Rabu, 15 Maret 2017

Pengertian Ubuntu Linux, Sejarah Ubuntu Linux

Pengertian Ubuntu Linux, Sejarah Ubuntu Linux - Ubuntu adalah salah satu sistem operasi yang berbasis Linux dan juga merupakan salah satu distro linux turunan dari sistem operasi linux Debian untuk komputer pribadi, tablet dan juga smartphone, di mana edisi Ubuntu Touch yang digunakan dan juga server jaringan, biasanya dengan edisi Ubuntu Server, baik pada server fisik ataupun virtual yaitu dengan fitur kelas enterprise yang berjalan pada arsitektur yang paling populer, seperti server ARM berbasis. Sistem Operasi Ubuntu di luncurkan oleh perusahaan Canonical Ltd, yang juga menaungi pengembangan sistem operasi ubuntu tersebut. 

Pengertian Ubuntu Linux, Sejarah Ubuntu Linux

Sistem operasi Ubuntu yang dasarnya Menggunakan Unity sebagai antarmuka pengguna default untuk desktop. Sistem Operasi Ubuntu adalah salah satu sistem operasi linux atau juga distro linux yang sangat populer saat ini karena penggunaan serper yang berhosting atau dalam jaringan host. 


Pengembangan sistem operasi Ubuntu dinaungi oleh Canonical Ltd, yaotu sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha dari Afrika Selatan yaitu Mark Shuttleworth. Canonical menghasilkan pendapatan melalui penjualan dukungan teknis dan layanan lain yang berhubungan dengan Ubuntu. Proyek Ubuntu berkomitmen secara terbuka kepada prinsip pengembangan perangkat lunak open source yang memasyarakat yang dianjurkan untuk menggunakan perangkat lunak yang bebas, sehingga diharuskan untuk mempelajari cara kerjanya, juga memperbaikinya, dan juga mendistribusikannya.

Sejarah Linux Ubuntu

Sistem Operasi Linux Ubuntu dirilis pertama pada bulan Oktober tahun 2004 yang Dimulai dengan Ubuntu 6.06, setiap rilis keempat, satu rilis setiap dua tahun, menerima dukungan jangka panjang (LTS). dukungan jangka panjang mencakup pembaruan untuk hardware baru, patch keamanan dan update ke 'Ubuntu tumpukan' (cloud infrastruktur komputasi). Rilis LTS pertama didukung selama tiga tahun pada desktop dan lima tahun pada server; sejak Ubuntu 12.04 LTS, dukungan desktop untuk LTS rilis meningkat menjadi lima tahun juga. 

LTS rilis mendapatkan titik rilis reguler dengan dukungan untuk hardware baru dan integrasi semua pembaruan yang diterbitkan dalam seri yang sampai saat ini. paket Ubuntu didasarkan pada paket dari cabang stabil Debian. Kedua distribusi menggunakan deb format yang Debian paket dan alat manajemen paket (APT dan Ubuntu Software Center). paket Debian dan Ubuntu belum tentu biner kompatibel satu sama lain, namun paket mungkin perlu dibangun kembali dari sumber yang akan digunakan dalam Ubuntu. 

Banyak pengembang Ubuntu juga pengelola paket kunci dalam Debian. Ubuntu bekerja sama dengan Debian dengan mendorong perubahan kembali ke Debian, walaupun sudah ada kritik bahwa hal ini tidak terjadi cukup sering. Ian Murdock, pendiri Debian, telah menyatakan keprihatinan tentang paket Ubuntu berpotensi menyimpang terlalu jauh dari Debian untuk tetap kompatibel. 


Ubuntu saat ini didanai oleh Canonical Ltd. Pada tanggal 8 Juli 2005, Mark Shuttleworth dan Canonical mengumumkan pembentukan Yayasan Ubuntu dan memberikan dana awal sebesar US $ 10 juta. Tujuan yayasan ini adalah untuk memastikan dukungan dan pembangunan untuk semua versi masa depan dari Ubuntu. Mark Shuttleworth menjelaskan tujuan dasar untuk menjamin kelangsungan proyek Ubuntu.

Pada tanggal 12 Maret 2009, Ubuntu mengumumkan dukungan pengembang untuk platform manajemen cloud pihak ke-3, seperti yang digunakan di Amazon EC2. Unity telah menjadi GUI default untuk Desktop Ubuntu
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Ubuntu Linux, Sejarah Ubuntu Linux

0 komentar:

Posting Komentar