Minggu, 12 Maret 2017

Pengertian Sistem Operasi Android

Pengertian Sistem Operasi Android - Anda tau dengan Sistem Operasi Android?.. Yap tentu saja di jaman sekarang siapa sih yang tak kenal dengan Android, bahkan dari mulai anak kecil sampai dengan orang dewasa menggunakannya Benar tidak?.. Perlu anda ketahui Android OS atau sistem operasi Android adalah sebuah sistem operasi mobile yang diperuntukan untuk smartphone dan juga komputer tablet.

Pengertian Sistem Operasi Android

Android Os adalah sebuah sistem operasi berbasis Linux atau juga berbasis open sourch yang dirancang untuk berbagai perangkat layar sentuh seperti telepon pintar (smartphone) dan komputer tablet. Sistem Operasi Android awal mulanya dikembangkan oleh Perusahaan Android Inc sendiri,  dengan dukungan finansial dari Google, dan kemudian Google membelinya pada tahun 2005. 

Sistem operasi Android ini mulI dirilis secara resmi pada tahun 2007 yang bersamaan dengan didirikan Open Handset Alliance yaitu sebuah konsorsium dari berbagai perangkat keras, perangkat lunak, dan juga telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka dari perangkat seluler. Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008.


Google memasarkan platform dari android tersebut kepada bebagai produsen perangkat seluler dan juga operator nirkabel, dengan perjanjian bahwa mereka menyediakan sistem yang fleksibel sehingga dapat diperbarui. Google telah memilih beberapa mitra perusahaan perangkat lunak dan juga perangkat keras, serta mengisyaratkan kepada operator seluler bahwa kerja sama ini terbuka bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk bekerjasama.

Dari Sistem Operasi Android yang berbasis Open sourch, Sehingga Banyak developer independen di seluruh dunia termasuk juga Indonesia yang mengembangkan berbagai aplikasi-aplikasi pendukung Android dan menyimpannya pada  Android Market, dengan tujuan aplikasi-aplikasi yang dibuat dan disimpan pada android market tersebut dapat didownload oleh para pengguna smartphone Android.


Android terdaftar sebagai smartphone dengan angka penjualan tertinggi pada kuartal tahun 2010 tercatat lebih dari 200 juta perangkat Android berhasil terjual. Dengan banyaknya developer independen yang mengembangkan Sistem operasi android, sehingga membuat teknologi dari Android OS berkembang dengan sangat pesat mengalahkan sistem operasi mobile yang lainnya. 

Dalam kurun sembilan tahun terakhir yaitu pada pertama dirilis tahun 2008 sampai dengan tahun sekarang Android berhasil merilis versi terbarunya mulai dari Android Cupcake, Android Donut, Android Eclair, Android Gingerbread, Android Froyo, Android Honeycomb, Android Ice Cream Sandwich, Android Kit Kat, Android Lollipop, dan versi yang terbarunya yaitu Android Marsmellow.

Kelebihan dari sistem operasi ini adalah Sistem operasi yang berbasis open source sehingga banyak sekali pengembang yang berminat dalam mengkustomisasi UI dan performanya serta membuat aplikasi-aplikasi yang diminati oleh pengguna. 

Kekurangan dari sistem operasi Android ini sendiri sangat terikat dengan resource hardware smartphone yang mendukung kinerja ponsel. Beberapa vendor smartphone yang menggunakan sistem operasi Android diantaranya ada Samsung, HTC, Sony, Oppo, Lenovo, Huawei dan banyak vendor lokal lainnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Sistem Operasi Android

0 komentar:

Posting Komentar