Senin, 09 Januari 2017

Komponen Penyusun Komputer dan Fungsinya

Komponen Penyusun Komputer dan Fungsinya - Anda tahu komputer itu tersusun dari beberapa komponen?, ya benar sekali komputer tersusun dari beberapa komponen. Kompone Penyusun dari komputer sendiri ada tiga yaitu Komponen Hardware (Perangkat Keras), Komponen Software (Perangkat Lunak), dan yang terakhir adalah Brainware (Pengguna Komputer). Nah.... dalam artikel ini saya akan sedikit menjelaskan tentang komponen penyusun komputer. Berikut ini adalah penjelasan mengenai komponen penyusun komputer. 

Komponen Penyusun Komputer dan Fungsinya

Hardware (Perangkat Keras)

Hardware adalah sebuah komponen komputer yang juga tersusun dari beberapa koomponen. Pengertian dari Hardware komputer adalah sebuah komponen yang dapat dilihat secara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik. Contoh dari hardware adalah beberapa perangkat yaitu terdiri dari. Baca selengkapnya Pengertian Perangkat keras komputer dan Jenisnya

Input Device

Perangkat Keras Input (Perangkat Masukan), Input Device adalah Perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan (input) perintah dari pengguna (Brianware) yang akan diproses oleh komputer, seperti Mouse, joystick, keyboard, touchpad, barcode, scanner, light pen, microphone, dan yang lainnya.

Proses Device

Perangkat Keras Proses (Proses Device) adalah Perangkat keras yang di gunakan untuk memproses masukan (Input Device) yang telah diberikan oleh pengguna (Brainware). Contohnya seperti Processor.

Output Device

Perangkat Keras Output (Perangkat Keluaran) adalah sebuah Perangkat keras yang digunakan sebagai menampilkan hasil yang telah dikerjakan oleh komputer (hasil yang dikelurkan dari proses Input Device dan Proses Device) yang selanjutnya diberikan kepada pengguna (Braiware) dalam bentuk Output. Untuk Pengertian dari Software adalah sebuah sistem lunak didalam komputer yang digunakan untuk mengoperasikan perangakt keras (Hardware). Contohnya dari perangkat Output Device adalah Speaker, printer, monitor, plotter, proyektor dan lain sebagainya.

Software (Perangkat Lunak)

Software (Perangkat Lunak) adalah sebuah Kumpulan data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh perangkat komputer, data elektronik yang disimpan pada komputer dapat berupa sebuah program yang berguna sebagai media pengoperasi dalam menjalankan suatu perintah dari Pengguna (Brianware). Software ini tidak bisa dipegang. Contoh dari software adalah beberapa perangkat lunak yang dapat digunakan oleh brianware seperti Perangkat Lunak Sistem Operasi dan juga Perangkat Lunak Aplikasi.

Perangkat Lunak Sistem

Sistem Operasi adalah sebuah Software yang terdapat didalam komputer yang digunakan untuk jalur penghubung antara pengguna dengan hardware. Contoh dari Perangkat Lunak Sistem adalah Windows, Linux, Mac OS dan lain-lain. Baca selengkapny Pengertian Sistem Operasi dan Jenisnya

Perangkat Lunak Aplikasi

Software Aplikasi adalah sebuah Software atau perangkat lunak yang mendukung kinerja dari perangkat lunak sistem operasi yang berguna untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan pengguna. Contohnya adalah Microsoft Office, Firefox, dan yang lainnya.

Brainware (Pengguna Komputer)

Brainware atau Pengguna komputer adalah komponen terakhir dalam penyusun komputer. sebenarnya, komponen ini tidak akan berpengaruh terhadap komputer namun demikian komputer tidak akan berguna sama sekali tanpa adanya Brianware atau Manusia yang menggunakan atau mengoperasikan komputer tesebut. Tanpa adanya brainware, komputer tidak bisa dijalankan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Komponen Penyusun Komputer dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar