Rabu, 23 November 2016

Pengertian Komputer Serta Generasi Pertama Komputer

Pengertian Komputer Serta Generasi Pertama Komputer - Komputer adalah suatu alat yang dipakai atau digunakan untuk pengolahan data menurut perintah yang telah dirumuskan dalam sistemasi komputer tersebut dalam bentuk aritmatika. Awal mulanya komputer adalah sebuah kata yang digunakan untuk seseorang yang kerjaannya melakukan perhitungan aritmetika dengan bantuan alat ataupun tanpa alat bantu, namun lama kelamaan komputer diartikan pada mesin yang membantu proses perhitungan orang yang bekerja untuk menghitung aritmatika itu sendiri. Hampir semua Pengolahan informasi berhubungan dengan masalah aritmetika, akan tetapi komputer modern saat ini dipakai untuk menyelesaikan banyak tugas yang tidak berhubungan sama sekali dengan matematika.

Pengertian Komputer Serta Generasi Pertama Komputer

Definisi Komputer secara luas dapat didefinisikan sebagai suatu suatu perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan satu sama lainnya, yang juga dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi yang berdasarkan program dan data yang sudah ada. Komponen komponen komputer diantarnya adalah Layar Monitor, Mouse dan Printer, CPU, Keyboard. Meskipun tanpa printer komputer akan tetap dapat bekerja mlaksanakan tugasnya sebagai pengolah data.  Baca lebih lengkap Pengertian Sistem Komputer dan Cara Kerjanya

Perangkat Komputer saat ini sudah semakin canggih. Sebelum komputer sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang Komputer mengalami namyak sekali regenerasi sehingga dapat menjadi komputer yang seperti sekarang. Dalam sejarahnya, komputer mengalami lima kali regenerasi dalam sejarah perkambangan komputer. Berikut ini merupakan sejarah generasi pertama dari komputer.

Sejarah Generasi Komputer Pertama

Pada Perang Dunia Kedua beberapa negara yang terlibat dalam perang dunia tersebut berusaha untuk mengembangkan komputer dan mengeksploit potensi serta strategis yang dimiliki oleh komputer generasi pertama. Berkat Hal inilah sehingga meningkatkan pendanaan untuk pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer pada beberapa negara tersebut. Diperkirakan Pada tahun 1941 seorang insinyur dari Jerman bernama Konrad Zuse telah membangun sebuah komputer yang dinamakan komputer Z3, yang akan digunakan untuk mendesain sebuah pesawat terbang dan peluru kendali.

Sementara itu Pihak sekutu juga membuat kemajuan yang lain dalam mengembangkan kekuatan komputer. Yaitu pada Tahun 1943 dari pihak Inggris telah menyelesaikan sebuah komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus, kompter ini digunakan untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman.

Selain itu Usaha juga dilakukan oleh pihak Amerika, pada masa itu pihak Amerika menghasilkan suatu kemajuan lain pada komputer. Seorang insinyur dari institut Harvard yang bekerja dengan IBM bernama Howard H. Aiken (1900-1973), telah berhasil memproduksi sebuah kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator ini berukuran panjang setengah lapangan bola dan memiliki rentang kabel yang panjangnya 500 mil. 

Mark I adalah sebutan untuk Kalkulator tersebut, Kalkulator tersebut merupakan komputer relai elektronik. komputer ini bekerja menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekaniknya. Mesin ini beropreasi dengan lambat komputer ini membutuhkan 3-5 detik untuk setiap kali proses perhitungan dan tidak fleksibel dengan urutan kalkulasinya tidak dapat diubah. Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.

Untuk Perkembangan komputer yang lainnya sehingga dapat digunakan pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer disingkat dengan ENIAC, yang dibuat oleh kerja sama antara pemerintah Amerika Serikat dengan University of Pennsylvania. Komputer tersebut Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan juga 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan sebuah mesin yang sangat besar yang menyedot daya sebesar 160 kW. Baca lebih lengkap Sejarah Perkembangan Komputer dari Awal Sampai Sekarang

Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi yang dibuat secara spesifik untuk menjalankan suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut dengan bahasa mesin. Hal ini akan menyebabkan komputer sulit untuk diprogram yang terbatasi dengan kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar dan sebuah silinder magnetik untuk penyimpanan data.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Komputer Serta Generasi Pertama Komputer

0 komentar:

Posting Komentar