Selasa, 18 April 2017

Pengertian Printer dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Printer dan Jenis-Jenisnya - Printer Merupakan salah satu perakngat keras komputer yang berfungsi untuk mencetak hard kopi dokumen dari komputer. Printer yang merupakan Perangkat keras tambahan dari komputer mempunyai manfaat yang cukup besar bagi aktivitas manusia modern. Kita tentu tahu bahwa perkembangan dari teknologi semakin pesat. 
Pengertian Printer dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Printer Komputer

Printer adalah sebuah perangkat keras komputer (hardware) yang termasuk kedalam ouput device atau juga peripheral komputer yang berfungsi sebagai pencetak dokumen yang ada didalam komputer. Dokumen tersebut bisa berupa teks ataupun juga dengan berupa gambar. Biasanya, printer digunakan untuk mencetak dokumen yang penting pada perusahaan, atau juga dokumen penting instansi sekolah, pemerintah dan juga banyak lagi lainnya.

Fungsi Printer Komputer

Fungsi printer adalah sebagai alat pencetak file atau juga dokumen dari dalam komputer diatas media kertas atau yang lainnya. Dalam printer ini terdapat istilah dpi yang menunjukkan resolusi sebuah perangkat printer. Satuan dpi merupakan singkat dari dot per inch. Satuan dpi yang dimaksud yaitu sebagai penunjuk jumlah titik yang ada pada dokumen yang decetak seluas 1 inch. Semakin besar dpi printer, maka semakin bagus kualitas cetakannya. 

Jenis Printer Komputer

Printer komputer memiliki beberapa jenis yang dapat dibedakan melalui fungsi dan juga kegunaan yang berbeda. Pengguna dari printer bisa menyesuaikannya tergatung pada kebutuhan dalam mencetak dokumennya sendiri. Berikut ini merupakan Beberapa jenis printer komputer.


Printer Inkjet
Printer Inkjet Merupakan salah satu jenis perangkat printer yang pencetakan pada kertasnya menggunakan tinta yang berbentuk cairan dengan berbagai warna (full colors). Printer Inkjet dapat digunakan untuk mencetak dokumen berupa teks maupun gambar yang warnanya beragam. 

Printer Laserjet
Printer Laserjet Merupakan salah satu jenis perangkat printer yang pencetakan pada kertasnya menggunakan tinta yang berbentuk serbuk, Warna yang dihasilkan dari printer laerjet hanya satu warna sehingga printer ini tidak akan dapat digunakan untuk mencetak gambar, namun demikian untuk printer Laserjet peroses pencetakannya yang sangat cepat sehingga akan lebih episien ketika anda mencetak banyak dokumen.

Printer Dotmatrik
Printer Dotmatrik Merupakan printer dengan tinta cetak pada kertas karbon. Sehingga Printer Dotmatrik Banyak sekali digunakan sebagai alat pencetak di Supermarket atau minimarket untuk mencetak struk hasil pembelian.

Kesimpulan dari artikel kali ini yaitu tentang Pengertian Printer dan Jenis jenisnya yaitu Printer merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi sebagai alat pencetak file atau dokumen, jenis dari printer ada tiga jenis yaitu Printer Inkjet, Dotmatrik, dan juga Laserjet. Penggunaan dari ketiga kenis printer tersebut hampir sama yang membedakannya hanya pada kecepatan dan juga tinta yang digunakan saja.

Sekian dari saya semoga artikel tentang Pengertian Printer Kali ini dapat bermanfaat untuk anda, Terimasi!!. Bila ada yang mau di tanyakan silahkan anda Komen dibawah..
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Printer dan Jenis-Jenisnya

0 komentar:

Posting Komentar