Senin, 09 Januari 2017

Perangkat Lunak (Software) Komputer dan Fungsinya

Pengertian Perangkat Lunak (Software) Komputer dan Fungsinya - Perangkat lunak atau juga biasa disebut dengan software adalah istilah khusus diberikan pada sebuah data yang formatnya berbentuk digital dan disimpan secara digital, atau juga dapat di artikan sebagai kumpulan dari beberapa perintah yang untuk pengoperasian mesin komputer (hardware) dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak merupakan sebuah catatan bagi mesin komputer sebagai penyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip penting lainnya. Pengertian lain dari Perangkat Lunak yaitu salah satu perangkat penyusun komputer, sofware atau perangkat lunak seperti halnya namanya yaitu perangkat lunkan yaitu perangkat yang tidak dapat di raba oleh tangan langsung namun dapat dilihat. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah inilah yang menjadi acuan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

Pengertian Perangkat Lunak (Software) Komputer dan Fungsinya

Dalam proses Pembuatan perangkat lunak diperlukan "bahasa pemrograman" didalamnya yang ditulis oleh programmer (seorang pembuat software) untuk selanjutnya di padukan dengan aplikasi sehingga menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin computer.

Fungsi Perangkat Lunak (Software)

Untuk fungsi dari perangkat lunak sangatlah beragam tergantung pada kegunaannya juga. Ada beberapa fungsi dari perangkat lunak (software) diantaranya.

Fungsi pertama dari perangkat lunak (software) adalah memproses sebuah data atau perintah instruksi dari User pada komputer hingga mendapat hasil atau menjalankan sebuah perintah-perintah tersebut.  Baca lebih lengkap Fungsi Perangkat Lunak Komputer Lengkap

Fungsi yang kedua dari perangkat lunak yaitu Berfungsi sebagai sarana interaksi penghubung atau yang menjembatani atara pengguna komputer (user) dengan perangkat keras komputer.

Jenis-Jenis Perangkat Lunak (Software)

Secara garis besar Perangkat lunak terdiri dari tiga jenis, namun demikian sebenarnya jenis-jenis perangkat lunak itu sabgat bayak. Jenis-jenis perangkat lunak yang akan saya bahas adalah jenis-jenis jenis perangkat lunak yang banyak digunakan dan sudah biasa digunakan. Berikut merupakan Jenis-Jenis perangkat lunak tersebut.

Sistem Operasi

Jenis perangkat lunak yang pertama yaitu Software sistem operasi, Perangkat Lunak sistem operasi adalah sebuah program perangkat lunak komputer yang diprogram untuk megoperasikan komputer. tanpa adanya sistem operasi komputer tidak akan dapat berjalan dengai baik bahkan tidak akan berjalan sama sekali. Perangkat lunak Sistem operasi merupakan sebuah perankat lunak sistem yang digunakan sebagai pengoperasi komputer sebagaimana namnya.

Perangkat lunak sistem operasi juga merupakan suatu software komplek yang mempunyai banyak sekali fungsi. Fungsi yg pertama dari sistem operasi adalah sebagai pengatur perangkat keras komputer yang terhubung dengan CPU. Fungsi yang kedua dari perangkat lunak sistem operasi adalah sebagai penerjemah dari segala aktivitas pemakai kepada CPU agar segala yang diperintahkan oleh pemakai dapat di mengerti dan dapat dikerjakan oleh CPU.

Fungsi yang ketiga yaitu untuk mengatur semua proses yg terjadi di dalam CPU. Sistem operasi juga berfungsi sebagai platform atau tempat berrjanalannya suatu software atau aplikasi. Contoh dari Perangkat Lunak sistem operasi yaitu seperti Sistem operasi Windows, Linux, Unix, Machintos dan lain-lainnya.

Program Aplikasi

Jenis Perangkat lunak yang kedua yaitu Program aplikasi. Perankat lunak aplikasi merupakan sebuah software yang mempunyai fungsi khusus, Fungsi khusus tersebut disesuaikan dari tujuan awal pembuatannya. Program aplikasi merupakan software atau perangkat lunak yang banyak digunakan sebagai pembantu proses penyelesaian tugas-tugas tertentu yaitu seperti untuk pembuatan surat, mendengarkan musik, menonton film, menghitung sejumlah angka, dan masih banyak lagi yang lainnya. Contoh program aplikasi seperti Microsoft word, excel, power point, Winamp, Media player classic, calculator.  Baca juga Perangkat Lunak Aplikasi Perkantoran

Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman (programming language) adalah bahasa yg digunakan untuk membuat program itu sendiri. Ada banyak bahasa pemrograman contoh salah satunya yaitu Bahasa C, C++, Pascal, Borland, Visual Basic, HTML, PHP, JAVA, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk menunjang pembuatan sebuah perangkat lunak maka harus menggunakan perangkat lunak yang digunakan untuk merancang atau membuat program sesuai dengan struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa program itu sendiri.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perangkat Lunak (Software) Komputer dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar