Selasa, 31 Januari 2017

Sejarah Microsoft Excel

Sejarah Microsoft Excel - Microsoft Excel merupakan sebuah aplikasi yang dipergunakan untuk mengolah sebuah data dengan otomatis yang melalui berbagai bentuk seperti rumus, perhitungan-perhitungan dasar, pengolahan sebuah data, pembuatan sebuah tabel, pembuatan grafik hingga pembentukan manajemen data. Maka sudah tidak mengherankan Microsoft Excel banyak digunakan di berbagai perusahaan untuk keperluan administrasi perusahaan. Karena isi dari aplikasi ini sangat lengkap dan juga sangat penting terutama dalam memproses pengolahan data perusahaan. Selain dari pada itu, Microsoft Excel juga memiliki formula yang tersimpan didalam programnya sehingga memudahkan kita untuk melakukan sebuah perhitungan dalam pengolahan data tersebut.

Sejarah microsoft excel

Aplikasi atau software ini juga sangat penting dalam pembuatan grafik atau performa tertentu yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Aplikasi Microsoft Excel ini berupa lembaran kerja yang bertabel atau spreadsheet dan mempunyai fitur-fitur kalkulasi yang baik sehingga akan dapat membantu kita semua untuk kebutuhan pekerjaan kantor.

Baca Juga: Pengertian Microsoft Excel Lengkap

Sejarah Microsoft Excel

Misrosoft Excel atau juga biasa di singkat dengan MS Excel merupakan salah satu aplikasi atau software yang populer yang banyak digunakan untuk kebutuhan dalam pengolahan data atau manajemen data. Berdasarkan sejarahnya, MS Excel bermula dari sebuah program yang berupa spreadsheet yang dibuat pada tahun 1982 dengan sebutan yaitu Multiplan. Program ini yaitu Multiplan awalnya sangat populer untuk sistem operasi berbasis CP/M, namun tidak demikian untuk MS-DOS karena sudah memiliki saingannya seperti Lotus 1-2-3. Sehingga pihak perusahaan Microsoft mulai mengembangkan sebuah aplikasi terbaru dari spreadsheet tersebut, yakni dikenal sekarang dengan nama MS Excel.

Pada tahun 1985 mulai dirilislah versi pertama dari Microsoft Excel untuk sistem operasi berbasis Macintosh sedangkan versi dari Windowsnya sendiri menyusul pada bulan November 1987. Selain itu, pada tahun yang sama Microsoft sendiri dinobatkan sebagai sebuah perusahaan sangat handal dalam mengembangkan software pada komputer pribadi. Hal ini jugalah yang menjadikannya sebagai saingan utama dari Lotus 1-2-3 dengan pengembangan yang lebih baik lagi sehingga mengalahkan Lotus 1-2-3.

Microsoft mulai mengembangkan prodak-prodaknya temasuk juga MS Excel dengan selalu mengupgradenya pada tiap 2 tahun sekali. Sementara itu versi terakhir atau versi pertama dari MS Excel pada Windows sendiri berupa Microsoft Office Excel atau Juga MS Excel 14 sedangkan pada Sistem operasi Mac OS X atau Macintosh sendiri versi terakhir dari Excel berupa Excel for Mac. Excel sendiri menawarkan beberapa fitur unggulan yang berupa antar muka dibandingkan program spreadsheet sebelumnya. 

Baca Juga: Pengertian Microsoft Office dan sejarahnya Lengkap

Bahkan, MS Excel ini sendiri termasuk sebuah software spreadsheet pertama karena mengizinkan para penggunanya dalam mengembangkan tampilan dari spreadsheet yang telah disunting, seperti tampilan pada setiap selnya, bentuk dari font hingga atribut atau kelengkapan karakter yang digunakan. MS Excel sendiri menawarkan sebuah program perhitungan kembali pada setiap selnya dengan cara yang sangat cerdas.

Dengan perubahan nama menjadi Ms. Excel Pada tahun 1993 inilah akhirnya pihak Microsoft melakukan Perubahan seperti mendesain ulang terhadap tampilan dari antar muka lebih baik yang digunakan oleh aplikasi Microsoft PowerPoint dan juga Microsoft Word dengan menyeimbangkannya dengan tampilan yang ada pada Microsoft Excel.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sejarah Microsoft Excel

0 komentar:

Posting Komentar