Rabu, 08 Maret 2017

Macam-Macam Sistem Operasi Linux (Distro Linux)

Macam-Macam Sistem Operasi Linux (Distro Linux) - Linux Adalah salah satu jenis software sistem operasi yang berbasis open source atau juga bisa dikatakan software yang gratis, baik itu untuk dipakai sendiri, dikembangkan, maupun untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. Linux merupakan Software turunan dari Ibunya yang bernama unix :D :D. Software Linux adalah sebuah sistem operasi yang dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras koputer mulai dari inter x86 sampai dengan Komputer RISC. Berikut ini adalah macam-macam sistem operasi linux.

Macam-Macam Sistem Operasi Linux (Distro Linux)

Xandros
Xandros Linux merupakan slah satu distro Linux yang berdasarkan pada sistim KDE. Tampilan dari Xandros sangat mirip dengan tampilan dari Microsoft Windows, jadi apabila seseorang yang sudah terbiasa menggunakan Os Windows akan sangat mudah dan nyaman menggunakan Xandros.


Ubuntu
Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian, atau juga bisa disebut sebagai pengembangan dari debian. Proyek pembuatan Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd yaitu perusahaan yang dimiliki oleh Mark Shuttleworth. Nama Ubuntu sendiri diambil dari nama sebuah konsep ideologi dari Afrika Selatan. “Ubuntu”  yang berasal dari bahasa Afrika Kuno yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”.

CentOS
CentOS adalah salah satu distro linux. CentOS adalah singkatan dari Community ENTerprise Operating System (Sistem Operasi Perusahaan untuk Komunitas atau Masyarakat).

Debian
Debian adalah salah satu sistem operasi berbasis kernel Linux. Kernel linux independent, yaitu sistem operasi Debian adalah sistem operasi yang dikembangkan secara murni tanpa adanya pengkopian pada sistem operasi yang lainnya yang telah ada.

Fedora
Fendora merupakan salah satu jenis linux yang sebelumnya bernama Fedora Core, yang terkadang juga disebut juga dengan Fedora Linux adalah sebuah distro Linux berbasis RPM dan juga YUM yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas dan dipemrogram serta disponsori oleh Red Hat. Nama Fedora berasal dari sebuah karakter fedora yang digunakan pada logo Red Hat.

Knoppix
Knoppix adalah salah satu distro Linux live-cd yang dapat dijalankan melalui CD-ROM tanpa melalui proses instalasi di hard disk. Distro ini berbasis Debian Linux dan diciptakan oleh Klaus Knopper.

Gentoo Linux
Gentoo Linux adalah suatu distribusi Linux atau salah satu distro yang memakai paket sistem manajemen Portage.

Slackware
Slackware merupakan sistem operasi linux yang dibuat oleh Patrick Volkerding dari Slackware Linux Inc. Slackware merupakan salah satu distro yang paling awal diciptakan, dan merupakan yang tertua yang masih dikelola. Tujuan utama Slackware adalah stabilitas dan kemudahan desain, serta menjadi distribusi Linux yang paling mirip OS Unix.

Mandriva Linux
Mandriva Linux yang dahulu dikenal dengan nama Mandrakelinux atau Mandrake Linux adalah sistem operasi yang dibuat oleh Mandriva. Mandriva Linux menggunakan RPM Package Manager.

OpenSUSE
OpenSUSE adalah salah satu jenis sistem operasi linux. OpenSUSE sebelumnya bernama SUSE Linux dan SuSE Linux Professional adalah salah satu distro Linux dari perusahaan Novell, atau lebih tepat nya lagi dari anak perusahaannya Suse Linux.

Freespire
Freespire adalah versi gratis dari distro Linspire, yang dahulunya bernama a.k.a Lindows dan berganti nama menjadi Linspire yang mungkin berganti nama dikarenakan permasalahan nama yang mirip dengan salah satu perusahaan Os terbesar dunia lalu berubah nama menjadi Linspire.

Linux Mint
Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC atau desktop. Inti dari LinuxMint adalah pengembangan dari Ubuntu, sehingga aplikasi yang dapat berjalan pada Ubuntu, juga dapat berjalan pada LinuxMint.


PCLinuxOS
PCLinuxOS, sering juga disingkat sebagai PCLOS, adalah salah satu jenis sistem operasi desktop dari linux. PCLinuxOS Ini adalah sebuah sistem operasi bebas untuk komputer pribadi yang bertujuan untuk memudahkan penggunaan.

Damn Small Linux
Damn Small Linux (DSL) adalah salah satu distro/varian linux mini. Disebut mini karena paket DSL cuma 50MB besarnya. DSL juga memungkinkan untuk diinstall di USB 128MB.

Kuliax
Kuliax adalah sebuah distribusi Linux LiveCD yang dikembangkan oleh Kuliax Project untuk pendidikan di universitas. Distribusi ini berbasis Debian GNU/Linux dan Knoppix, serta telah dioptimasi ke arah penggunaan desktop Linux.

Redhat
Distribusi yang paling populer, minimal di Indonesia, redhat merupakan distribusi pertama yang instalasi dan pengoperasiannya mudah.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Macam-Macam Sistem Operasi Linux (Distro Linux)

0 komentar:

Posting Komentar