Senin, 08 Agustus 2016

Kabel Fiber Optik Kelebihan dan Kekurangannya

Kabel Fiber Optik Kelebihan dan Kekurangannya - Kabel Fiber Opetik atau juga biasa disebut Serat Optik adalah sebuah kabel yang digunakan untuk menghubungkan jaring ngan LAn dan WAN dan digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang besar dengan kapasitas jangkawan dan kecepatan teransper tinggi.  Baca selsengkapnya Pengertian Kabel LAN dan Jenisnya

Kabel Fiber Optik tersusun dari beberapa bagian yaitu kabel yang digunakan terbuat dari serat fiber atau kaca dan ukurannya sekitar 120 mikrometer dengan media tranmisi melalui sinyal cahaya dari satu komputer ke komputer lain dan jarak yang ditempuh biasanya bisa mencapai hingga 50km tanpa menggunakan media ternmisi tambahan.
Kabel Fiber Optik Kelebihan dan Kekurangannya

Kabel serat optik mengirim data sebagai pulsa cahaya melalui kabel serat optik. Kabel serat optik mempunyai keuntungan yang menonjol dibandingkan dengan semua pilihan kabel tembaga. Kabel serat optik memberikan kecepatan transmis data tercepat dan lebih reliable, karena jarang teriadi kehilangan data yang disebabkan oleh interferensi ristrik. Kabel serat optik juga sangat tipis dan fteksibel sehingga ebih mudah dipindahkan dan pada Kabel Serat Optik kabel tembaga yang berat.

Cara komunikassi Fiber Optik tergantung pada prinsip cahaya pada medium kaca yang dapat membawa informasi lebih banyak dibandingkan dengan sinyal listrik karena media tranmisi cahaya memiliki kecepatan tranmisi data yang cukup cepat hingga mencapai 100km/sekon. Kabel fiber optik memiliki kelebihan kecepatan dibandingkan dengan kabel kabel LAN yang lainnya. berikut merupakan kelebihan dan kekurangan kabel fiber optik.

Kelebihan Kabel Fiber Optik

Kapasitas (bandwidth) yang besar dalam mentransmisi informasi yang ada memiliki kecepatan yang tinggi, hingga mencapai beberapa gigabit/detik.

Sinyal degradasi lebih kecil,tidak terpengaruh pada gelombang elektromagnetik dan frekuensi radio Karena terbuat dari kaca dan plastik murni.

Ukurannya kecil, ringan, Lebih tipis dan Fleksibel. Mempunyai diameter yang lebih kecil dari pada kabel tembaga sehingga memudahkan suplai dan pemasangan.

Murah jika membandingkannya dengan banyaknya daya transmisi dari kabel tembaga Kapasitas lebih besar

Tidak mudah terbakar dan tidak mengalirkan listrik.

Kekurangan Fiber Optik

Dari sekian banya kelebihan yang ditawarkan penggunaan kabel fiber optic juga memiliki kekurangan antara lain harga yang relatif mahal dalam hal penyambungan, karena memerlukan alat khusus dan memerlukan keahlian dan ketelitian dalam penyambungan kabel fiber optik. Baca juga artikel terkait Pengertian Kabel UTP dan Fungsinya
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kabel Fiber Optik Kelebihan dan Kekurangannya

0 komentar:

Posting Komentar