Selasa, 14 Maret 2017

Sejarah Android Os (Sistem Operasi Android)

Sejarah Android Os (Sistem Operasi Android) - Android Os adalah sebuah sistem operasi berbasis Linux atau juga berbasis open sourch yang dirancang untuk berbagai perangkat layar sentuh seperti telepon pintar (smartphone) dan komputer tablet. Sejarah dari Sistem Operasi Android dimulai keitka Android, Inc. didirikan di Palo Alto, California, pada bulan Oktober tahun 2003 oleh Andy Rubin yang juga sebagai pendiri Danger, Rich Miner yang juga sebagai pendiri Wildfire Communications, Inc, Nick Sears seorang mantan VP T-Mobile, dan yang terakhir Chris White seorang kepala desain dan pengembangan antarmuka dari WebTV. 

Sejarah Android Os (Sistem Operasi Android)



Tujuan awal pembuatan dan juga pengembangan Os Android adalah untuk mengembangkan sebuah sistem operasi yang diperuntukkan bagi kamera digital, namun kemudian setelah penelitian lebih lanjut pasar pemintat untuk perangkat tersebut tidak cukup besar, dan pengembangan Android kemudian di pindahkan pada telepon pintar untuk menyaingi sistem operasi yang lainnya seperti Symbian dan Windows Mobile. 

Meskipun para pengembang Android adalah pakar-pakar teknologi yang sangat berpengalaman, Android Inc. dioperasikan secara diam-diam, dan hanya diungkapkan bahwa para pengembang sedang menciptakan sebuah perangkat lunak yang diperuntukkan untuk telepon seluler. 

Selanjutnya para pengembang kekurangan biaya dalam mengembagkan sistem operasi android dan Google selanjutnya mengakuisisi Android Inc. pada tanggal 17 Agustus 2005, selanjutnya menjadikan android sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki dan dikelola oleh Google. Namun demikian para Pendiri Android Inc. seperti Rubin, Miner dan White masih tetap bekerja di perusahaan tersebut setelah diakuisisi oleh Google. 


Di bawah naungan dari Google, tim pengembang yang dipimpin oleh Rubin mulai mengembangkan platform perangkat seluler dengan menggunakan kernel dari Linux. Selanjutnya Google memasarkan platform yang dikembangkan tersebut kepada produsen perangkat seluler dan juga operator nirkabel, dengan janji bahwa mereka (Googe) akan menyediakan sebuah sistem yang fleksibel dapat diperbarui (Upgrade). 

Google telah memilih beberapa mitra perusahaan perangkat lunak dan juga perangkat keras, serta mengisyaratkan kepada semua operator seluler bahwa kerja sama tersebut terbuka bagi siapa saja yang ingin berpartisipasi. Dengan itu kemudian Google mengeluarkan Ponsel pertamanya yang bekerjasama dengan HTC yang dinamakan dengan HTC Dream.

Pendirian Open Handset Alliance atau bisa di singkat dengan OHA Pada tanggal 5 November 2007, OHA adalah konsorsium dari perusahaan-perusahaan teknologi lain seperti Google, dan produsen perangkat seluler seperti HTC, Sony dan Samsung, operator nirkabel seperti Sprint Nextel dan T-Mobile, serta produsen chipset seperti Qualcomm dan Texas Instruments. 

OHA sendiri didirikan dengan tujuan untuk mengembangkan standar yang terbuka bagi perangkat seluler. Saat itu, Android adalah sistem operasi yang diresmikan sebagai produk pertamanya sebagai platform perangkat seluler yang menggunakan kernel Linux versi 2.6. Telepon seluler komersial yang pertama yang menggunakan sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang diluncurkan pada tanggal 22 Oktober 2008.


Selanjutnya Google merilis seri Nexus pada tahun 2010 yaitu sebuah perangkat telepon pintar dan tablet dengan sistem operasi Android yang diproduksi oleh mitra produsen telepon seluler seperti HTC, LG, dan Samsung. HTC yang bekerja sama dengan Google dalam merilis produk telepon pintar Nexus kemudian merilis nexus pertama, yakni Nexus One. Kemudian diperbaharui oleh perusahaan LG dan juga Samsung yang merilis Nexus 4 dan tablet Nexus 10 Pada tanggal 15 Oktober 2014.

Google mengumumkan Nexus 6 dan Nexus 9 yang diproduksi oleh Motorola dan HTC. Pada 13 Maret 2013, Larry Page mengumumkan dalam postingan blognya bahwa Andy Rubin telah pindah dari divisi Android untuk mengerjakan proyek-proyek baru di Google. Ia digantikan oleh Sundar Pichai, yang sebelumnya menjabat sebagai kepala divisi Google Chrome, yang mengembangkan Chrome OS.

Android kemudian secara bertahap telah melakukan sejumlah pembaruan untuk meningkatkan kinerja dari sistem operasi tersebut dengan menambahkan fitur baru Sejak tahun 2008, dan memperbaiki bug yang terdapat pada versi sebelumnya. Setiap versi utama yang dirilis dinamakan secara alfabetis berdasarkan nama-nama makanan pencuci mulut atau camilan bergula. Misalnya, versi 1.5 bernama Cupcake, yang kemudian diikuti oleh versi 1.6 Donut. Versi terbaru adalah 5.0 Lollipop, yang dirilis pada 15 Oktober 2014.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sejarah Android Os (Sistem Operasi Android)

0 komentar:

Posting Komentar