Sabtu, 10 September 2016

Topologi Star Kelebihan Serta Kekurangannya

Topologi Star Kelebihan Serta Kekurangannya - Topologi star adalah salah satu jenis topologi yang sistem topologi jaringannya seperti bintang dengan sistem jaringan yang dibentuk seperti bintang, topologi star biasanya juga disebut topologi star karena bentuknya yang menyerupai bintang sebuah alat yang disebut concentrator yang biasanya berupa HUB atau switch menjadi pusat dimana semua komputer yang terhubung dalam jaringan dihubungkan ke koncentrator topologi star



Topologi star sangat cocok untuk dijadikan sebuah acuan dalam membangun jaringan, karena topologi jaringan star memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi, juga tahan terhadap jaringan yang padat, untuk menambahkan perangkat pun cukup mudah karena apa bila ada penambahan atau pengurangan perangkat dalam topologi star tidak akan mempengaruhi jaringan pusat kaena jaringan terdapat saluran atau station tersendiri diantara salutan utama.  Baca lebih lengkap mengenai Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Didalam topologi star sebuah perangkat akan dihubungkan saluran saluran tertentu dan akan di hubungkan ke station awal yitu biasanya sebuah HUB kemudian akan dilanjutkan ke station pusat yatitu station yang menghubungkan station awal dan station pusat agar komunikasi antara sebuah perangkat client dan perangkat server. Ketika itu anda akan mengetahui bahwa hubungan antara sebuah komputer atau perangkat server dan clien akan berkomunikasi melalui station ter tentu ke station terpusat.

Kelebihan Topologi Star

  • Ketika terjadi kerusakan pada salah satu saluran hanya akan mengganggu jaringan pada saluran tersebut, dan station yang berhubungan dengan saluran tersebut.
  • Tingkat keamanan yang tinggi menyebabkan topologi jaringan ini cukup aman untuk dijadikan sebuah acuan dalam membangun sebuah jaringan komputer.
  • Cukup kuat dan tahan terhadap lalu lintas yang cukup padat ketika jaringan yang sibuk.
  • Ketika akan menambahkan dan mengurangi perangkat sebuah station dapat dilakukan dengan mudah, karena tidak akan mengganggu ketika komunikasi yang berlangsung.
  • Penggunaan akses Kontrol terpusat menyebabkan topologi jaringan ini akan terkontrol oleh station pusat.
  • ketika ada kerusakan pada salah satu saluran sangat mudah untuk mendeteksi dan mengisolasi kesalahan dan kerusakan dalam pengelolaan topologi jaringan.

Kekurangan Topologi Star

  • Ketika node tengah atau node pusat mengalami kerusakan atau permasalahan, maka seluruh rangkaian akan berhenti dan mengalami gangguan yang cukup siknipikan karena nod ini adalah node pusat yaitu sebagai pusat pengontrol jaringan dalam topologi Star.
  • Biaya pembangunan cukup mahal karena penggunaan kabel yang banyak menyebabkan akan harus membeli kabel yang banyak dikarenakan adanya node awal dan juga node pusat.
  • HUB ataupun SWITCH menjadi elemen kritis karena semua kontrol terpusat dilakukan oleh HUB maupun SWITCH.
  • Peran HUB sangat sensitif dalam lintasan jaringan sehingga ketika terdapat masalah pada hub maka jaringan tersebut akan down dan akan mengalami masalah juga. Baca Lebih Lengkap Pengertian Hub dan Fungsinya
  • Jaringan dalam topologi ini tergantung pada terminal pusat karena terminal pusat adalah pusat pengendali berbagai aktivitas dalam topologi ini. 
 Sekian postingan kali ini mengenai Topologi Star Kelebihan dan Kekurangannya semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memilih jenis topologi apa yang akan anda gunakan dalam sistem jaringan ayang akan anda buat. Sekian dan Terimakasih wassalamualaikum....
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Topologi Star Kelebihan Serta Kekurangannya

0 komentar:

Posting Komentar