Minggu, 12 Maret 2017

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Linux

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Linux - Nama Linux diambil dari nama pembuatnya yaitu Linus Torvald, linux yang diperkenalkan pada sekitar tahun 1991 oleh penciptanya yaitu Linus Torvalds. Sejarah Perkembangan linux dimulai ketika Linus Torvald yang sangat hobi mengembangkan Minix kemudia dia membuat Sistem operasi berbari Open Source nya sendiri yang sampai saat ini udah banyak pengembangan yang lainnya oleh berbagai kelompok dan juga user di seluruh dunia.

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Linux

Sistem Operasi Linux telah lama dipergunakan di banyak perusahaan di dunia yaitu digunakan pada server dari perusahan tersebut, dan juga linux didukung oleh berbagai perusahaan-perusahaan komputer ternama dalam pengembangannya seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems.
Sistem Operasi Linux digunakan sebagai sistem operasi di banyak sekali perangkat, berbagai macam jenis perangkat keras komputer termasuk didalamnya perangkat komputer desktop, perangkat super komputer, dan juga sistem benam seperti sistem operasi pembaca buku elektronik, sistem permainan video (videogame) seperti Play Station2, PlayStation 3 dan juga XBox, telepon genggam dan juga router.

Para pengamat teknologi informatika menyebutkan bahwa kesuksesan dari sistem operasi Linux dikarenakan sistem operasi Linux tidak bergantung kepada vendor independence (pengembang yang banyak dan sangat kreatif membuat linux berkembang pesat), biaya operasional yang rendah, dan juga kompatibilitas yang tinggi pada perangkat hardware dibandingkan dengan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang juga sangat tinggi dibandingkan dengan sistem operasi yang lainnya seperti Microsoft Windows. 

Ciri-ciri ini juga menjadi bukti bahwa keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software) dari linux membuat Sistem operasi Linux sangat berkembang. Didalam satu paket perangkat Sistem operasi Linux yang biasanya dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux biasanya dilalam satu paket tersebut sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web yang lengkap dengan bahasa pemrograman, basis data, tampilan desktop (desktop environment), paket aplikasi perkantoran (office suite).

Baca Juga: Macam-Macam Distro Linux Di dunia

Macam-Macam Distro Linux

Linux merupakan sebuah software sistem operasi yang perkembangannya sangat pesat. perkembangan dari linux membuat Jenis dari linux yang dikembangngkan oleh berbagai kelompok di seluruh dunia tersebut menjadi banyak sekali macam jenisnya. berikut ini beberapa macam jenis sistem operasi Linux.

Xandros

Xandros Linux merupakan slah satu distro Linux yang berdasarkan pada sistim KDE. Tampilan dari Xandros sangat mirip dengan tampilan dari Microsoft Windows, jadi apabila seseorang yang sudah terbiasa menggunakan Os Windows akan sangat mudah dan nyaman menggunakan Xandros.

Ubuntu

Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian, atau juga bisa disebut sebagai pengembangan dari debian. Proyek pembuatan Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd yaitu perusahaan yang dimiliki oleh Mark Shuttleworth. Nama Ubuntu sendiri diambil dari nama sebuah konsep ideologi dari Afrika Selatan. “Ubuntu” yang berasal dari bahasa Afrika Kuno yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”.

Linux Mint

Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC atau desktop. Inti dari LinuxMint adalah pengembangan dari Ubuntu, sehingga aplikasi yang dapat berjalan pada Ubuntu, juga dapat berjalan pada LinuxMint.

PCLinuxOS

PCLinuxOS, sering juga disingkat sebagai PCLOS, adalah salah satu jenis sistem operasi desktop dari linux. PCLinuxOS Ini adalah sebuah sistem operasi bebas untuk komputer pribadi yang bertujuan untuk memudahkan penggunaan.

Redhat

Distribusi yang paling populer, minimal di Indonesia, redhat merupakan distribusi pertama yang instalasi dan pengoperasiannya mudah.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Linux

0 komentar:

Posting Komentar