Minggu, 04 September 2016

Topologi Ring Kelebihan Serta Kekuranganya

Topologi Ring Kelebihan Serta Kekuranganya - Topologi Ring adalah salah satu jenis topologi jaringan komputer yang membentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung dengan komputer lain melalui dua titik, Komputer dalam topologi ring berhubungan melauli dua titik hingga membentuk jalur melingkar seperti cincin.  Baca selengkapnya Topologi Jaringan Komputer Kelebihan dan Kekurangannya

kelebihan dan kekurangan topologi ring

Masing-masing perangkat pada Topologi Ring memiliki node atau titik yang berfungsi sebagai repeater yang akan memperkuat sinyal dalam sirkulasinya. Dalam artian perangkat dalam topologi ring saling berhubungan dan bekerjasama untuk menerima sinyal dari perangkat lain sehingga semakin kuat dan kemudian meneruskannya ke perangkat lain dengan bantuan TOKEN. 

Setiap titik atau node akan dibantu oleh TOKEN yang berisikan sebuah informasi bersama dengan data yang berasal dari komputer server, kemudian akan disampaikan ktitik atau node, akan melakukan pemeriksaan pada node tersebut ketika node tersebut tidak memberikan identifikasinya maka akan di lanjutkan ke node atau titik yang lain bila nod tersebut memberikan ferifikasi maka token akan memberikan informasi dan data yang dibawa oleh token sehingga informasi tersampaikan sampai ketujuan.

Cara kerja topologi ini akan menguatkan sinyal dalam aliran data yang terjaga, kemampuan sinyal data dalam melakukan penyebaran dan penghantaran data pada sepanjang lingkaran adalah hal yang sangat baik untuk di jadikan topologi. pada topologi ring komunikasi antar perangkat akan terganggu ketika salah satu node atau titik mengalami gangguan, hal ini dapat di antisipasi dengan mengatur pengiriman data searah jarum jam dan juga berlawanan arah jarum jam secara bersamaan. 

Topologi ring sangat baik digunakan dalam sebuah jaringan dengan perrangkat yang banyak sehingga komunikasi dapat lebih cepat. Namun ada baiknya ketika anda akan membangun sebuah jaringan perlu anda ketahui dulu tentang kelebihan dan kekurangannya setelah itu boleh deh anda tetntukan dan bangun jaringan anda sesuai dengan yang anda butuhkan. Berikut merupakan Kelebihan dan Kekurangan Topologi ring.

Kelebihan Topologi Ring

Peroses perancangan sangat mudah untuk dilakukan sehingga mudah untuk menerapkan pada jaringan yang akan anda bangun.

Mempunyai performa yang sangat baik jika dibandingkan dengan Topologi Bus, sehingga memungkinkan untuk mengalirkan data yang cukup besar, dapat dilakukan oleh topologi ini.

Mudah dalam hal konfigurasi atau pengaturan ketika ingin menambahkan perangkat atau juga ketika awal perancangan.

Penggunaan Perangkat point to point memeudahkan untuk mendiagnosis permasalahan atau trobleshooting sehingga kesalahan dan permasalahan dapat teratasi dengan cepat.

Hemat Kabel, penggunaan kabel pusat sebagai pusat transmisi data menyebabkan minimnya penggunaan kabel sehingga dapat menghemat kabel.

Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data, karena pada topologi ring keamanannya hanya menerapkan sistem dimana hanya satu node yang dapat mengirimkan data.

Kekurangan Topologi Ring

Cepat merespon sebuah kesalahan, sehingga ketika ada sebuah masalah atau ganguan terhadap salah satu node atau salah satu titik maka akan berakibat terganggunya seluruh jaringan. Cara mengatasi masalah seperti ini adalah dengan membuat ring ganda sehingga apabila terjadi masalah pada satu ring ke ring yang satunya lagi akan menggantikan peran ring yang terganggu.

Proses pengembangan sangat lambat, ketika ada penambahan atau pengantian perangkat maka akan mengganggu perangkat yang lain dalam satu jaringan tersebut.

Kecepatan komunikasi antar perangkat sangat terbatas tergantung sedikit atau banyaknya perangkat atau node.

Diperlukan perawatan dan penanganan khusus dalam mengelola topologi jaringan ring.

Sekian Pembahasan kali ini mengenai Topologi ring Kelebihan dan kekurangannya semoga dengan adanya artikel ini anda dapa dengan bijak menentukan topologi mana yang akan anda gunakan dalam membangun sebuah jaringan komputer. Terimakasi telah mengujungi Blog ini semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi reperensi untuk pembelajaran anda dalam memahami jaringan komputer.  Baca selengkapnya Pengertian Jaringan Internet dan Manfaatnya
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Topologi Ring Kelebihan Serta Kekuranganya

0 komentar:

Posting Komentar