Minggu, 07 Agustus 2016

Pengertian Kabel UTP dan Fungsinya

Pengertian Kabel UTP dan Fungsinya - Kabel Unshielded Twisted Pair atau bisa di singkat kabel UTP adalah sebuah kabel yang terbuat dari tembaga sebagai penghantarnya, dan memiliki isolasi plastik dan pembungkus dari plastik yang menjaga dan melindunginya dari api dan kerusakan fisik lainnya kabel ini terdiri dari 4 pasang kabel inti yang saling terlilit dan memiliki warna yang berbeda beda.

Pengertian Kabel UTP dan Fungsinya

Kabel UTP adalah jenis kabel yang biasanya di pakai untu membuat sebuah jaringan komputer sebagai penghatar atau penghubung jaringan, kabel UTP memiliki 2 jenis yaitu Shieled dan Unshieled. Shieled adalah kabel UTP yang memiliki selubung pembungkus dari konektor sedangan kabel Unshieled adalah kabel yang tidak memiliki selubung pembungkus konektor, untuk konektornya Kabel UTP biasanya mengunakan Konektor RJ-45 atau RJ-11.

Kabel twisted pair terdiri dari dua kabel yang diputar enam kali per-inchi untuk memberikan perlindungan terhadap interferensi istrik ditambah dengan impedensi, atau tahanan listrik yang konsisten. Nama yang umum digunakan untuk kawat ini adalah IBM jeni/kategori 3. Secara singkat kabel UTP murah dan mudah dipasang, dan bisa bekerja untuk jaringan skala kecil.

Fungsi dari kabel UTP 

Adalah Kabel yangdigunakan untuk koneksi jaringan lokal atau Local Area Network (LAN) pada jaringan komputer. Pada umumnya kabel UTP dibagi menjadi bebrapa kategori yaitu dibagi berdasarkan penghantar datanya. Baca selengkapnya Pengertian Kabel LAN dan fungsinya

Untuk Jenisnya Kabel UTP di bedakan berdasarkan kekuuatan hantarannya, Berikut merupakan beberapa jenis kabel UTP tersebut.

Kabel UTP Category 1 [Cat1] adalah jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang terendah, didesain untuk mendukung komunikasi suara analog saja.

Kabel UTP Category 2 [Cat2] adalah jenis kabel UTP memiliki kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Cat1, jenis atau kategori ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan juga suara digital. Kabel ini bisa mentransmisikan data sampai 4 megabit/detik.

Kabel UTP Category 3 [Cat3] adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 2, jenis atau kategori ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 10 megabit per detik.

Kabel UTP Category 4 [Cat4] adalah suatu jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang jauh lebih lebih baik jika dibandingkan dengan kabel UTP Category 3 (Cat3) atau sebelumnya, didesain untuk mendukung komunikasi data dan juga suara sampai kecepatan 16 megabit/detik

Kabel UTP Category 5 [Cat5] adalah suatu jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan kabel UTP Category 4 (Cat4) atau yang sebelumnya, didesain untuk mendukung komunikasi data dan komunikasi suara pada kecepatan sampai 100 megabit/detik.

Kabel UTP Category 6 [Cat6] adalah jenis standar kabel UTP dengan sertifikasi resmi paling tinggi.

Kabel UTP Category 7 [Cat7] adalah jenis kabel premium yang sangat cocok sekali sebagai media yang high traffic berbagai macam aplikasi dalam 1 kabel (single cable). Maksimum data yang terkirim sampai 10 Gbit/detik, dengan frekuensi 1000 Mhz. baca juga Cara Membuat Kabel LAN dengan Benar
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Kabel UTP dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar