Senin, 10 Oktober 2016

Topologi mesh Kelebihan dan Kekurangannya

Topologi mesh Kelebihan dan Kekurangannya - Topologi Mesh atau juga dikenal dengan topologi jala, Topologi Mesh adalah suatu jaringan yang membentuk suatu hubungan atau komunikasi antara perangkat satu dengan perangkat yang lainnya. Dimana setiap perangkat yang terhubung dihubungkan secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan Topologi Mesh.

Topologi mesh Kelebihan dan Kekurangannya

Sehingga dalam Topologi mesh setiap perangkat yang terhubung akan dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat lain yang dituju. Selain itu karena, setiap perangkat yang dapat terhubung dengan perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan Topologi Mesh harus memiliki Port penghubung jaringan sebanyak n-1 Port Input/Output (I/O ports) atau juga lebih jelasnya memiliki port penghubung sebanyak Komputer yang akan dihubungkan dalam jaringan tersebut. Baca juga lebih lengkap Topologi jaringan Komputer dan Contohnya
 
Dengan port penghubung tersebut digunakan sebagai Output dan Input jaringan. sehingga koneksi antar perangkat akan dapat terjadi dengan lancar. Berdasarkan pengertian tadi, dapat disimpulkan bahwa apabila sebanyak ada 5 (lima) komputer akan dihubungkan ke dalam jaringan dan ingin membentuk topologi mesh maka agar seluruh koneksi antar komputer dapat berfungsi optimal, maka diperlukan kabel koneksi sebanyak 10 kabel koneksi, dan masing-masing komputer harus memiliki port I/O sebanyak 5-1 = 4 port.

Topologi mesh sama halnya jenis topologi yang lain memiliki kekurangan dan kelebihannya masing masing dan berikut ini merupakan beberapa kekurangan dan kelebihan dari Topologi Mesh.

Kelebihan Topologi Mesh

Hubungan langsung ke perangkat yang dituju menjamin data yang langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lainnya sehingga proses pengiriman data dapat lebih cepat karena satu link digunakan khusus untuk berkomunikasi dengan komputer yang dituju saja.

Memiliki sifat Robust (Tahan terhadap ganguan) yaitu Apabila terjadi gangguan pada koneksi jaringan komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksinya atau yang lainnya (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan mempengaruhi koneksi antar komputer A dengan komputer lainnya.

Privacy dan security pada topologi mesh lebih aman dan terjamin aman, karena komunikasi yang terjadi hanya antara dua komputer jadi tidak akan dapat diakses oleh komputer lainnya.

Memudahkan proses identifikasi sebuah permasalahan pada saat terjadinya kerusakan koneksi antar komputer.

Kekurangan Topologi Mesh

Membutuhkan banyak kabel dan Port Input dan Output sehingga boros. semakin banyak komputer di dalam sebuah topologi mesh maka akan diperlukan semakin banyak kabel links dan port Input Output (lihat rumus penghitungan kebutuhan kabel dan Port).

Topologi jenis ini harus terkoneksi secara langsung Karena setiap komputer harus terkoneksi secara langsung dengan komputer lainnya maka instalasi dan konfigurasi akan menjadi lebih sulit.

Banyaknya kabel yang harus digunakan juga menunjukan perlunya space atau ruang yang memungkinkan di dalam sebuah ruangan tempat komputer-komputer tersebut berada.

Berdasarkan kelebihan dan kekurangan tersebut, topologi mesh biasanya digunakan atau juga dipakai pada komputer-komputer utama yang dimana masing-masing komputer utama tersebut akan membentuk jaringan tersendiri dengan topologi yang berbeda (hybrid network). Baca juga artikel lain tentang Topologi Bus Kelebihan dan Kekurangannya

Sekian postingan tentang Topologi Mesh kelebihan serta Kekurangannya semoga dengan ini anda akan lebih mengetahui apa itu topologi mesh dan anda dapat mempertimbangkan ketika akan membangun sebuah jaringan dan menentukan apa jenis topologinya.

Trimakasi..... Wassalamualaikum........
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Topologi mesh Kelebihan dan Kekurangannya

0 komentar:

Posting Komentar