah tengah sebagai pusat konduktor (center core), lapisan kedua yaitu pelastik sbagai sekat penghalang (dielectric insulator) ynag mengelilingi kawat tembaga sebagai penghalang atau penghambat dari gangguan konduktor luar atau (metal shielded). lapisan yang ketiga yaitu lapisan metal shielded yang berfungsi sebagai penghalang dari gangguan luarseperti elektron lain, dan lapisan yang terakhir adalah lapisan jacket plastik yaitu lapisan yang berfungsi sebagai pelindung atau pembungkus bagian luar.

Kabel Coaxial bisanya di sebut juga BNC (Bayonet Naur Connector) yang biasanya diguanakan sebagai kabel antena sebuah Televisi dan juga sebagai penghubung sebuah jaringan LAN. Kabel cioaxial diguanakan sebagai media tranmisi sinyal yang frekuensinya tinggi maulai dari 300 kHz keatas, dikarenakan kemampuan transmisinya yang tinggi juga maka sistem tranmisi kabel coaxial memiliki kapasitas kanal yang cukup besar. Baca selengkapnya Pengertian Kabel LAN dan jenisnya

Sedangkan bagian inti yang digunakan untuk transfer data adalah bagian tengahnya yang selanjutnya ditutup atau dilindungi dengan plastik sebagai pelindung akhir untuk menghindari dari goresan kabel. Beberapa jenis kabel coaxial lebih besar dari pada yang lain. Makin besar kabel, makin besar kapasitas datanya, tebih jauh jarak jangkauannya dan tidak begitu sensitif terhadap interferensi listrik.

Kekurangan dari kabel coaksial adalah sulitnya mengukur kecocokan pada sebuah NIC card (Network Interface Card) apabila konektorr tidak cocok maka akan merusak sebuah NIC yang digunakan sehingga menghambat kinerja dari akses jaringan.

Kelebihan dari kabel Coaxial adalah penguatan dari sebuah repeater tidak sebesar kabel UTP dan STP, hargganya yang juga lebih murah.

kesimpulan dari pembahasan tentang kabel coaxial kali ini yaitu, kabel coaxial adalah kabel konektor yang berfungsi sebagai penyambung sebuah antena televisi dan jaringan LAN, kabel ini tersusun dari bebrapa lapis lapisan pertama adalah lapisan tembaga sebagai pusat tranmisi, lapisan kedua adalah lapisan penghalang pelastik, lapisan ketiga adalah lapisan metal shield yaitu lapisan metal yang melindungi dari ganguan koneksi dari luar, dan yang terakhir adalah lapisan jacket plastik lapisan seperti namanya lapisan ini adalah lapisan pembungkus dari semua lapisan dan lapisan palingluar. Baca juga Perangkat Keras jaringan Komputer dan contohnya


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Fungsi Kabel Coaxial Kelebihan dan Kekurangannya

0 komentar:

Posting Komentar